Prediksi dan Analisis Prancis Vs Kroasia: Hingga Titik Penghabisan

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 15 Juli 2018
Prediksi dan Analisis Prancis Vs Kroasia: Hingga Titik Penghabisan

BolaSkor.com - Piala Dunia 2018 akhirnya sampai di titik penghabisan. Setelah 63 laga penuh drama, intrik, dan kejutan Prancis dan Kroasia akan bertarung pada laga puncak untuk meraih titel kampiun di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7) malam WIB.

Ingatan langsung menuju laga semifinal pada 1998 silam. Kala itu, Tim Ayam Jantan selaku tuan rumah memetik kemenangan 2-1. Prancis pun keluar sebagai juara dengan menumbangkan Brasil lewat skor 3-0 di partai final.

Kubu Kroasia belum melupakan kekalahan pada dua dekade lalu. "Pada 1998 semua orang di Kroasia ingat ketika Lilian Thuram membuat gol dan kami kalah 1-2. Kekalahan ini selalu menjadi topik dalam 20 tahun terakhir," ujar Zlatko Dalic, pelatih timnas Kroasia.

"Kami tidak menuntut balas, ini sepak bola. Tapi kami harus fokus dan mempersiapkan diri agar bisa menampilkan permainan terbaik sepanjang turnamen di laga final," Dalic menambahkan.

Sementara Prancis tentu berharap bisa mengulangi sukses mereka dua dekade lalu. Apalagi mereka dilatih oleh Didier Deschamps, yang 20 tahun lalu menjadi salah satu pilar Les Bleus.

Deschamps sendiri berpeluang menjadi orang ketiga yang menjadi juara saat menjadi pemain dan pelatih. Peluang untuk sejajar dengan Mario Zagalo dan Franz Beckenbauer sudah di depan mata.

Meski diunggulkan, Prancis diyakini bakal menjalani ujian terberat mereka dalam turnamen. Les Bleus juga harus mampu melupakan pahitnya kekalahan di final Euro 2016 dan berpikir laga nanti seperti pertandingan biasa.

Untuk bisa membawa pulang trofi, Prancis wajib memenangkan tantangan permainan fisik lawan. Luka Modric dkk sudah membuktikan ketangguhan fisik dan spirit bermain yang bertahan hingga laga usai. Selalu tertinggal lebih dulu dalam tiga laga di fase gugur, Kroasia mampu keluar sebagai pemenang. Pertanda kokohnya mental bermain serta pengalaman dari pasukan Dalic.

Meski baru pertama kali tampil di final Piala Dunia, skuat Kroasia sejatinya lebih berpengalaman ketimbang tim asuhan Deschamps. Pemain macam Modric, Mario Mandzukic, atau Ivan Rakitic sudah tidak asing tampil di panggung besar.

Sebut saja Mandzukic dan Rakitic yang sudah merasakan mencetak gol di final Liga Champions League. Pengalaman dan mental baja bisa menjadi kunci sukses Kroasia.

Melihat ke belakang, kedua kubu baru lima kali bersua. Dua kali Prancis memetik kemenangan dan tiga laga sisa berakhir imbang. Di Piala Dunia, ini merupakan kali ketiga bagi Prancis tampil di final. Sedangkan Kroasia baru kali ini melaju ke final atau menjadi tim ke-13 yang tampil di laga puncak Piala Dunia.

Menjadi finalis baru di Piala Dunia bisa menjadi keuntungan bagi Kroasia. Lihat saja bagaimana hasil final dua Piala Dunia terakhir yang menghadirkan finalis baru. Pada 2010, Spanyol berhasil menjadi juara, pun dengan Prancis pada 1998.

Bahkan, ada sejak 1958, setiap 20 tahun Piala Dunia selalu dimenangi finalis baru. Pada 1958 Brasil menjadi juara pada final pertama mereka. Pada 1978, tuan rumah Argentina menjadi kampiun pada final pertama mereka. Situasi serupa terjadi pada 1998 dengan Prancis.

Pemain Kunci

Prediksi Piala Dunia 2018 Prancis Kroasia
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan