BolaSkor.com - Timnas Kroasia dan Inggris akan saling berhadapan di Stadion Luzhniki, Moskow, pada laga semifinal Piala Dunia 2018, Rabu (11/7) waktu setempat. Kedua kesebelasan berniat melanjutkan mimpi setelah tidak diunggulkan pada awal turnamen.

Ketika Piala Dunia 2018 bergulir, tidak banyak yang menjagokan Inggris maupun Kroasia. Maklum, kedua negara memang sudah lama tidak melaju jauh pada Piala Dunia.

Inggris selalu gagal melaju ke semifinal sejak Piala Dunia 1990. Bahkan, mereka tidak pernah melewati 16 besar setelah mencapai perempat final Piala Dunia 2006.

Sementara itu, prestasi terbaik Kroasia baru menempati posisi ketiga pada 1998. Selebihnya, Kroasia lebih sering dipandang sebelah mata.

Keberhasilan Inggris melaju ke semifinal tidak dapat dilepaskan dari sosok Gareth Southgate di kursi kepelatihan. Bersama Southgate, Inggris baru menelan tiga kekalahan di berbagai ajang.

Bahkan, Southgate berhasil membuat Inggris lepas dari kutukan selalu takluk ketika adu tendangan penalti. The Three Lions menyingkirkan Kolombia dari Piala Dunia 2018 lewat babak tos-tosan.

Kejeniusan Southgate memimpin Inggris membuatnya banjir pujian. Terbaru, kapten Liverpool, Jordan Henderson, memuji kinerja Southgate di Inggris.

"Southgate memberikan kami identitas bermain. Kami berdiskusi ketika dia mengambil alih dan ternyata memiliki ide yang sama. Hal terbaik adalah bermain senyaman mungkin," kata Henderson.

"Southgate mengenal semua orang dengan baik sehingga terjadi keakraban dalam tim. Dibandingkan dengan timnas Inggris sebelumnya, terdapat perbedaan jelas," lanjutnya.

Sementara itu, Luka Modric dianggap sebagai pemain kunci Kroasia bisa melaju hingga semifinal. Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic, menganggap Modric pantas menjadi pemain terbaik.

"Modric menunjukkan kualitas terbaiknya pada Piala Dunia 2018. Dia tampil sempurna sepanjang 115 menit untuk membantu rekan-rekannya," tutur Dalic.

Penampilan Inggris membuat para pendukungnya optimistis dapat memenangi Piala Dunia 2018. Hasilnya, tanda pagar sepak bola kembali ke rumah mulai populer di media sosial.