BolaSkor.com – Timnas Belgia akan menhadapi ujian sebenarnya pada pertandingan babak 16 besar Piala Eropa 2020. Skuat asuhan Roberto Martinez ini ditantang Timnas Portugal dan berlangsung di La Cartuja, Sevilla, Senin (28/6) dini hari.

Duel antara keduanya ini memang sangat dinantikan oleh para penikmat sepak bola di seluruh dunia. Bagaimana tidak berstatus juara bertahan, Portugal akan ditantang oleh tim nomor satu peringkat FIFA.

Tidak hanya itu saja dengan segelintir bintang yang dimiliki oleh Belgia, laga melawan Portugal ini nampaknya akan menjadi konsistensi bagi Belgia. Pasalnya pada babak penyisihan grup Belgia hanya melawan tim yang relatif mudah.

Baca Juga:

Piala Eropa 2020: Austria Pulang dengan Kepala Tegak

Piala Eropa 2020 - Italia 2-1 Austria: Gli Azzurri Menang Susah Payah

Deretan Fakta Menarik yang Iringi Kemenangan Italia atas Austria

Belgia lolos sebagai juara Grup B. Belgia memenangi ketiga pertandingan mereka, mencetak total tujuh gol dan hanya sekali kebobolan. Belgia mengalahkan Rusia 3-0, Denmark 2-1, dan Finlandia 2-0.

Sementara itu, Portugal datang menjadi peringkat tiga terbaik dari Grup F. Sempat menang dari Hungaria, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan kalah 2-4 dari Jerman dan meraih hasil imbang ketika melawan Prancis.

Kondisi Tim

Cristiano Ronaldo masih menjadi tumpuan bagi Portugal. Bagaimana tidak, dari tiga pertandingan yang sudah dilakoni Portugal, lima dari tujuh gol yang diciptakan oleh Portugal diciptakan oleh Ronaldo.

Belgia menunjukkan form yang lebih meyakinkan. Tiga pertandingan yang mereka jalani berakhir dengan kemenangan. Selain itu, gawang dari Belgia baru satu kali kebobolan ketika melawan Demark.
Cristiano Ronaldo
Tidak hanya itu saja Romelu Lukaku juga bisa menjadi senjata mematikan bagi Belgia. Selama turnamen ini berlangsung, penyerang asal Inter Milan ini berhasil mencetak tiga gol, hal ini lah yang perlu diwaspadai lini pertahanan Portugal.

Namun, Portugal punya catatan pertemuan yang bagus kontra Belgia, termasuk unbeaten dalam lima bentrokan terakhir mereka. Catatan ini akan menjadikan pertandingan di babak 16 besar ini semakin menarik.

Komentar Pelatih

Untuk pertandingan ini Roberto Martinez mengaku sangat termotivasi untuk bisa mengalahkan juara bertahan Piala Eropa. Ia yakin pemainnya bisa fokus untuk bisa meraih hasil terbaik dan bisa memutus catatan buruk Belgia dari Portugal.

“Kami termotivasi dan fokus. Inilah tujuan kami melakukannya. Saya merasakan banyak kegembiraan dan energi di fase grup,” kata Martinez seperti dilansir dari UEFA.com.

“Portugal adalah tim yang cepat beradaptasi dengan keadaan. Apakah itu pertandingan terbuka atau tertutup tergantung pada apa yang terjadi. Apakah akan ada gol awal?" tambahnya.

Roberto Martinez
Sementara itu, pelatih Portugal, Fernando Santos menilai Belgia merupakan tim yang sering mencetak gol dalam pertandingan. Namun selama Piala Eropa 2020 ini, mereka tidak pernah mendapatkan lawan yang berarti.

"Belgia mencetak gol dan jarang kesulitan. Ada beberapa pemain yang lebih berpengaruh, tapi Belgia tidak akan man-mark dan kami juga tidak,” ujar Santos.

“Tim-tim ini adalah kelas yang sama. Ini final; ini untuk menang, bukan untuk bermain. Kami tahu kami akan memiliki lawan yang bagus. Saya percaya, berharap dan yakin bahwa kami akan lebih baik," pungkasnya.

Haed to Head

03 Juni 2018 Belgia 0-0 Portugal (Friendly)
30 Maret 2016 Portugal 2-1 Belgia (Friendly)
03 Juni 2007 Belgia 1-2 Portugal (Kualifikasi Euro)
25 Maret 2007 Portugal 4-0 Belgia (Kualifikasi Euro)
24 Februari 2000 Belgia 1-1 Portugal (Friendly).

Prediksi Susunan Pemain

Belgia (3-4-2-1): Courtois; Vertonghen, Boyata, Alderweireld; Thorgan Hazard, Witsel, Tielemans, Meunier; Eden Hazard, De Bruyne; Lukaku.

Pelatih: Roberto Martinez.

Portugal (4-3-3): Patrício; Guerreiro, Pepe, Dias, Dalot; Sanches, Pereira, Moutinho; Jota, Ronaldo, Bernardo Silva.

Pelatih: Fernando Santos

Prediksi BolaSkor

Belgia 0-1 Portugal