BolaSkor.com - Berdasarkan perhitungan Deloitte's Football Money League 2020, Manchester United masih menjadi klub Inggris terkaya. Tapi posisi itu diprediksi bisa berubah di masa depan.

Manchester United menjadi klub Inggris terkaya sejak Deloitte pertama kali menyusun survei klub sepak bola terkaya berdasarkan hasil keuangan atau Money League pada 1996-1997. Namun belakangan Liverpool dan Manchester City mulai mengejar raihan pendapatan United.

Baca Juga:

Raup Nyaris Rp13 Triliun, Barcelona Jadi Klub Terkaya Dunia untuk Pertama Kalinya

Bukan Man City Apalagi PSG, Ini Pemilik Klub Terkaya di Dunia

Dominasi keuangan Setan Merah selama 23 tahun diprediksi bisa berakhir jika tak ada suntikan dana besar. Apalagi, United sudah dua musim beruntun tanpa pendapatan dari Liga Champions. Seperti diketahui, Liga Champions adalah sumber penghasilan besar klub-klub Eropa. Uang siaran di ajang ini adalah yang paling penting bagi klub, terdiri dari 44 persen dari total pendapatan.

"Sangat mungkin bahwa United akan kehilangan posisi klub terkaya (Inggris). Tergantung di mana mereka berada pada proyeksi pendapatan dan apakah Man City dan Liverpool bermain baik di Liga Champions, itu sangat, sangat bisa mengejar United," kata perwakilan Deloitte, Dan Jones, dilansir dari Talk Sports.

"Jika memikirkan 10 tahun yang lalu, ide bahwa City akan menyusul United dalam hal keuangan akan tampak terlalu mengada-ada," jelasnya.

Deloitte mencatat pendapatan United pada 2008-09 278,5 juta pounds, sedangkan City hampir 200 juta pounds di belakang. Saat itu, The Red Devils juga hampir lebih kaya 100 juta pounds daripada Liverpool.