BolaSkor.com - Laga hidup mati akan dimainkan timnas Jerman dan juga Kosta Rika kala kedua tim bentrok di Al Bayt Stadium, Jumat (02/12) pukul 02.00 dini hari WIB, pada laga ketiga atau terakhir grup E Piala Dunia 2022.

Skenario bagi kedua tim sama untuk laga nanti: menang seraya berharap Jepang tidak mengalahkan Spanyol. Uniknya, Spanyol juga bisa tersingkir jika Jepang memenangi laga dan Kosta Rika mengalahkan Jerman.

Saat ini posisi klasemen di grup E adalah Spanyol di urutan satu (empat poin), diikuti Jepang (tiga poin), Kosta Rika (tiga poin), dan Jerman (satu poin). Tak ayal segala situasi di grup neraka ini masih dapat terjadi.

Kosta Rika bisa lolos ke fase gugur jika menang atas Jerman, tak peduli dengan hasil laga Spanyol kontra Jepang. Imbang pun bisa lolos dengan catatan Spanyol mengalahkan Jepang, sebab jika sebaliknya maka Kosta Rika tidak lolos.

Baca Juga:

Babak 16 Besar Piala Dunia 2022: Inggris Lawan Senegal, Belanda Tantang Amerika Serikat

Hasil dan Klasemen Akhir Grup D Piala Dunia 2022: Australia Dampingi Prancis ke-16 Besar

7 Fakta Menarik Belanda dan Senegal Lolos ke Babak 16 Besar

Jerman bahkan berada dalam posisi sulit sebab jikalau pun mereka menang atas Kosta Rika, maka mereka berharap Jepang kalah. Imbang (apalagi kalah) juga tidak akan membawa Jerman ke fase gugur. Intinya untuk Jerman adalah Jepang tidak menang lawan Spanyol.

Kabar Tim

Bek senior Kosta Rika dengan 75 caps dan delapan gol, Francisco Salvo, akan absen melawan Jerman karena akumulasi kartu. Kabar itu cukup disayangkan untuk tim arahan Luis Fernando Suarez karena ia berpengalaman di lini belakang.

Sebaliknya di kubu Jerman, Hansi Flick dapat menurunkan komposisi terbaiknya termasuk dengan potensi memainkan penyelamat Jerman dari kekalahan kontra Spanyol, Niclas Fullkrug.

Komentar

Luis Fernando Suarez membahas kembali momen kala Kosta Rika lolos dua kali ke fase gugur Piala Dunia, yakni pada 1990 dan 2014. Tetapi ia juga mengingatkan apabila kondisi telah berbeda dan ia berharap Kosta Rika kuat secara mental mengatasi Jerman, apalagi timnya berstatus non-unggulan.

"Delapan tahun telah berlalu dan para pemain telah berubah tetapi ingatan Anda (wartawan) bagus," tutur Suarez di sesi konferensi pers.

"Mungkin karena gen orang Kosta Rika. Ketika mereka mencapai Piala Dunia, mereka melakukan hal yang berbeda dan mereka bermain dengan baik. Saya tidak hanya berbicara tentang 2014 di Brasil, saya pikir juga di Italia 1990 mereka mencapai babak 16 besar ketika tidak ada yang percaya pada mereka. Mereka tidak pernah menjadi favorit, itu bagus."

"Kami harus kuat secara emosional dan mematahkan punggung kami (tampil habis-habisan) dalam pertandingan ini. Tentu saja, jika Jerman tersingkir, itu akan menjadi hal yang besar dan kami akan bangga bertanggung jawab untuk itu."

"Kami sangat menghormati Jerman. Tapi itu semua tergantung pada kami dan jika kami belajar dari kesalahan kami dalam dua pertandingan terakhir, kami memiliki semangat dan energi yang baik."

“Saya pikir itu adalah motivasi besar bagi kami. Saya pikir ini bisa menjadi momen bersejarah bagi kami."

Hansi Flick memprediksi Kosta Rika akan bermain bertahan dan mengincar serangan dari serangan balik. Ia berharap Jerman dapat meruntuhkan pertahanan Kosta Rika. Flick juga tak mau terlalu pusing memikirkan hitung-hitungan agar Jerman lolos ke fase gugur.

"Kami ingin membunuh pertandingan lebih awal (mencetak gol cepat) untuk menambah tekanan pada pertandingan grup lainnya," tegas Flick.

"Mereka (Kosta Rika) kemungkinan besar akan bertahan. Kami perlu melakukannya dan kami harus memiliki sikap yang kami tunjukkan melawan Spanyol."

"Ketika Anda melihat klasemen, Kosta Rika memiliki peluang untuk mencapai babak 16 besar. Hasil imbang, dan kemenangan untuk Spanyol, sudah cukup bagi mereka untuk melaju. Saya berharap Kosta Rika tampil bertahan seperti yang mereka lakukan melawan Jepang. Kami harus menemukan solusi melawan itu."

“Kami memiliki kualifikasi yang tidak sepenuhnya ada di tangan kami sendiri. Tapi apa itu tekanan? Saya tidak merasakan tekanan. Tidak setelah pertandingan melawan Jepang juga. Saya yakin kami berada di jalur yang baik," yakin dia.

Statistik

1. Laga nanti jadi pertemuan kedua Jerman dan Kosta Rika setelah Jerman menang 4-2 atas Kosta Rika di Piala Dunia 2006.

2. Jerman menang enam kali dari delapan laga Piala Dunia lawan tim-tim CONCACAF (sekali imbang dan sekali kalah), kalah terakhir lawan Meksiko pada 2018.

3. Kosta Rika hanya sekali menang dari 11 laga Piala Dunia terakhir lawan tim-tim Eropa (lima kali imbang dan lima kali kalah), terakhir menang lawan Italia pada 2014.

4. Kosta Rika hanya pernah sekali menang dua kali beruntun di Piala Dunia (pada 2014), sementara Jerman belum pernah menang di edisi terkini.

Prediksi dan Prakiraan Susunan Pemain

Kosta Rika (5-4-1): Keylor Navas; Bryan Oviedo, Kendall Waston, Daniel Chacon, Oscar Duarte, Keysher Fuller; Joel Campbell, Yeltsin Tejeda, Celso Borges, Gerson Torres; Anthony Contreras

Pelatih: Luis Fernando Suarez

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer; David Raum, Antonio Rudiger, Niklas Sule, Thilo Kehrer; Joshua Kimmich, Ilkay Gundogan, Leroy Sane, Jamal Musiala, Serge Gnabry; Niclas Fullkrug

Pelatih: Hans Dieter Flick

Prediksi BolaSkor: Kosta Rika 45-55 Jerman