BolaSkor.com - Newcastle United akan menjamu Chelsea di pekan 16 Premier League di St James Park, Minggu (13/11) pukul 00.30 dini hari WIB. The Magpies akan menjadi lawan yang sulit bagi The Blues pasalnya mereka tim yang berbeda saat ini.

Musim 2022-2023 jadi musim perdana Newcastle di bawah kepemilikan konsorsium Arab Saudi. Ambisi tim besutan Eddie Howe untuk jadi tim papan atas pun terlihat dari klasemen saat ini. Newcastle di peringkat tiga dengan 27 poin dari 14 laga.

Sementara Chelsea berada di peringkat tujuh dengan 21 poin dari 13 laga dan di empat laga terakhir liga tak pernah menang. Chelsea belum sepenuhnya memahami gaya bermain yang diinginkan pelatih asal Inggris, Graham Potter.

Baca Juga:

Elkan Baggott Main Penuh, Gillingham Singkirkan Brentford dari Piala Liga Inggris

Elkan Baggott Ukir Sejarah, Pemain Indonesia Pertama yang Main di Piala FA

Hasil Piala Liga Inggris: Perjalanan Chelsea dan Arsenal Berakhir di Putaran Tiga

Catatan positifnya Newcastle kalah tiga kali dari empat laga kandang Premier League lawan Chelsea (menang sekali). Chelsea juga menang tujuh kali dari delapan laga terakhir lawan Newcastle di Premier League (kalah sekali).

Kabar Tim

Lima pemain absen dari kubu tuan rumah yaitu Emil Krafth, Alexander Isak, Ryan Fraser, Matt Ritchie, dan Paul Dummett. Howe masih punya pemain-pemain terbaik yang dapat bermain lawan Chelsea.

Masalah cedera Chelsea lebih parah lagi. N'Golo Kante, Wesley Fofana, Kepa Arrizabalaga, Ben Chilwell, Carney Chukwuemeka, dan Reece James cedera serta kondisi Jorginho diragukan. Tak banyak opsi bagi Potter.

Komentar

Tidak berbicara mengenai Chelsea, Eddie Howe menuturkan rencananya untuk Newcastle di kala jeda Piala Dunia 2022 berlangsung setelah pekan ini berakhir.

"Jadwal para pemain akan diberikan waktu istirahat, kata Howe. Kira-kira sekitar beberapa minggu mereka akan pergi. Itu akan menjadi pilihan mereka apa yang mereka lakukan dan kemudian mereka akan kembali dan memulai pramusim mini selama empat minggu," papar Howe.

"Saya akan bekerja, beristirahat, mencampuradukkan berbagai hal dan merencanakan apa yang kami lakukan ketika kami kembali."

Sedangkan Graham Potter memuji Eddie Howe atas pekerjaan yang dilakukannya di Newcastle dan mengangkat performa tim.

"Eddie telah melakukan pekerjaan yang fantastis. Dia meningkatkan para pemain yang ada di sana. Dia meningkatkan tim dengan beberapa perekrutan yang sangat bagus. Mereka telah menghabiskan sejumlah uang untuk memperkuat tim," papar Potter.

“Saya bisa berbicara selama setengah jam tentang seberapa bagus menurut saya Eddie, sebagai pribadi dan pelatih. Saya memiliki kekaguman yang besar padanya. Dia menggembleng tim, ada dukungan fantastis di sana di St James' Park, dan klub bergerak maju."

"Mereka pantas mendapatkan hasil dan itu membangun kepercayaan diri dan momentum. Mereka memiliki fisik dan intensitas dan mereka bagus di semua fase permainan. Saya suka cara mereka bermain. Kami memiliki pertandingan yang sulit."

Head to Head

Chelsea 1-0 Newcastle (Premier League 2022)
Newcastle 0-3 Chelsea (Premier League 2021)
Chelsea 2-0 Newcastle (Premier League 2021)
Newcastle 0-2 Chelsea (Premier League 2020)
Newcastle 1-0 Chelsea (Premier League 2020)

Statistik

1. Newcastle kalah tiga kali dari empat laga kandang Premier League lawan Chelsea (menang sekali).

2. Chelsea menang tujuh kali dari delapan laga Premier League lawan Newcastle (kalah sekali), termasuk empat laga terakhir beruntun tanpa kebobolan gol.

3. Newcastle memenangi empat laga Premier League terakhir, terakhir kali menang lima kali beruntun pada Oktober-November 2014.

5. Chelsea kalah di dua laga liga terakhir. Mereka belum pernah kalah tiga kali beruntun sejak November 2015 di bawah arahan Jose Mourinho.

Prediksi dan Prakiraan Susunan Pemain

Newcastle United (4-3-3): Nick Pope; Dan Burn, Sven Botman, Fabian Schar, Kieran Trippier; Joe Willock, Bruno Guimaraes, Sean Longstaff; Jacob Murphy, Callum Wilson, Sergio Almiron

Pelatih: Eddie Howe

Chelsea (4-2-3-1): Edouard Mendy; Marc Cucurella, Thiago Silva, Trevoh Chalobah, Cesar Azpilicueta; Mateo Kovacic, Ruben Loftus-Cheek, Mason Mount, Kai Havertz, Raheem Sterling; Pierre-Emerick Aubameyang

Pelatih: Graham Potter

Prediksi BolaSkor: Newcastle 55-45 Chelsea