Prancis 4-3 Argentina: Mbappe Bersinar, Les Bleus Melangkah ke Perempat Final

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 30 Juni 2018
Prancis 4-3 Argentina: Mbappe Bersinar, Les Bleus Melangkah ke Perempat Final
Kylian Mbappe (fifa.com)

BolaSkor.com - Lewat pertarungan sengit, Prancis membekap Argentina 4-3 pada laga babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Kazan Arena, Sabtu (30/6) malam WIB. Hasil ini membawa Prancis melaju ke perempat final.

Kylian Mbappe menjadi bintang Les Bleus dengan memborong dua gol (64 dan 68). Dua gol Prancis lain dicetak oleh Antoine Griezmann (13) dari titik putih dan Benjamin Pavard (57). Sedangkan dua gol Argentina dibuat Angel Di Maria pada menit ke-41, Gabriel Mercado (48) dan Sergio Aguero (90).

Pada laga ini Argentina tampil tanpa memainkan striker dan menjadikan Lionel Messi sebagai false nine. Sedangkan Sergio Aguero dan Gonzalo Higuain duduk di bangku cadangan. Messi sendiri akan didampingi Angel Di Maria dan Cristian Pavon.

Sementara di kubu Prancis, ada enam perubahan yang dilakukan Didier Deschamps dari skuat sebelumnya yang hanya menuai hasil 0-0 melawan Denmark. Paul Pogba dan N'Golo Kante menjadi dua pemain yang kembali masuk dalam starter. Sementara di lini depan Deschamps menempatkan Olivier Giroud yang disokong Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe.

Saat duel berjalan kedua kubu masih menjajaki kekuatan masing-masing. Messi yang menjadi false nine mulai mengganggu duet bek tengah Prancis hingga membuthkan bantuan dari Kante yang ditugasi membayangi bintang Argentina itu.

Pada menit kedelapan Prancis nyaris membuka keunggulan lewat sepakan bebas yang dilepaskan Antoine Griezmann. Sayang bola sepakannya hanya menghantam mistar gawang Argentina.

Selang dua menit kemudian, lewat serangan balik kilat, Kylian Mbappe melesat cepat hingga akhirnya terjatuh di kotak penalti setelah dijegal Marcos Rojo. Wasit Alireza Faghani dari Iran langsung menunjuk titk putih. Griezmann yang menjadi eksekutor melaksanakan tugasnya secara sempurna. Prancis unggul 1-0 saat laga berjalan 13 menit.

Usai gol, Prancis langsung memegang kendali permainan. Sementara Argentina mencoba menekan pertahanan lawan, namun memenui kesulitan karena tak adanya penyerang yang dituju. Saat serangan Argentina patah, Prancis langsung melepaskan serangan balik cepat.

Seperti yang terjadi pada menit ke-19. Umpan terobosan Pogba sukses melepaskan Mbappe yang lagi-lagi berlari cepat. Dan sekali lagi barisan bertahan Argentina kewalahan dan harus menjatuhkan Mbappe. Beruntung kali ini pelanggaran terjadi tipis di luar kotak penalti dan tembakan bebas Pogba masih melayang.

Hingga 35 menit berjalan, serangan Argentina sama sekali tidak mengalir. Prancis hanya cukup menempatkan pemain di area pertahanan dan langsung keluar menyerang begitu bola beralih.

Pada menit ke-41, Argentina akhirnya mampu menyeimbangkan keadaan lewat sepakan jarak jauh Di Maria. Bola tendangan kaki kiri pemain Paris Saint-Germain melesat ke pojok atas gawang tanpa mampu dihadang Hugo Lloris.

Hingga babak pertama selesai, skor imbang 1-1 tetap bertahan. Sepanjang paruh pertama Argentina tercatat mengusai bola hingga 68 persen, namun hanya mampu dua kali melepaskan sepakan. Gol Di Maria sendiri merupakan sepakan on target pertama Tim Tango di babak pertama.

Memasuki babak kedua, Argentina berupaya menjaga momentum di babak pertama dengan langsung menekan Prancis. Usaha Albiceleste berhasil di menit ke-48. Berawal deri sepakan bebas, bola mendarat di kaki Messi yang melepaskan tembakan yang berubah arah setelah membentur kaki Gabriel Mercado dan mengecoh Lloris. Argentina berbalik unggul 2-1.

Keunggulan Argentina hanya seumur jagung, Prancis mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat gol spektakule bek kanan Benjamin Pavard dari jarak sekitar 23 meter di menit ke-58 atau sepuluh menit dari gol Mercado.

Menit ke-64, Les Bleus berbalik unggul. Serangan dari sisi kiri berhasil dikonversi menjadi gol oleh Mbappe lewat sepakan kaki kiri mendatar yang tidak bisa dihadang kiper Argentina, Franco Armani.

Hanya berselang empat menit kemudian, Prancis semakin menjauh dengan mencetak gol keempat. Memanfaatkan umpan matang dari Giroud, Mbappe lagi-lagi sukses menaklukkan Armani, kali ini lewat sepakan kaki kanannya. Prancis mencetak tiga gol dalam rentang sepuluh menit.

Argentina terus berusaha memburu gol. Usaha mereka baru berhasil pada menit ke-90+3 lewat Sergio Aguero. Gol Aguero meniadi yang terakhir di laga ini. Hingga laga usai skor 4-3 untuk Prancis tidak berubah. Prancis pun memastikan tempat di perempat final Piala Dunia 2018.

Susunan Pemain

Prancis (4-2-3-1): Lloris: Pavard, Umtiti, Varane, Hernandez; Kante, Pogba; Mbappe (Thauvin 89), Griezmann (Fekir 83), Matuidi (Tolisso 75): Giroud

Argentina (4-2-2): Armani; Mercado, Rojo, Otamendi, Tagliafico; Perez (Aguero 65), Mascherano, Banega; Pavon (Meza 75), Messi, Di Maria

Breaking News Piala Dunia 2018 Prancis Argentina
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.962

Bagikan