BolaSkor.com - Liverpool akan bertandang ke markas Barcelona dalam pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions 2018-2019, di Stadion Camp Nou, Rabu (1/5) waktu setempat atau Kamis dini hari WIB. Berdasarkan kisah pertemuan kedua klub, Camp Nou menjadi stadion yang ramah untuk Liverpool.

Liverpool menghadapi laga sulit ketika bertandang ke markas Barcelona. Apalagi, pada musim ini El Barca sulit dikalahkan bila bermain di Camp Nou.

Namun, rupanya Liverpool punya catatan apik saat melawan Barcelona di Camp Nou. The Reds tidak pernah terkalahkan dalam empat laga tandang terakhir.

Total, Liverpool meraih dua imbang dan dua seri. Itu merupakan rekor Liverpool pada laga tandang di kompetisi Eropa, sama dengan yang diraih saat menghadapi Porto.

Selain itu, Liverpool adalah satu-satunya klub Inggris yang bisa meraih dua kemenangan tandang atas Barcelona di kompetisi Eropa. The Reds mengalahkan El Barca 1-0 pada UEFA Cup 1975-1976 dan 2-1 pada Liga Champions 2006-2007.

Baca juga:

Liverpool Bersua Barcelona, Virgil Van Dijk Kenang Momen Buruk 5 Tahun Silam

Bersua 5 Hari Lagi, Jurgen Klopp Belum Pikirkan Barcelona

Barcelona Vs Liverpool

Meski demikian, persiapan Liverpool menghadapai Barcelona sedikit terganggu dengan masalah otot yang dialami Roberto Firmino. Pemain 27 tahun itu tidak tampil pada laga terakhir melawan Huddersfield.

"Jika Firmino siap 100 persen, dia akan bermain. Dia di sini dan berlatih. Besok kami punya sesi lain dan mungkin saya akan membuat keputusan," ungkap manajer Liverpool, Jurgen Klopp, seperti dicuplik BBC.

Kabar baiknya, Liverpool sudah bisa menurunkan sang gelandang, Fabinho. Sebelumnya, Fabinho mengalami cedera kepada saat bersua Cardiff City, 21 April.

Sementara itu, Barcelona dalam kondisi siap tempur. El Barca kian percaya diri usai mengamankan gelar LaLiga 2018-2019.

Barcelona diprediksi akan memainkan formasi 4-3-3. Trisula maut diperkirakan ditempati Philippe Coutinho, Luis Suarez dan Lionel Messi. Sedangkan, Sergio Busquets diprediksi akan menjadi motor permainan.

Satu di antara hal yang diwaspadai Ernesto Valverde adalah permainan cepat Liverpool. Selain itu, lini belakang The Reds pada musim ini sulit ditembus.

"Liverpool bermain dengan tinggat tekanan dan ritme yang hebat. Mereka akan menjadi lawan yang sulit dikalahkan," papar Valverde.

"Niat kami tentunya adalah meraih kemenangan. Namun, kami tahu cara menghentikan mereka mencetak gol," sambung sang pelatih.

Pertandingan ini juga akan menarik karena mempertemukan Lionel Messi melawan Virgil van Dijk. Messi telah mencetak 24 gol dalam 32 laga melawan tim Inggris. Sedangkan, Van Dijk datang dengan label pemain terbaik Premier League.