BolaSkor.com - Tmnas Korea Selatan akan menantang Portugal pada laga terakhir grup H Piala Dunia 2022. Meski masih punya peluang lolos ke 16 besar, wakil Asia tersebut membutuhkan sebuah keajaiban.

Duel kedua tim akan berlangsung di Education City Stadium, Jumat (2/12), pukul 22.00 WIB. Butuh lebih dari sekadar kemenangan untuk membawa Korea Selatan melaju lebih jauh.

Korea Selatan baru mengemas satu poin dari dua laga yang sudah dimainkan. Tim asuhan Paulo Bento itu tertinggal dua poin dari Ghana yang menempati peringkat kedua.

Baca Juga:

Terpincut, Real Madrid Monitor Penampilan Bruno Fernandes di Piala Dunia

Piala Dunia 2022: Inggris dan Portugal Kehilangan Pilar di Lini Belakang

Piala Dunia 2022: Selebrasi dan Klaim Gol Bruno Fernandes, Cristiano Ronaldo Memalukan

Korea Selatan pernah mengalahkan Portugal di Piala Dunia 2002.

Maka dari itu kemenangan atas Portugal merupakan sebuah kewajiban bagi Korea Selatan. Mereka juga harus berharap Uruguay mampu mengalahkan Ghana dengan selisih satu gol saja.

Namun peluang Korea Selatan sejatinya belum benar-benar tertutup. Portugal diyakini akan melakukan rotasi besar-besaran karena sudah memastikan diri lolos lebih dulu.

Bukan tidak mungkin Korea Selatan mengulangi cerita seperti edisi 2018 saat mengalahkan Jerman pada laga terakhir fase grup. Meskipun Portugal tidak akan membiarkan hal itu terjadi.

Kabar Tim

Korea Selatan masih belum bisa memainkan Hwang Hee-chan dalam pertandingan ini karena cedera. Sebagai gantinya, duet Son Heung-min dan Cho Gue-sung akan menjadi tumpuan utama untuk membobol gawang Portugal.

Sementara Portugal juga dipastikan tampil tanpa Nuno Mendes. Pemain milik Paris Saint-Germain itu harus mengakhiri kiprahnya di Piala Dunia 2022 karena cedera parah.

Komentar Pelatih

Pelatih Korea Selatan, Paulo Bento sangat emosional menyambut pertandingan ini. Hal itu tak lepas dari latar belakangnya sebagai orang Portugal.

Namun ia menegaskan akan bersikap profesional. Meskipun dirinya tidak dapat mendampingi pemainnya dari pinggir lapangan karena harus menjalani sanksi kartu merah.

“Untuk pertandingan melawan Portugal saya pikir kami memang membutuhkan keberuntungan tapi kami tidak punya pilihan lain selain maju dan ini adalah jalan terakhir kami,” katanya.

“Saya lahir sebagai orang Portugal, saya akan mati sebagai orang Portugal dan saya sangat bangga dengan kewarganegaraan saya. Namun saya juga sangat bangga melatih para pemain ini (Korea Selatan) selama lebih dari empat tahun sekarang.”

Sementara dari kubu Portugal, Fernando Santos memberi isyarat akan melakukan rotasi besar-besaran. Timnya memang sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar.

“Kami punya rencana. Bagi saya yang paling penting adalah kepercayaan yang saya miliki kepada para pemain saya," kata Santos.

Statistik

1. Ini akan menjadi kali kedua Korea Selatan dan Portugal bertemu di Piala Dunia. Sebelumnya, mereka berjumpa di fase grup edisi 2002 dan Taeguk Warriors tampil sebagai pemenang dengan skor 1-0.

2. Korea Selatan hanya menang satu kali dari 11 penampilan terakhir di putaran final Piala Dunia.

3. Portugal hanya menderita satu kekalahan dalam delapan pertandingan terakhir mereka di putaran final Piala Dunia.

4. Dari dua laga pertama fase grup, Portugal mampu mencetak lima gol. Sementara Korea hanya mencetak dua gol.

Head to Head

14-06-2002 Portugal 0-1 Korea Selatan (Piala Dunia)

Prakiraan Susunan Pemain

Korea Selatan (4-2-3-1): Kim Seung-gyu; Kim Jin-su, Kim Young-gwon, Kim Min-jae, Kim Moon-hwan; Hwang In-beom, Jung Woo-young; Son Heung-min, Jeong Woo-yeong, Kwon Chang-hoon; Cho Gue-sung.

Pelatih: Paulo Bento.

Portugal (4-3-1-2): Diogo Costa; Raphael Guerreiro, Ruben Dias, Pepe, Joao Cancelo; William Carvalho, Ruben Neves, Bernardo Silva; Bruno Fernandes; Joao Felix, Cristiano Ronaldo.

Pelatih: Fernando Santos.

Prediksi BolaSkor.com

Korea Selatan 1-1 Portugal