BolaSkor.com - Pertandingan terakhir grup F Piala Dunia 2022 akan jadi laga penting untuk Kroasia dan Belgia lolos ke fase gugur. Keduanya akan saling bentrok di Ahmed bin Ali Stadium, Kamis (01/12) pukul 22.00 WIB.

Bagi Kroasia hasil imbang saja sudah cukup untuk lolos ke-16 besar. Berbeda dengan Kroasia, Belgia wajib memenangi laga melawan Kroasia atau tersingkir prematur setelah mencapai semifinal Piala Dunia 2018.

Perolehan saat ini adalah Kroasia di urutan satu dengan empat poin, diikuti Maroko (juga empat poin), dan Belgia (tiga poin). Sementara di urutan terakhir ada Kanada yang sudah tersingkir setelah kalah dua kali beruntun.

Baca Juga:

Babak 16 Besar Piala Dunia 2022: Inggris Lawan Senegal, Belanda Tantang Amerika Serikat

Hasil dan Klasemen Akhir Grup D Piala Dunia 2022: Australia Dampingi Prancis ke-16 Besar

7 Fakta Menarik Belanda dan Senegal Lolos ke Babak 16 Besar

Belgia dalam dua laga terakhir melawan Kroasia di seluruh kompetisi meraih kemenangan, dengan Romelu Lukaku mencetak tiga gol di dua laga itu. Fans pun berharap Lukaku dapat dimainkan di laga nanti.

Kabar Tim

Andrej Kramaric yang sedang on fire pasca mencetak dua gol ke gawang Kanada bisa bermain dari awal laga. Tetapi kondisi Ivan Perisic diragukan tampil di laga nanti dan posisinya dapat digantikan Mislav Orsic.

Sementara itu Belgia tanpa gelandang bertahan Everton, Amadou Onana, yang absen karena akumulasi kartu. Kondisi Lukaku juga diragukan untuk memimpin lini depan Belgia.

Komentar

Belgia sedang tidak baik-baik saja dengan pemain senior seperti Kevin De Bruyne, Eden Hazard, Jan Vertonghen tidak dalam kondisi terbaik dan bahkan menyalahkan satu sama lain. Masalah internal Belgia pelik tetapi pelatih Kroasia, Zlatko Dalic, tak mau tertipu dengannya.

"Kami bermain melawan tim sepak bola terbaik kedua di dunia dan mereka pernah jadi nomor satu. Mereka adalah tim yang hebat dan jika kami bisa memilih, kami tidak akan memilih pertandingan ini untuk menjadi penentu," tutur Dalic.

"Kami tidak akan membodohi diri sendiri dengan performa buruk mereka dalam dua pertandingan terakhir."

"Kami akan bermain seperti yang kami lakukan melawan Kanada, kualitas tinggi, tempo tinggi. Ini akan menjadi pertandingan yang sulit."

"Belgia adalah tim top, mereka memiliki De Bruyne dan Hazard dan kami tidak akan tertipu oleh cerita media dan beberapa rumor. Kami mengharapkan yang terbaik dari Belgia, tim nasional papan atas."

"Mereka tidak menjadi pemain sepak bola yang buruk dalam semalam. Saya tidak fokus pada aspek lain, kami hanya fokus pada kekuatan dan kualitas mereka," tegas Dalic.

Roberto Martinez juga membantah adanya konflik internal di Belgia, malah ia menyerang balik media Belgia yang ironisnya malah memecah timnas. Martinez yakin Belgia tim yang kompak saat melawan Kroasia.

"Beberapa media di Belgia cukup senang membuat berita palsu. Standar datang dari dalam, kami memiliki kubu yang tidak senang dengan penampilan kami selama dua pertandingan," ucap Martinez.

"Ada lebih banyak keinginan untuk menemukan berita negatif di sekitar tim ini daripada menyatukan bangsa ini, mendukung tim ini dan menikmati bakat dari generasi terbaik yang pernah kami miliki di sepak bola Belgia."

"Kami menghadapi salah satu negara terbaik di turnamen, kami tahu itu. Mereka menempati posisi kedua pada 2018 dan kami tahu kualitas yang mereka miliki."

“Mereka memiliki kebersamaan, keunggulan kompetitif, mereka memiliki sinergi dengan pelatih yang sudah lama berada di sana, jadi ini akan menjadi tantangan."

"Pertandingan kedua adalah pertama kalinya kami kalah dengan dua gol di turnamen besar, jadi kami belum pernah mengalami itu sebelumnya dan Anda bisa bayangkan kami tidak senang dengan itu," terang Martinez.

Statistik

1. Belgia memenangi dua pertemuan terakhir lawan Kroasia di seluruh kompetisi, Romelu Lukaku mencetak tiga gol.

2. Laga nanti jadi pertemuan pertama Kroasia dan Belgia di Piala Dunia. Kroasia hanya kalah dua kali dari 10 laga lawan tim-tim Eropa (enam kali menang dan dua kali imbang).

3. Kekalahan 0-2 Belgia dari Maroko mengakhiri 13 laga unbeaten Belgia di fase grup Piala Dunia (delapan kemenangan dan lima hasil imbang).

4. Belgia mencetak gol di tiga dari lima laga teranyar, tetapi hanya punya catatan satu clean sheets selama periode tersebut.

5. Kroasia arahan Zlatko Dalic hanya sekali kalah dari 18 laga terakhir.

Prediksi dan Prakiraan Susunan Pemain:

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic; Borna Sosa, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Josip Juranovic; Mateo Kovacic, Luka Modric, Marcelo Brozovic; Mislav Orsic, Andrej Kramaric, Nikola Vlasic

Pelatih: Zlatko Dalic

Belgia (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, Timothy Castagne; Leandro Trossard, Axel Witsel, Youri Tielemans, Thomas Meunier; Kevin De Bruyne, Eden Hazard; Romelu Lukaku

Pelatih: Roberto Martinez

Prediksi BolaSkor: Kroasia 50-50 Belgia