Pratama Arhan: Di Jepang Tidak Ada Latihan Sambil Bercanda

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 09 November 2022
Pratama Arhan: Di Jepang Tidak Ada Latihan Sambil Bercanda
Momen latihan Pratama Arhan bersama Tokyo Verdy. (Media Tokyo Verdy)

BolaSkor.com - Pemain Tokyo Verdy asal Indonesia, Pratama Arhan, bicara soal bagaimana metode latihan. Menurutnya, tak ada perbedaan soal menu latihan dibandingkan di Indonesia.

Hanya saja, ada perbedaan yang mendasar menurut Pratama Arhan. Perbedaan itu mengenai keseriusan dan kedisiplinan.

"Kebanyakan menu latihan hampir sama dengan latihan di Indonesia. Tapi di sini sangat serius dengan intensitas sangat tinggi. Kalau di Indonesia masih ada pemain yang kurang fokus atau bercanda. Intinya di sini garus benar-benar fokus 100 persen," ungkap Pratama Arhan saat wawancara via Zoom Meeting bersama rekan-rekan media Indonesia dan Jepang, Rabu (9/11).

Baca Juga:

Pratama Arhan Jagokan Messi Angkat Trofi Piala Dunia 2022

Dongeng Klub Pratama Arhan, Tokyo Verdy di Piala Kaisar Jepang 2022 Harus Terhenti

Meski begitu, pemain Timnas Indonesia tersebut tak merasa kesulitan untuk fokus dalam latihan. Baik staf pelatih hingga seluruh pemain Tokyo Verdy membantunya beradaptasi.

"Teman-teman di sini mendukung saya. Saya sering ngobrol sama teman-teman di sini, apa saja yang kurang dari saya. Semua pemain sangat berpengaruh besar (terhadap adaptasi saya)," kata Pratama Arhan.

"Bahkan, pemain asing (Tokyo Verdy) dari Brasil seorang kiper (Matheus Caldeira Vidotto) membantu saya beradaptasi. Sering ngobrol juga, dikasih tahu kaya gini, kaya gini. Dia lebih pengalaman, jadi bagus untuk pembelajaran,"

"Saya juga belajar bagaimana passing bagus, possession bagus, dan membaca prediksi arah bola berpikir dengan cepat. Semuanya saya pelajari di sini dengan baik," tambah eks pemain PSIS Semarang tersebut.

Pratama Arhan sudah satu tahun membela Tokyo Verdy. Ia diikat kontrak selama dua tahun. Sejauh ini, pemain berusia 20 tahun tersebut baru menjalani caps selama 45 menit bersama Tokyo Verdy.

J League Pratama Arhan Alif Tokyo Verdy Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.010

Bagikan