BolaSkor.com - Derby London akan tersaji di final Liga Europa 2018-19 antara Chelsea kontra Arsenal di Stadium Olympic Baku, Azerbaijan, Kamis (30/5) pukul 02.00 dini hari WIB. Kedua tim akan saling bersaing ketat meraih trofi pertama mereka musim ini.

Arsenal sedianya lebih membutuhkan titel Liga Europa dibanding Chelsea. Bukan karena Unai Emery sudah menjuarainya tiga kali, melainkan target bermain di Liga Champions musim depan setelah gagal meraihnya dari jalur Premier League.

The Gunners sudah dua musim absen dari Liga Champions dan mereka tak bisa melewatkannya lagi, karena itu memengaruhi kekuatan belanja pemain mereka di bursa transfer musim panas.

"Kemungkinan kami memenangi titel dan bermain di Liga Champions musim depan. Sekarang saya dapat mengatakan hal yang sama kala ketika kami memulai. Ini akan sulit," ucap Emery dalam konferensi pers jelang laga dimulai.

Baca Juga:

Eden Hazard Sebut Liga Europa Kado Perpisahan Sempurna untuk Chelsea

9 Statistik Menarik Warnai Jelang Laga Final Liga Europa 2018-19

Unai Emery Beberkan Siasat untuk Menghentikan Chelsea di Final Liga Europa

Unai Emery

Arsenal lebih membutuhkannya. Akan tapi, itu tidak mengartikan bahwa Chelsea akan membiarkan begitu saja rival mereka meraih trofi Liga Europa. Pasalnya, The Blues juga masih penasaran meraih trofi di musim perdana Maurizio Sarri melatih tim.

Sarri sudah membawa Chelsea ke final Piala Liga - sebelum kalah oleh Manchester City - dan masuk empat besar Premier League. Namun, kabarnya, masa depan Sarri di Chelsea akan bergantung hasil di Liga Europa tersebut.

"Saya hanya berpikir mengenai final. Saya punya kontrak dua tahun. Sekarang bukan waktunya (memikirkan masa depan), perasaan kami menginginkan kemenangan," tegas Sarri.

"Saat ini, saya mencintai mereka. Saya punya 22 pria dan pemain yang sangat hebat. Saya sangat bahagia. Saya harus mempertimbangkannya untuk masa depan. Saya juga harus mempertimbang bahwa saya cinta sepak bola Inggris dan Premier League."

Maurizio Sarri dan Eden Hazard

Pertemuan nanti jadi pertemuan ketiga Arsenal dan Chelsea. Dua hasil pertemuan musim ini di Premier League berakhir imbang 1-1: Chelsea menang 3-2 atas Arsenal, lalu Arsenal menang 2-0 melawan Chelsea.

Pertarungan kedua tim diprediksi berlangsung sengit. Selain merebutkan titel Liga Europa, jangan lupa juga jika laga nanti merupakan laga Derby London (yang pindah ke Baku).

Masing-masing pelatih menerapkan filosofi sepak bola ofensif. Chelsea belum pernah kalah di Liga Europa musim ini dan punya Olivier Giroud, eks striker Arsenal, yang jadi top skor dengan torehan 10 gol.

Sementara Arsenal memiliki Unai Emery, raja Liga Europa. Sang pelatih meraih hattrick titel Liga Europa beruntun dari tahun 2014 hingga 2016 bersama Sevilla. Selain itu juga, laga nanti juga akan jadi duel adu tajam Eden Hazard dengan Pierre-Emerick Aubameyang.