BolaSkor.com - Ekuador dan Senegal harus saling bunuh pada laga terakhir grup A Piala Dunia 2022. Pemenang pertandingan ini dipastikan melaju ke babak 16 besar.

Duel kedua tim akan berlangsung di Khalifa International Stadium, Selasa (29/11), pukul 22.00 WIB. Ekuador dan Senegal kini hanya berselisih satu poin.

Ekuador sejatinya hanya butuh hasil imbang dalam pertandingan ini untuk mengamankan satu tiket ke 16 besar. Namun kemenangan akan menjaga tim asuhan Gustavo Alfaro itu lolos dengan predikat juara grup.

Baca Juga:

Belanda 1-1 Ekuador: Persaingan Grup A Masih Terbuka

Piala Dunia 2022: Ketika Sepak Bola Menyatukan Dua Fans Beda Kubu di Al Bayt Stadium

Piala Dunia 2022: Pemerintah Ekuador Diminta Tetapkan Libur Nasional saat La Tricolor Main

Di sisi lain, Senegal dipastikan tampil habis-habisan. Hanya kemenangan yang bisa mengantar wakil Afrika itu ke babak 16 besar.

Kondisi ini menjanjikan laga terbuka. Apalagi jika salah satu tim mampu mencetak gol cepat.

Kabar Tim

Ekuador masih harap-harap cemas menanti kondisi Enner Valencia. Penyerang utama La Tricolor memang masih berkutat dengan cedera.

Namun mengingat pentingnya laga ini, Valencia tampak akan dipaksa tampil. Ekuador memang membutuhkan golnya untuk meraih kemenangan.

Sementara Senegal bisa menurunkan kekuatan terbaiknya. Susunan pemain pada laga kontra Qatar hampir pasti dipertahankan.

Komentar Pelatih

Pelatih Ekuador, Gustavo Alfaro menegaskan tekadnya untuk meraih kemenangan. Mencari hasil imbang dianggap justru membuat timnya dalam bahaya.

“Kami tidak bisa begitu saja mengubah gaya bermain dan esensi kami. Kami tidak hanya berpikir untuk mendapatkan hasil imbang," kata Alfaro pada sesi jumpa pers jelang laga.

“Saya memberi tahu para pemain saya bahwa jika kami keluar hanya untuk mencoba meraih hasilimbang, kami tidak akan berhasil. Kita harus menjadi protagonis karena itulah gaya bermain kami.”

Sementara tekad serupa juga dicanangkan pelatih Senegal, Aliou Cisse. Timnya memang tidak punya pilihan lain.

“Bagi kami tidak ada pilihan lain. Kami harus memainkan permainan yang sempurna untuk mencoba menang," kata Cisse.

“Saya harap Enner Valencia tidak akan bermain. Dia adalah salah satu pemain terbaik di turnamen dan Ekuador adalah tim yang hebat."

Statistik

1. Ini akan menjadi pertemuan pertama kedua tim di laga resmi. Sebelumnya mereka hanya bertemu satu kali pada sebuah laga uji coba tahun 2002 yang dimenangi Senegal dengan skor 1-0.

2. Rataan gol Ekuador pada tiga laga terakhir Piala Dunia berada di bawah 2,5 gol. Sementara rataan gol Senegal melebihi 2,5 gol pada periode yang sama.

3. Ekuador belum pernah menghadapi tim Afrika di Piala Dunia.

4. Senegal tidak pernah menang dalam dua pertandingan mereka melawan wakil dari Amerika Selatan.

5. Ekuador telah meraih dua kemenangan dalam empat pertandingan Piala Dunia terakhir. Sementara Senegal hanya memiliki satu kemenangan pada periode yang sama.


Head to Head

23-05-2002 Ekuador 0-1 Senegal (Uji Coba)

Prakiraan Susunan Pemain

Ekuador (3-4-2-1): Hernan Galíndez; Jackson Porozo, Felix Torres, Piero Hincapie; Angelo Preciado, Sebas Mendez, Moises Caicedo, Pervis Estupinan; Gonzalo Plata, Jeremy Sarmiento; Michael Estrada.

Pelatih: Gustavo Alfaro.

Senegal (4-4-2): Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Abdou Diallo, Ismail Jakobs; Pape Matar Sarr, Nampalys Mendy, Pape Gueye, Krepin Diatta; Boulaye Dia, Famara Diedhiou.

Pelatih: Aliou Cisse.

Prediksi BolaSkor.com

Ekuador 1-0 Senegal