BolaSkor.com - Timnas Brasil akan memulai kampanyenya di Piala Dunia dengan menghadapi Serbia. Tim Samba ditantang Sang Elang Balkan, pada laga perdana Grup G Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Jumat (25/11) dini hari WIB.

Brasil datang ke Qatar sebeagai favorit juara. Banyak yang memprediksi dan menempatkan Brasil di posisi pertama tim favorit juara. Bagaimana tidak? Brasil datang dengan segudang pemain label bintang di setiap posisi.

Kedalaman skuat Brasil juga sangat luar biasa dari posisi penjaga gawang sampai striker. Sampai striker Liverpool, Roberto Firmino tidak dibawa Tite ke Qatar.

Apalagi, performa Brasil sedang di atas, datang ke Qatar dengan status pemuncak klasemen kualifikasi Zona CONMEBOL. Brasil pun datang ke Qatar sebagai tim nomer wahid ranking FIFA.

Namun, Neymar cs harus waspada terhadap Serbia. Dusan Tadic dkk. datang ke Qatar dengan status lolos langsung dari kualifikasi zona Eropa. Bahkan memaksa Portugal terbang ke Qatar melalui babak play-off.

Baca Juga:

Prediksi dan Statistik Portugal Vs Ghana: Diwarnai Drama Cristiano Ronaldo

Jadwal Siaran Langsung Piala Dunia Hari Ini: Ada Laga Brasil dan Portugal

Hasil dan Klasemen Grup E-F Piala Dunia 2022: Start Mulus Timnas Belgia

Timnas Brasil
Timnas Brasil. (Twitter)

Kabar Tim

Sejauh ini Brasil tidak memiliki masalah dengan para pemainnya. Kondisi Dani Alves dkk. fit 100 persen untuk menghadapi Serbia. Apalagi, Seleccao sebelumnya sudah menggelar pemusatan latihan di Turin, Italia.

Serbia pun demikian, tak ada masalah dalam Skuat Elang Balkan. Serbia bisa mengandalkan seluruh pemainnya, termasuk sang kapten Dusan Tadic, Sergej Milinkovic-Savic, hingga Luca Jovic yang menjadi andalan.

Komentar

Tite
Pelatih timnas Brasil, Tite. (Reuters)

Pelatih Brasil, Tite, menilai timnya sudah terbiasa dengan tekanan sebagai favorit di Piala Dunia. Menurutnya, Seleccao bermain dengan model gaya bermain ciri khas 'Jogo Bonito'.

"Brasil memiliki sejarah terbesar dalam sepak bola, dan warisan itu selalu menjadu tekanan. Kami memiliki beberapa pemain yang menarik perhatian media besar di dunia, jadi kami biasa saja menerima tekanna ini. Impian kami memenangkan Piala Dunia, tekanan tak bisa dihindari," kata Tite.

Tite menambahkan, Brasil sudah mempunyai strategi berbeda dalam tiga pertandingan Grup G. Tite pun sudah klop dengan seluruh karateristik pemain.

"Kami memiliki tiga model (strategi), dan kami akan beradaptasi dengan setiap lawan yang kami hadapi. Saya sebagai seorang pelatih harus memiliki kapasitas untuk mempotensiasi karakteristik terbaik dari setiap pemain," tambahnya.

Dragan Stojkovic
Pelatih Serbia, Dragan Stojkovic. (Reuters)

Sementara itu, pelatih timnas Serbia, Dragan Stojkovic, menilai Brasil merupakan favorit juara dengan pemain kelas bintang. Namun, Stojkovic tidak takut dengan pasukan Tite. Menurutnya, Serbia punya kans membuat kejutan.

"Apakah empat penyerang (Brasil) akan bermain melawan Serbia? Lalu kami selesai sudah? Tapi apakah ada yang akan bermain bertahan?."

"Brasil adalah tim yang hebat, salah satu yang terbaik di dunia. Bagi saya mereka memiliki generasi emas saat ini, dan saya berharap pertandingan yang sangat menarik. Pertandingan dimulai dengan skor 0-0, kami memiliki peluang untuk menang dan kami tidak takut pada siapa pun, bahkan Brasil," kata Stojkovic.

"Kami memiliki pemain yang lebih dewasa dan percaya diri dengan pengalaman bermain di Piala Dunia. Ini tantangan baru," tambahnya.

Statistik

1. Ini pertemuan kedua berturut-turut kedua tim di Piala Dunia. Sebelumnya, Brasil mengalahkan Serbia dengan skor 2-0 di babak penyisihan Piala Dunia 2018.

2. Ini keikutsertaan Brasil ke-22 di ajang Piala Dunia. Tim Samba tak pernah absen.

3. Sedangkan Serbia dengan berdiri sendiri, ini menjadi keikutsertaan ketiga setelah 2010 dan 2018. Sebelumnya, Serbia masih ikut Piala Dunia dengan menjadi bagian Yugoslavia.

4. Brasil selalu menang dalam pertemuan dengan Serbia. Tim Samba meraih kemenangan dua kali dari dua pertemuan melawan Serbia.

5. Dua pertemuan terakhir terjadi pada tahun 2014 dan 2018. Brasil menang 1-0 atas Serbia pada laga uji coba tanggal 6 Juni 2014. Lalu Brasil menang 2-0 atas Serbia pada penyisihan grup Piala Dunia 2018 tanggal 27 Juni 2018.

Serbia
Timnas Serbia. (Twitter)

Prediksi Susunan Pemain:

Timnas Brasil (4-3-3): Alisson Becker; Dani Alves, Thiago Silva, Marquinhos, Alex Sandro; Casemiro, Fabinho, Lucas Paqueta; Neymar, Vinicius Junior, Richarlison.

Pelatih: Tite

Timnas Serbia (3-4-2-1): Vanja Milinkovic-Savic; Strahinja Pavlovic, Nikola Milenkovi?, Milos Veljkovic; Nikola Milenkovi?, Ivan Ilic, Nemanja Gudelj, Filip Mladenovic; Dusan Tadic, Sergej Milinkovic-Savic; Luca Jovic.

Pelatih: Dragan Stojkovic

Prediksi BolaSkor.com: Brasil 55-45 Serbia