BolaSkor.com - Timnas Belgia akan melawan Prancis di semifinal UEFA Nations League yang berlangsung di Juventus Stadium, Jumat (08/10) pukul 01.45 dini hari WIB. Kedua tim bisa menjadikan laga ini sebagai penebusan dari Piala Eropa 2020.

Prancis yang merupakan juara Piala Dunia 2018 diharapkan dapat berbicara banyak di Piala Eropa. Akan tapi perjalanan Les Bleus berakhir secara mengejutkan oleh Swiss di fase 16 besar dan memunculkan sorotan ke Didier Deschamps.

Pun demikian Belgia arahan Roberto Martinez yang dianggap sebagai skuad generasi emas karena punya Eden Hazard, Kevin De Bruyne, dan Romelu Lukaku. Belgia tak berdaya melawan Italia yang kemudian menjadi juara Piala Eropa 2020.

Baca Juga:

Italia 1-2 Spanyol: La Furia Roja Balaskan Dendam dan Melangkah ke Final

Jumpa Prancis, Belgia Tak Bawa Dendam Semifinal Piala Dunia 2018

UEFA Nations League: Target Tinggi Timnas Prancis

Belgia vs Prancis

Tak ayal pertandingan nanti bisa jadi momen penebusan kedua tim untuk mengobati rasa kecewa dari Piala Eropa 2020, apalagi Nations League ini juga berhadiah trofi bagi pemenangnya.

Kabar Tim

Tidak ada nama Dries Mertens, Christian Benteke, dan Divock Origi dalam skuad Belgia. Roberto Martinez tidak memanggil mereka bukan karena cedera melainkan keberadaan pemain-pemain lain yang performanya lebih baik dari mereka.

Sementara kehilangan terbesar dari Prancis adalah absennya gelandang Chelsea, N'Golo Kante. Eks pemain Leicester City absen karena virus corona.

Komentar

Didier Deschamps

Didier Deschamps menantikan laga seru melawan Roberto Martinez. Menurutnya rivalitas antara Prancis dengan Belgia sehat dan kedua tim memiliki pemain-pemain berkualitas.

“Selalu ada persaingan yang sehat dengan mereka karena mereka adalah tetangga," ucap Deschamps di laman resmi UEFA.

"Ada banyak rasa hormat di sana, dari saya untuk Roberto Martinez, dan di antara para pemain, beberapa di antaranya telah bermain bersama."

"Ini akan menjadi pertandingan indah antara dua tim berkualitas. pemain menyukai pertandingan seperti itu, di mana ada adrenalin dan tujuan yang jelas," tambah dia.

Sementara itu Roberto Martinez mengingatkan bahwa laga nanti akan berbeda dari semifinal Piala Dunia 2018. Kala itu Belgia kalah 0-1 dari Prancis dan menuding permainan Prancis mengecewakan, sebab mereka bermain defensif dan mengandalkan serangan balik.

Roberto Martinez

“Tidak ada pertanyaan tentang balas dendam. Kami sangat menantikan pertandingan ini. Prancis adalah juara dunia dan kami ingin melewati mereka sehingga kami bisa masuk ke final," tutur Martinez.

Head to Head

Dalam lima pertemuan terakhir (empat uji coba dan satu Piala Dunia), pertemuan antara Belgia dan Prancis berlangsung ketat. Prancis dua kali menang, Belgia sekali, dan dua sisanya imbang. Pertemuan keduanya secara kompetitif terjadi di Piala Dunia 2018.

Prancis 1-0 Belgia (Piala Dunia 2018)
Prancis 3-4 Belgia (Uji Coba 2015)
Belgia 0-0 Prancis (Uji Coba 2013)
Prancis 0-0 Belgia (Uji Coba 2011)
Belgia 0-2 Prancis (Uji Coba 2004)

Prakiraan dan Prediksi Susunan Pemain:

Belgia (3-4-3): Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Jason Denayer, Jan Vertonghen; Timothy Castagne, Axel Witsel, Youri Tielemans, Thorgan Hazard; Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku, Eden Hazard

Pelatih: Roberto Martinez

Prancis (3-4-1-2): Hugo Lloris; Dayot Upamecano, Raphael Varane, Presnel Kimpembe; Benjamin Pavard, Paul Pogba, Adrien Rabiot, Lucas Digne; Antoine Griezmann; Kylian Mbappe, Karim Benzema

Pelatih: Didier Deschamps

Prediksi BolaSkor: Prancis 50-50 Belgia