BolaSkor.com - Juara bertahan Liga Champions, Chelsea, akan menghadapi Villarreal selaku juara bertahan Liga Europa. Pertandingan akan berlangsung di Windsor Park, Belfast, Irlandia Utara, Kamis (12/08) pukul 02.00 dini hari WIB.

Pertandingan keduanya akan jadi yang pertama di Eropa dan itu mengartikan baik Chelsea dan Villarrreal asing satu sama lain (meski saat ini analisis dapat dilakukan dari video pertandingan).

Chelsea dan Villarreal sama-sama tidak dapat diperkuat pemain-pemain terbaiknya yang belum tersedia karena berbagai alasan, mulai dari cedera, belum fit pasca berlibur usai tampil di turnamen internasional, atau Covid-19.

Dari sisi itu Chelsea arahan Thomas Tuchel diunggulkan. Chelsea punya kedalaman skuad bagus dan mereka akan segera mendapatkan amunisi anyar, yakni Romelu Lukaku.

Baca Juga:

Unai Emery dan Klub Spanyol, Kombinasi Sempurna untuk Juara Liga Europa

Tuchel Akui Butuh Pemain seperti Romelu Lukaku di Chelsea

Chelsea Sepakat dengan Roma, Kini Bola Ada di Tangan Tammy Abraham

Kendati demikian Villarreal tak dapat diremehkan. The Yellow Submarine, dalam perjalanan musim lalu di Liga Europa, juga tak diunggulkan kala melawan Arsenal dan Manchester United. Akan tapi tim arahan Unai Emery dapat melaluinya dan menjadi juara.

Kondisi Tim

Jorginho, Cesar Azpilicueta, Thiago Silva, Mason Mount, Reece James, dan Ben Chilwell sedianya sudah berada dalam skuad usai mengikuti turnamen dengan timnas masing-masing negara. Tapi mereka belum lama ini mengikuti pramusim dan berpotensi turun dari bangku cadangan jika dimainkan Tuchel.

Sementara itu Villarreal lebih parah lagi. Wabah virus corona tengah menerpa mereka hingga nama-nama seperti Etienne Capoue, Francis Coquelin, Geronimo Rulli, dan Vicente Iborra diragukan tampil. Begitu juga Dani Parejo yang belum fit pasca cedera.

Nama lain yang absen adalah Samuel Chukwueze serta Pau Torres, sedangkan dua rekrutan anyar Boulaye Dia dan Aissa Mandi berpotensi tampil.

Komentar Pelatih

Thomas Tuchel

Tuchel memprediksi Villarreal bakal nothing to lose atau bermain tanpa beban di laga nanti. Secara khusus juga manajer asal Jerman itu memuji Unai Emery, pelatih asal Spanyol dengan status raja Liga Europa karena sudah empat kali memenanginya dengan Sevilla (tiga kali) dan Villarreal (satu kali).

"Cara yang lebih baik untuk memulai musim selain dengan final Piala Super Eropa! Saya sangat menghormati Villarreal dan Unai Emery," tutur Tuchel di laman resmi UEFA.

"Maksud saya, mereka harus segera memberikan nama trofinya Unai Emery! (Liga Europa) Dia luar biasa. Saya pikir mereka akan mendekati permainan ini dengan perasaan bahwa mereka bermain tanpa beban. Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk meraih trofi."

Emery juga tidak menutup ambisi untuk memenangi Piala Super Eropa, sebab selama ini ia selalu gagal meraihnya. Laga itu juga akan menjadi ujian Villarreal melawan tim sekaliber Chelsea.

Unai Emery

"Saya ingin memenangkan Piala Super Eropa karena sejauh ini saya belum memenanginya. Saya telah terlibat dalam dua (Piala Super Eropa pada 2014 dan 2015 dengan Sevilla) dan gagal di keduanya. Ini akan menjadi cara yang bagus untuk mengakhiri musim lalu," tambah Emery.

"Kami sekali lagi dapat menciptakan sejarah dan mencapai sesuatu yang luar biasa menjelang musim baru. Piala Super akan menunjukkan kemampuan kami melawan tim papan atas seperti Chelsea, juara bertahan Eropa dan, bagi saya, tim terbaik di dunia."

Head to Head

Seperti diketahui keduanya belum pernah bertemu sebelumnya dan laga nanti jadi yang pertama. Namun, Chelsea pernah empat kali bermain di Piala Super Eropa dan hanya sekali memenanginya pada 1998 melawan Real Madrid di Monaco.

Chelsea dan Villarreal juga telah melalui serangkaian laga uji coba pramusim jelang bergulirnya liga akhir pekan ini. Dibanding Chelsea, Villarreal memainkan laga lebih banyak sebanyak enam pertandingan berbanding empat Chelsea.

Prakiraan Susunan Pemain

Chelsea (3-4-2-1): Edouard Mendy; Kurt Zouma, Thiago Silva, Antonio Rudiger; Reece James, N'Golo Kante, Mateo Kovacic, Marcos Alonso; Kai Havertz, Hakim Ziyech; Timo Werner

Pelatih: Thomas Tuchel

Villarreal (4-4-2): Sergio Asenjo; Juan Foyth, Raul Albiol, Aissa Mandi, Alberto Moreno; Manu Trigueros, Alfonso Pedraza, Yeremi Pino, Manu Morlanes; Gerard Moreno, Boulaye Dia

Pelatih: Unai Emery

Prediksi BolaSkor.com: Chelsea 65-35 Villarreal