PPKGBK Jelaskan Rincian Kerusakan SUGBK dan Uang untuk Perbaikan

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 19 Februari 2018
PPKGBK Jelaskan Rincian Kerusakan SUGBK dan Uang untuk Perbaikan
Direktur PPKGBK, Winarto. (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

BolaSkor.com - Direktur Pusat Pengelola Kompleks Gelora Bung Karno (PPKGBK), Winarto menjelaskan rincian kerusakan Stadion Utama Gelora Bung Karno pasca partai final Piala Presiden 2018 antara Persija Jakarta melawan Bali United, Sabtu (17/2). Kerusakan terjadi karena tindakan buruk yang dilakukan oknum suporter Persija.

Diantaranya menerobos pagar pembatas antara tribun dengan lapangan. Oknum suporter yang tak mendapat tiket juga mencoba masuk dan menjebol pintu keluar dan masuk ke tribun.

"Ada tujuh segmen pembatas antara penonton dan lapangan yang roboh. Satu segmen berukuran 1x2,3 meter. Kemudian ada satu kursi fit up, di mana fit up-nya lepas. Keempat taman di kawasan luar SUGBK, yang terinjak," kata Winarto dalam jumpa pers bersama Steering Committtee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait di ruang konfrensi pers SUGBK, Senin (19/2).

Winarto menjelaskan bahwa perbaikan, terutama bagian stadion utama membutuhkan uang sebesar 150 juta rupiah. Nilai ini bertambah setelah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

"Yang di dalam stadion sudah ditaksir dan perbaikan butuh waktu. Ditaksir kerugian tak lebih 150 juta. Tadi pagi pak Menteri PUPR berkunjung dan memastikan angka. Sesungguhnya hitungan kontraktor 100 juta, tapi pak menteri 150 juta," ujarnya.

Uang untuk perbaikan diambil dari jaminan senilai 1,5 miliar rupiah yang ditelah diserahkan penyelenggara Piala Presiden 2018.

"Kerugian dijamin dalam kontrak. Dalam kontrak disebut nilai sewa dan jaminan. Jaminan perbaikan kerusakan sebesar 1,5 miliar. Uang jaminan sudah masuk rekening GBK sejak 12 Februari," ujar Winarto.

Winarto juga menjelaskan soal waktu perbaikan. "Akan diselesaikan perbaikannya. Menurut kontraktor sampai Rabu (21/2), sementara pak menteri mengatakan kurang lebih satu minggu. Saya kira itu sudah longgar dan logis," sambungnya.

Breaking News Stadion utama gelora bung karno Sugbk
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan