BolaSkor.com - Derby London akan dihelat di pekan 14 Premier League antara Chelsea melawan West Ham United di Stamford Bridge, Sabtu (30/11) pukul 22.00 WIB. Ini bukan sekedar Derby London, sebab nasib masa depan Manuel Pellegrini akan ditentukan di pertandingan ini.

Apalagi Chelsea ingin secepat mungkin kembali ke laju kemenangan setelah di dua laga beruntun di seluruh kompetisi gagal menang, kala melawan Manchester City (1-2) dan Valencia di Liga Champions (2-2). Kemenangan juga akan menjaga jarak Chelsea tetap melebar di zona Liga Champions alias empat besar.

Kendati demikian, Frank Lampard, manajer Chelsea, justru simpatik dengan koleganya, Manuel Pellegrini, yang terancam dipecat menyusul hasil-hasil minor musim ini.

Baca Juga:

Ditahan Valencia, Kapten Chelsea Tidak Bisa Sembunyikan Kekecewaan

Meski Kalah, Chelsea Bisa Batasi Penguasaan Bola Manchester City di Etihad Stadium

Membelot ke Rival Chelsea, Frank Lampard Sindir Jose Mourinho

"Dia (Pellegrini) pria dan manajer yang baik, dia akan bekerja keras untuk membalikkan situasi. Kita semua tahu betapa kejamnya sepak bola (untuk pelatih atau manajer). Setiap tim, setiap pemilik klub, semuanya ingin mendorong tampil maksimal," tutur Frank Lampard di BBC Sport.

Chelsea memiliki keunggulan dari segi statistik atas West Ham. The Blues - julukan Chelsea - tidak terkalahkan di 13 laga kandang di Premier League atas West Ham sejak 2002 (Chelsea kalah 2-3). Catatanya adalah sembilan kemenangan dan empat hasil imbang.

Kemenangan terakhir West Ham terjadi pada Desember 2017 saat masih dilatih David Moyes. Itu kemenangan pertama dari tujuh laga terakhir kedua tim di Premier League (tiga hasil imbang dan tiga kekalahan).

Alih-alih memikirkan nasibnya yang terancam dipecat, Pellegrini justru memuji Lampard sebagai sosok manajer yang cerdas.

Manuel Pellegrini pernah melatih Frank Lampard di Manchester City

"Bagi saya dia (Lampard) pernah jadi pemain yang sangat cerdas. Dia tahu persis momen di dalam lapangan, seperti bagaimana dia tiba di kotak penalti pada momen yang tepat," tutur Pellegrini soal Lampard.

"Dia selalu menuntut dirinya sendiri lebih banyak, jadi dia membuat kesan hebat. Sebagai pemain saya mengenalnya sebelum dia datang ke Manchester City, tapi sebagai pribadi saya sangat bangga pernah bekerja dengannya."

Pellegrini wajib menganggap laga melawan Chelsea bak pertandingan final. Musim ini sudah ada dua pemecatan yang menimpa klub besar Premier League dan terjadi di dua klub London Utara: Unai Emery dan Mauricio Pochettino.

West Ham hanya terpaut tiga poin dari zona degradasi. Sama seperti Marco Silva di Everton, karier Manuel Pellegrini juga berada di ujung tanduk. Pellegrini harus menyiapkan susunan pemain terbaik dan terkuat untuk melawan pasukan muda Lampard.

Prakiraan Susunan Pemain:

Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, Fikayo Tomori, Kurt Zouma, Reece James; Mason Mount, Jorginho, N'Golo Kante; Christian Pulisic, Michy Batshuayi, Willian

Manajer: Frank Lampard

West Ham United (4-4-2): Roberto; Aaron Cresswell, Angelo Ogbonna, Fabian Balbuena, Ryan Fredericks; Robert Snodgrass, Mark Noble, Declan Rice, Pablo Fornals; Michail Antonio, Sebastien Haller

Manajer: Manuel Pellegrini

Lima Laga Terakhir Chelsea:
Valencia 2-2 Chelsea (Liga Champions)
Man City 2-1 Chelsea
Chelsea 2-0 Palace
Chelsea 4-4 Ajax (Liga Champions)
Burnley 2-4 Chelsea

Lima Laga Terakhir West Ham:
West Ham 2-3 Tottenham
Burnley 3-0 West Ham
West Ham 2-3 Newcastle
West Ham 1-1 Sheffield
Everton 2-0 West Ham

Prediksi BolaSkor.com: Chelsea menang 75%, imbang 5%, West Ham menang 20%