BolaSkor.com - Arsenal arahan Mikel Arteta akan bertanding melawan Manchester City di semifinal Piala FA yang berlangsung di Wembley, Minggu (19/07) pukul 01.45 dini hari WIB. Arteta akan mendapatkan ujian dari sang guru, Pep Guardiola.

Arteta (38 tahun) menjadi asisten Pep Guardiola selama tiga tahun di Man City (2016-2019). Keduanya saling mengenal satu sama lain dan tentu saja tahu kekurangan serta kelebihan masing-masing gaya bermain.

Keduanya sudah bertemu kala Arteta menangani Arsenal Juni lalu di Etihad Stadium dan City menang telak 3-0. Di atas kertas dari pengalaman Guardiola dan juga skuat City mereka diunggulkan atas Arsenal.

Baca Juga:

Mikel Arteta dan Efek Perubahan yang Mulai Dirasakan Arsenal

Bebas dari Hukuman, Manchester City Siap Kucurkan Rp1,19 Triliun untuk Kalidou Koulibaly

Rekor Kemenangan dari 150 Laga Premier League Guardiola Melebihi Mourinho, Klopp, dan Ferguson

Mikel Arteta dan Pep Guardiola

Akan tapi publik tidak boleh melupakan fakta bahwa Arsenal punya tradisi bagus di Piala FA. Mereka tercatat sebagai tim terbanyak yang memenanginya sebanyak 13 kali dan 11 di antaranya diraih pada era Arsene Wenger.

Menurut Opta Arsenal sudah sembilan kali lolos ke final Piala FA dari 12 kali percobaan di semifinal. Empat besar nanti juga jadi laga ke-30 The Gunners dan tidak ada tim yang mencapai torehan tersebut.

"Laga nanti akan sangat berbeda dan itu akan terjadi besok juga, Anda tidak bisa berharap menjadi dominan selama 90 menit," tutur Arteta.

"Dan saya tidak ingin bertahan dalam selama 90 menit. Akan ada momen dalam pertandingan yang harus kami mainkan dengan sangat baik."

"Kami akan memiliki momen kami juga dan Anda tahu betapa pentingnya dalam pertandingan besar dalam kompetisi ini untuk membuatnya selalu baik dan membuat keputusan yang tepat. Saya harapkan, bukan permainan yang serupa, tetapi tingkat kesulitan akan kembali sangat, sangat tinggi."

Man City juga punya catatan bagus di Piala FA. Pada fase semifinal mereka sudah menang 10 kali dari 12 laga semifinal terakhir dan dua kekalahan itu - uniknya - terjadi kontra Arsenal pada 1932 dan 2017.

Selain itu City juga punya keunggulan besar berupa tujuh kemenangan atas Arsenal di tujuh pertemuan terakhir di seluruh kompetisi. Agregat golnya adalah 20-2. Wajar jika City diunggulkan, namun Guardiola tak mau meremehkan tim racikan muridnya itu.

"Saya memprediksi laga yang sulit karena sudah punya suatu yang spesial. Mereka punya semangat bermain yang diciptakan Mikel, dari luar, mungkin saya salah. Saya melihat bagaimana mereka merayakan gol, bagaimana mereka bertarung untuk setiap bola," tambah Guardiola.

"Mereka telah menciptakan suatu yang spesial di klub ini. Semuanya bertarung demi kebaikan bersama dan itulah mengapa laga nanti bakal sulit," urai dia.

Menilik filosofi ofensif kedua tim pertandingan di Wembley nanti diprediksi bakal berlangsung seru.

Prakiraan Susunan Pemain:

Arsenal (3-4-3): Emiliano Martinez; Sead Kolasinac, David Luiz, Shkodran Mustafi; Kieran Tierney, Granit Xhaka, Dani Ceballos, Hector Bellerin; Pierre-Emerick Aubameyang, Alexandre Lacazette, Reiss Nelson

Manajer: Mikel Arteta

Manchester City (4-3-3): Ederson Moraes; Benjamin Mendy, Aymeric Laporte, Nicolas Otamendi, Kyle Walker; Kevin De Bruyne, Rodrigo, David Silva; Raheem Sterling, Gabriel Jesus, Riyad Mahrez

Manajer: Pep Guardiola

Prediksi: Arsenal menang 45%, Man City menang 55%