BolaSkor.com - Bayern Munchen akan melawan Barcelona di perempat final Liga Champions yang dihelat di Estadio da Luz, Sabtu (15/08) pukul 02.00 dini hari WIB. Sorotan laga nanti tidak jauh dari sosok penyerang kedua klub: Lionel Messi dan Robert Lewandowski.

Lionel Messi (33 tahun) sudah sedekade lebih menjadi pembeda bagi Barcelona. Sedangkan untuk Robert Lewandowski musim ini jadi catatan terbaik dalam kariernya dari segi torehan gol yang dicetaknya.

Penyerang asal Polandia berusia 31 tahun mencetak 53 gol dari 44 laga di seluruh kompetisi dan memenangi Bundesliga serta DFB Pokal musim ini. Sementara Messi mencetak 31 gol dan memberikan 25 assists dari 43 pertandingan.

Keterlibatan gol Lewandowski terjadi setiap 63 menit dan Messi 66 menit. Membandingkan keduanya sedianya tak relevan. Meski sama-sama penyerang namun gaya main dan posisi keduanya berbeda: Lewandowski target man alias striker sentral dan Messi penyerang sayap yang dapat menjadi gelandang serang atau penyerang kedua.

Baca Juga:

3 Pertandingan Bersejarah antara Barcelona Kontra Bayern Munchen di Liga Champions

Antoine Griezmann Sesumbar Bawa Barcelona ke Final Liga Champions

Nostalgia: Ketika Bayern Munchen Mengganyang Barcelona dengan Agregat 7-0

Robert Lewandowski

"Anda tidak bisa membandingkan Lewandowski dan Messi. Lewandowski adalah penyerang tengah kelas dunia. Dia menjamin gol dan membuat gol," tutur Hans-Dieter Flick, pelatih Bayern dikutip dari laman resmi UEFA.

"Messi sejauh ini adalah pemain terbaik di dunia dalam beberapa tahun terakhir. Dia adalah pemain yang luar biasa. Saya tidak tahu apakah akan ada pemain lain seperti dia lagi di masa depan."

Dalam satu pertandingan yang hanya dilakukan sekali tanpa sistem kandang-tandang apapun bisa terjadi. Menghentikan Messi jadi prioritas Bayern, namun Flick menegaskan pentingnya kolektivitas bermain menghadapi Barcelona.

"Kami telah memikirkan cara menghentikan Messi, tetapi saya tidak akan memberi tahu Anda di sini. Yang paling penting adalah kami harus bermain melawannya sebagai sebuah tim. Kami perlu bermain cerdas dan mencoba menekannya," imbuh Flick.

Lionel Messi

Sementara itu Quique Setien, pelatih Barcelona melihat Bayern memiliki kekuatan yang komplit di setiap area bertahan dan ofensif. Eks pelatih Real Betis itu memprediksi tim yang efisien akan memenangi laga, bukan tim yang dominan menguasai penguasaan bola.

"Bayern memiliki banyak hal yang menjadi perhatian kami karena mereka adalah tim yang sangat lengkap - mereka mampu menekan Anda, mereka memiliki banyak opsi dalam serangan, mereka bertahan dengan baik," tutur Setien.

"Tetapi kami memiliki kemampuan untuk mengatasi tekanan dan menguasai bola dan mereka tahu jika kami melewati tekanan mereka, kami benar-benar bisa menyakiti mereka. Saya tidak melihat satu tim mendominasi. Siapa pun yang mengambil peluang mereka akan lolos."

Laga nanti akan jadi pertemuan pertama kedua klub lagi setelah terakhir bentrok di Liga Champions pada 2014-15 (Barca menyingkirkan Bayern di semifinal). Namun Bayern merupakan momok bagi Barca yang sudah bertanding delapan kali dan kalah lima kali (dua kali menang dan sekali imbang).

Prakiraan Susunan Pemain:

Bayern Munchen (4-2-3-1): Manuel Neuer; Joshua Kimmich, Jerome Boateng, David Alaba, Alphonso Davies; Thiago Alcantara, Leon Goretzka; Kingsley Coman, Thomas Muller, Serge Gnabry; Robert Lewandowski

Pelatih: Hans-Dieter Flick

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Frenkie de Jong, Sergio Busquets, Arturo Vidal; Lionel Messi, Luis Suarez, Sergi Roberto

Pelatih: Quique Setien

Prediksi: Bayern menang 50%, Barcelona menang 50%