BolaSkor.com - Pramusim telah dilalui Manchester United dari tur pramusim di Asia hingga berakhir di Eropa. Satu kekalahan didapat tapi tim perlahan mulai memahami sistem bermain yang coba diterapkan pelatih asal Belanda, Erik ten Hag.

Ujian untuk mempraktikkannya di laga kompetitif sudah di depan mata. Man United akan menjamu Brighton & Hove Albion di Old Trafford, Minggu (07/08) pukul 20.00 WIB pada laga pertama Premier League 2022-2023. Brighton lawan yang mempermalukan Man United musim lalu.

Brighton masih dilatih Graham Potter dan meski kehilangan Marc Cucurella ke Chelsea, mereka masih tim kuda hitam yang layak diperhitungkan. Bahkan pandit sepak bola BBC Sport, Chris Sutton kesulitan memprediksi hasil laga nanti.

Baca Juga:

Atmosfer Positif di Ruang Ganti Pemain Manchester United

Legenda Liverpool Sarankan Erik ten Hag Depak Cristiano Ronaldo

Erik ten Hag Bicara Peluang Cristiano Ronaldo Tampil Kontra Brighton

"Saya hanya tidak tahu apa yang diharapkan dari Manchester United. Bermain melawan United di Old Trafford pada hari pembukaan dulunya merupakan prospek yang menakutkan, tetapi sekarang tidak lagi," tutur Sutton.

"Saya suka menonton Brighton di bawah Graham Potter dan saya pikir mereka akan mendapatkan sesuatu di sana (meraih poin)."

Kabar Tim

Absennya Anthony Martial karena cedera jadi sorotan karena performanya sedang bagus setelah pramusim. Selain Martial, kondisi Jadon Sancho dan Luke Shaw juga diragukan untuk tampil. Selain mereka Brandon Williams dan Mason Greenwood juga absen.

Dari Brighton hanya satu pemain yang absen yakni Jakub Moder. Selain dia semuanya bisa tampil, termasuk mantan penyerang Man United Danny Welbeck.

Komentar

Erik ten Hag mengakui Brighton sebagai tim yang bagus dan memainkan sepak bola atraktif, tapi ia menargetkan kemenangan untuk Man United dan tak mau melihat masa lalu kala Man United dipermalukan Brighton.

“Ini menarik, seperti setiap musim. Tetapi ketika Anda tiba dengan tim baru, itu sulit. Tapi kami benar-benar menantikan hari Minggu. Mereka (Brighton) adalah tim yang bagus, tim yang layak dan memainkan sepak bola yang menarik. Saya suka mereka," tutur Ten Hag.

"Saya pikir kami harus menantikan pertandingan pertama. Kami ingin memenangkan setiap pertandingan dan kami akan mencoba melakukannya mulai Minggu."

"Musim lalu adalah musim lalu - saya melihat ke depan. Saya mempersiapkan tim untuk masa depan dan untuk hari Minggu - itu saja."

Sementara itu kolega Ten Hag, Graham Potter, memuji Ten Hag dengan pengalamannya melatih Ajax Amsterdam. Dia tahu timnya akan menghadapi ujian besar di Old Trafford.

“Saya pikir dia pelatih yang fantastis, dia memiliki pengalaman dan waktu yang hebat di Ajax, melakukan pekerjaan yang sangat bagus, saya sangat menikmati timnya. Jadi saya yakin dia siap untuk langkah selanjutnya," ucap Potter.

“Dia akan menantikan pertandingan dan itu akan menjadi atmosfer positif di Old Trafford, jadi kami harus menghadapinya dan siap menghadapi tantangan itu."

"Mereka berada di belakang musim yang mengecewakan dari sudut pandang mereka, meskipun mereka masih finis di enam besar – jadi itu menunjukkan kualitas yang mereka miliki bahkan di musim yang mengecewakan."

“Mereka telah berganti pelatih, Anda dapat melihat di pramusim dampak yang dia buat. Saya pikir perubahan yang mereka buat positif."

"Ini Manchester United di kandang melawan Brighton, mereka akan mencari untuk memenangkan pertandingan, kami mengerti itu. Ini akan sulit, tantangan besar bagi kami, Old Trafford adalah tempat yang sulit untuk Anda tuju."

Statistik

1. Laga Man United kontra Brighton di laga pembuka Premier League baru perama kali terjadi.

2. Brighton kalah enam kali dari tujuh laga terakhir Premier League kontra Man Unitedm namun terakhir menang pada Mei 2022 (4-0).

3. Brighton tak pernah menang tandang lawan Man United di seluruh kompetisi (imbang dua kali dan kalah 12 kali).

4. Man United telah memenangi laga pembuka Premier League 10 kali dari 13 musim terakhir (kalah tiga kali).

5. Tidak ada satu pun dari lima laga terakhir Brighton di laga pembuka Premier League yang berakhir imbang: kalah tiga kali dan menang dua kali.

6. Erik ten Hag akan jadi manajer kedelapan (termasuk interim) yang melatih Man United dalam kurun waktu sembilan tahun, sejak Sir Alex Ferguson pensiun.

Head to Head

Brighton 4-0 Manchester United (Premier League 2022)
Manchester United 2-0 Brighton (Premier League 2022)
Manchester United 2-1 Brighton (Premier League 2021)
Brighton 0-3 Manchester United (Premier League 2020)
Brighton 2-3 Manchester United (Premier League 2020)

Prediksi dan Prakiraan Susunan Pemain

Manchester United (4-2-3-1): David De Gea; Tyrell Malacia, Harry Maguire, Victor Lindelof, Diogo Dalot; Fred, Lisandro Martinez, Marcus Rashford, Bruno Fernandes, Jadon Sancho; Cristiano Ronaldo

Manajer: Erik ten Hag

Brighton (3-4-2-1): Robert Sanchez; Adam Webster, Lewis Dunk, Joel Veltman; Solly March, Pascal Gross, Enock Mwepu, Tariq Lamptey; Alexis Mac Allister, Leandro Trossard; Danny Welbeck

Manajer: Graham Potter

Prediksi BolaSkor: Man United 50-50 Brighton