Prediksi Calon Tim yang Terdegradasi dari Liga 1

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 25 Oktober 2017
Prediksi Calon Tim yang Terdegradasi dari Liga 1
Persiba Balikpapan diprediksi bakal terdegradasi. (Sumber.Bolaindo.com)

BolaSkor.com - Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1, sudah memasuki pekan-pekan krusial. Liga 1 hanya menyisakan tiga pekan lagi untuk mengakhiri hajatannya pada 12 November mendatang. Kini, Liga 1 sudah memasuki pekan ke-31.

Bhayangkara FC, Bali United FC, PSM Makassar, Persipura Jayapura, dan Madura United FC adalah lima tim yang berpeluang besar untuk menjadi juara Liga 1. Perbedaan perolehan poinnya sangat tipis di klasemen sementara Liga 1.

Tak hanya perebutan gelar juara, persaingan untuk bisa bertahan di Liga 1 musim depan juga sangat menarik. Ada empat tim yang berpeluang terdegradasi ke Liga 2 pada musim ini.

Keempat tim tersebut adalah Persiba Balikpapan, Semen Padang, PS TNI, dan Perseru Serui. Keempatnya bersaing untuk menghindari dua slot untuk terjun ke Liga 2. Satu slot dipastikan sudah dihuni oleh Persegres Gresik United.

Bagaimana peluang empat tim tersebut untuk lepas dari degradasi? Berikut ulasannya yang telah disusun BolaSkor.com:

1. Persiba Balikpapan

Jalan Persiba Balikpapan untuk keluar dari zona degradasi semakin sulit. Pasalnya, tim berjuluk Beruang Madu itu baru saja menelan kekalahan 1-3 dari PSM Makassar pada pekan ke-31 Liga 1, Selasa (24/10/17) kemarin sore WIB.

Persiba kini berada di posisi ke-17 klasemen sementara Liga 1 dengan raihan 23 poin. Marlon da Silva dkk. kini menyisakan tiga laga tersisa menghadapi Madura United (29/10/2017), Persela Lamongan (05/11/2017), dan Mitra Kukar (11/11/2017).

Anak-anak asuhan Hariyadi tersebut hanya berpeluang memperoleh tiga poin saat menjamu Mitra Kukar. Sulit rasanya, Persiba mengambil poin saat menjamu Madura United, karena skuat dan permainan Tim Beruang Madu bisa dikatakan kalah kelas. Di pertemuan pertama saja Persiba kalah 1-0.

Sementara itu, Persiba juga kesulitan merebut poin dari Persela. Pasalnya, Tim Laskar Joko Tingkir bertindak sebagai tuan rumah, meski di pertemuan pertama skor imbang 2-2 menutup jalannya laga.

Dengan begitu, Persiba diprediksi mengoleksi hanya 26 poin. Sudah dipastikan bakal terdegradasi, karena tidak bisa mengejar perolehan poin para pesaing.

Prediksi Persiba Balikpapan (26 poin, terdegradasi):

-Persiba Balikpapan Vs Madura United FC (kalah)
-Persela Lamongan Vs Persiba Balikpapan (kalah)
-Mitra Kukar Vs Persiba Balikpapan (menang)

2. Semen Padang

Di luar dugaan, Semen Padang masuk ke zona degradasi pada pekan ke-31 Liga 1. Hal itu lantaran kekalahan Tim Kabau Sirah 0-2 dari Persija Jakarta.

Saat ini, Semen Padang berada di posisi ke-16 klasemen sementara Liga 1 dengan raihan 29 poin dari 31 laga. Vendry Mofu dkk. masih menyisakan tiga laga sisa menghadapi Perseru Serui (28/10/2017), Arema FC (04/11/2017), dan PS TNI (12/11/2017).

Semen Padang diprediksi kehilangan poin saat dijamu Arema FC. Namun, Semen Padang kemungkinan besar bisa meraih kemenangan atas Perseru, karena bertindak sebagai tuan rumah dengan dukungan puluhan ribu suporter setianya. Begitupun ketika menjamu PS TNI.

Alhasil, Semen Padang diprediksi lolos dari zona degradasi dengan poin maksimal sebanyak 35 poin.

Prediksi Semen Padang (35 poin, lolos degradasi):

-Semen Padang Vs Perseru Serui (menang)
-Arema FC Vs Semen Padang (kalah)
-Semen Padang Vs PS TNI (menang)

3. PS TNI

PS TNI was-was bukan main ketika berpeluang untuk terdegradasi dari Liga 1. Saat ini, PS TNI menyisakan empat laga tersisa menghadapi Sriwijaya FC (25/10/2017), Persegres Gresik United (28/10/2017), Persipura Jayapura (04/11/2017), dan Semen Padang (12/11/2017). PS TNI sendiri masih berada di posisi ke-14 klasemen sementara Liga 1 dengan 33 poin.

Klub yang bermarkas di Stadion Pakansari tersebut kemungkinan besar meraih satu poin kala menjamu Sriwijaya FC. Lalu meraup tiga poin saat menghadapi tim yang sudah dipastikan terdegradasi, Gresik United.

Manahati Lestusen dkk. diprediksi kehilangan poin saat menjamu Persipura Jayapura dan dijamu Semen Padang. Alhasil, PS TNI mengoleksi 37 poin.

Perolehan poinnya tidak dapat dikejar para pesaing. PS TNI diprediksi lolos dari degradasi.

Prediksi PS TNI (37 poin, lolos degradasi):

-PS TNI Vs Sriwijaya FC (imbang)
-Persegres Gresik United Vs PS TNI (menang)
-PS TNI Vs Persipura Jayapura (kalah)
-Semen Padang Vs PS TNI (kalah)

4. Perseru Serui

Perseru Serui diprediksi bakal menjadi tim terakhir yang terdegradasi. Hal itu bisa dilihat dari lawan-lawan Perseru di tiga pertandingan sisa Liga 1.

Perseru akan menghadapi Semen Padang (28/10/2017), Borneo FC (04/11/2017), dan Persib Bandung (11/11/2017). Perseru bisa gagal meraih poin saat dijamu Semen Padang. Pasalnya, Semen Padang bermain dengan dukungan dan motivasi penuh ribuan suporternya.

Hal serupa juga terjadi saat dijamu Persib. Perseru bisa meraup poin hanya saat menghadapi Borneo FC. Sebab, rekor kandang tim berjuluk Cendrawasih Oranye itu sangat gemilang dengan 7 kemenangan dan 3 hasil imbang dari 16 pertandingan.

Alhasil, Perseru diprediksi hanya mengumpulkan 34 poin di klasemen akhir. Saat ini, Perseru mengoleksi 31 poin dari 31 laga, dan berada di posisi ke-15 klasemen sementara Liga 1.

Prediksi Perseru Serui (34 poin, degradasi):

-Semen Padang Vs Perseru Serui (kalah)
-Perseru Serui Vs Borneo FC (menang)
-Persib Bandung Vs Perseru Serui (kalah)

Persiba balikpapan PS TNI Perseru Serui Semen padang Liga 1
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.859

Bagikan