BolaSkor.com - Tim nasional Spanyol akan menantang Jepang pada matchday 3 Grup E Piala Dunia 2022, di Khalifa International Stadium, Jumat (2/12) dini hari WIB. Spanyol akan menjadi juara grup jika meraih kemenangan melawan Jepang.

Grup C menjadi satu di antara grup yang paling sengit. Sebab, peringkat keempat yang saat ini dihuni Jerman masih berpeluang melaju ke babak berikutnya.

Posisi puncak saat ini ditempati Spanyol dengan empat poin. Sementara itu, Jepang dan Kosta Rika secara berurutan menduduki peringkat kedua dan ketiga dengan perolehan poin yang sama yaitu tiga. Adapun, Jerman baru mengumpulkan satu poin.

Oleh karena itu, Spanyol membutuhkan kemenangan untuk menjadi juara grup dan tidak perlu memerhatikan hasil duel lainnya. Posisi sebagai juara grup tentu lebih menguntungkan pada babak 16 besar.

Ini adalah kedua kalinya Jepang dan Spanyol saling berhadapan. Pada laga pertama yang digelar April 2001, La Furia Roja meraih kemenangan tipis 1-0.

Baca Juga:

Babak 16 Besar Piala Dunia 2022: Inggris Lawan Senegal, Belanda Tantang Amerika Serikat

Hasil dan Klasemen Akhir Grup D Piala Dunia 2022: Australia Dampingi Prancis ke-16 Besar

7 Fakta Menarik Belanda dan Senegal Lolos ke Babak 16 Besar

Selain itu, Spanyol juga tampil perkasa kontra wakil Asia di Piala Dunia. Spanyol tidak pernah tumbang dalam lima laga terakhir. Perinciannya adalah tiga kemenangan dan dua hasil imbang.

Namun, Spanyol pantang memandang Jepang sebelah mata. Sebab, tim Samurai Biru itu memiliki potensi membuat kejutan. Jerman menjadi korbannya pada duel pertama. Apalagi, Jepang juga butuh kemenangan untuk menjaga peluang melangkah ke fase berikutnya.

Kondisi Tim

Hajime Moriyasu diprediksi akan menumpuk para pemainnya di lini kedua. Formasi 4-2-3-1 diyakini akan digunakan untuk meredam serangan Spanyol.

Sayangnya, Jepang diragukan bisa memainkan Hajime Moriyasu. Sang pemain menderita cedera.

Sementara itu, Luis Enrique bisa memainkan seluruh penggawa terbaiknya. Dani Olmo, Alvaro Morata, dan Ferran Torres diyakini akan menjadi tumpuan dalam mencetak gol.

Komentar

Luis Enrique menepis tudingan Spanyol hanya akan mengincar posisi kedua demi menghindari Brasil pada babak berikutnya. Menurutnya, ada risiko yang terlalu besar.

"Itu pertanyaan bagus karena kami sudah memikirkannya. Namun, bayangkan kami ingin finis kedua. Kami mencapai 90 menit dan skor untuk kedua laga adaah 0-0. Selanjutnya, dengan 15 detik tersisa, Jepang dan Kosta Rika sama-sama mencetak gol. Anda akan berjudi dan akan terdepak," ungkap Enrique.

"Kami ingin finis pertama. Jika melawan Brasil pada perempat final, itu bagus. Kami akan menantang mereka," jelasnya.

Prakiraan susunan pemain

Jepang (4-2-3-1): Shuichi Gonda; Yuto Nagatomo, Maya Yoshida, Ko Itakura, Miki Yamane; Wataru Endo, Hidemasa Morita; Takefusa Kubo, Daichi Kamada, Junya Ito; Ayase Ueda.

Pelatih: Hajime Moriyasu (Jepang)

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Jordi Alba, Aymeric Laporte, Rodri, Dani Carvajal; Pedri, Sergio Busquets, Gavi; Dani Olmo, Alvaro Morata, Ferran Torres.

Pelatih: Luis Enrique (Spanyol)

Head to head

25/04/2001 Spanyol 1-0 Jepang (Persahabatan)

Prediksi BolaSkor

Jepang 0-2 Spanyol