BolaSkor.com - Timnas Portugal memulai perjalanan di Piala Dunia 2022 melawan Ghana di Stadium 974, Kamis (24/11) pukul 23.00 WIB. Portugal arahan Fernando Santos berada di grup H bersama dengan Uruguay, Ghana, dan Korea Selatan.

Sorotan jelang pertandingan itu sepenuhnya terarah kepada kapten sekaligus megabintang Portugal, Cristiano Ronaldo, khususnya setelah drama yang terjadi selama beberapa hari terakhir mulai dari wawancaranya dengan Piers Morgan hingga pemutusan kontrak dengan Manchester United.

Hal tersebut sedianya tak berkaitan langsung dengan Piala Dunia atau timnas Portugal, tetapi menarik bagi publik dan juga khususnya fans Ronaldo. Tak ayal sorotan nanti tidak akan lepas dari pemain berusia 37 tahun tersebut.

Baca Juga:

Resmi Bercerai dengan MU, Ronaldo: Waktu yang Tepat untuk Cari Tantangan Baru

Cristiano Ronaldo Angkat Bicara setelah Wawancaranya dengan Piers Morgan Buat Kehebohan

Tidak Hanya di Catur, Cristiano Ronaldo Ingin Sekakmat Lionel Messi di Piala Dunia 2022

Terlebih laga pembuka 'tidak bersahabat' dengan Portugal yang gagal menang di tiga laga pembuka terakhir pada turnamen besar internasional. Ghana pun tidak lebih bagus karena mereka tak memenangi tujuh laga terakhir di Piala Dunia.

Kabar Tim

Ronaldo tak bermain kala Portugal menang 4-0 di laga uji coba lawan Nigeria, namun itu tidak jadi masalah karena ia fit dan siap jadi starter. Fernando Santos juga memiliki seluruh pemain dalam kondisi siap bermain.

Pun demikian Otto Addo di kubu Ghana. Ia dapat menurunkan komposisi pemain terbaik karena tak ada pemain yang cedera, termasuk gelandang Arsenal Thomas Partey dan duo keluarga Ayew, yakni Jordan dan Andre Ayew.

Komentar

Fernando Santos tahu laga melawan Ghana tidak akan mudah, apalagi pemain-pemain di dalam skuad mereka bermain di liga top Eropa (seperti Premier League). Santos juga menganalisis perkembangan Ghana dan tim dari Afrika lainnya.

"Memenangkan turnamen seperti ini sangat sulit untuk tim mana pun, untuk negara mana pun. Anda hanya perlu melihat beberapa laga pertama ini untuk melihatnya dengan jelas. Saya baru saja menonton pertandingan Kroasia-Maroko, dan Anda melihat pertandingan yang sangat seimbang," papar Santos.

"Itu karena sebagian besar pemain berada di liga yang sama. Melawan Ghana, misalnya, dua atau tiga pemain mereka adalah lawan Bruno (Fernandes, yang duduk di samping Santos) di liga yang sama."

"Mereka bermain untuk tim besar dan terbiasa dengan masalah taktis saat bermain. Di masa lalu Anda akan melihat perbedaan, tetapi sekarang tidak, terutama karena semua pelatih memiliki level yang sangat tinggi."

"Kami siap menghadapi lawan yang akan menyebabkan banyak masalah bagi kami. Ghana adalah tim yang terorganisasi dengan sangat baik. Pertandingan mereka melawan Swiss menunjukkan hal itu. Tim-tim Afrika memiliki banyak bakat, tidak dapat diprediksi, dan selalu meningkat secara taktis. Hari ini mereka adalah tim yang jauh lebih lengkap."

Sedangkan pelatih Ghana, Otto Addo, menegaskan hasrat Ghana untuk bertahan di fase grup dan mengintip peluang lolos ke fase gugur. Ghana merupakan tim dengan peringkat FIFA terendah yang saat ini berpatisipasi di Piala Dunia.

"Tentunya kami ingin bertahan di fase grup. Kami ingin menjalani pertandingan demi pertandingan sehingga fokus penuh kami adalah pada permainan Portugal. Jika kami tidak melihat terlalu jauh dan kami berkonsentrasi pada pertandingan berikutnya, saya pikir kami bisa melakukan sesuatu," tutur Addo.

"Dari sana, tidak ada yang tahu, tergantung siapa yang Anda dapatkan dan juga bagaimana Anda bermain."

"Sangat sulit diprediksi jadi fokus utama kami adalah menang melawan Portugal, yang akan sangat sulit. Setelah itu, kami akan melihat langkah selanjutnya," pungkasnya.

Statistik

1. Pertemuan terakhir Portugal dengan Ghana di Piala Dunia terjadi di fase grup Piala Dunia 2014. Portugal menang 2-1 dari gol Cristiano Ronaldo.

2. Portugal gagal memenangi tiga laga terakhir mereka di laga pembuka pada turnamen besar internasional.

3. Portugal gagal lolos sampai 16 besar di tiga dari empat penampilan Piala Dunia.

4. Ghana setidaknya kebobolan dua gol dari tiga laga terakhir di Piala Dunia.

5. Ghana telah memenangi tujuh dari delapan laga di seluruh kompetisi, mencatatkan tujuh clean sheets.

Prediksi dan Prakiraan Susunan Pemain

Portugal (4-3-3): Diogo Costa; Nuno Mendes, Pepe, Ruben Dias, Joao Cancelo; Ruben Neves, William Carvalho, Bruno Fernandes; Rafael Leao, Cristiano Ronaldo, Bernardo Silva

Pelatih: Fernando Santos

Ghana (4-2-3-1): Lawrence Ati-Zigi; Gideon Mensah, Mohammed Salisu, Daniel Amartey, Tariq Lamptey; Thomas Partey, Salis Abdul Samed, Andre Ayew, Inaki Williams, Kamaldeen Sulemana; Jordan Ayew

Pelatih: Otto Addo

Prediksi BolaSkor: Portugal 55-45 Ghana