BolaSkor.com - Timnas Belanda akan memainkan laga terakhir grup A Piala Dunia 2022 melawan tuan rumah, Qatar, di Al Bayt Stadium, Selasa (29/11) pukul 22.00 WIB. Di waktu bersamaan Senegal juga akan bertanding melawan Ekuador.

Urutan satu klasemen Serie A ditempati Belanda dengan empat poin, diikuti Ekuador (empat poin), Senegal (tiga poin), dan Qatar (tanpa poin). Belanda hanya perlu tidak kalah untuk lolos ke fase gugur atau 16 besar.

Sementara di laga lainnya Ekuador akan saling 'bunuh-bunuhan' melawan Senegal untuk lolos ke-16 besar. Belanda di atas kertas sedianya diprediksi tidak akan menemui kesulitan melawan Qatar yang kalah dua kali beruntun.

Baca Juga:

Brasil 1-0 Swiss: Samba Susul Prancis ke Babak 16 Besar

Korea Selatan 2-3 Ghana: The Black Stars Buka Peluang ke 16 Besar

Serbia 3-3 Kamerun: Kekuatan Pantang Menyerah ala The Indomitable Lions

Akan tapi tim arahan Felix Sanchez juga berbahaya karena mereka bermain tanpa beban (nothing to lose), plus harga diri sebagai tuan rumah. Belanda seyogyanya mewaspadai hal tersebut.

Kabar Tim

Dua pemain Belanda, Memphis Depay dan Marten de Roon, kondisinya diragukan tampil karena cedera. Louis van Gaal tidak akan memaksakan kondisi mereka plus ia dapat merotasi pemain, termasuk keduanya, dengan pemain lain.

Tidak ada yang absen untuk kubu tuan rumah. Felix Sanchez dapat menurunkan susunan pemain terbaik pilihannya, atau memberikan kesempatan kepada pemain yang belum bermain tapi dibawa ke dalam skuad Qatar.

Komentar

Louis van Gaal meminta publik respek kepada Belanda terkait kritikan mengenai performa tim saat imbang melawan Ekuador, meski sebelumnya menang melawan Senegal. Ia juga menilai timnya punya kans untuk memenangi Piala Dunia 2022.

"Saya setuju dengan kritik tersebut, tetapi kami tidak terkalahkan dalam 17 pertandingan dan saya pikir jika Anda melihat selisih golnya juga, kami pantas mendapat respek," tutur Louis van Gaal.

"Saya harap ini bukan tekanan sama sekali karena Anda harus selalu mengidentifikasi tujuan dan jika Anda tidak mengidentifikasi tujuan dan mengatakan perempat final sudah cukup, Anda tidak akan menjadi juara dunia."

"Kami tidak pernah mengatakan kami akan menjadi juara dunia, saya katakan kami memiliki peluang untuk menjadi juara dunia dan para pemain yakin akan hal itu. Jika Anda ingin menjadi juara dunia, Anda harus mampu mengalahkan semuanya," tegas Van Gaal.

Sementara Felix Sanchez berbicara soal perjalanan Qatar di Piala Dunia 2022. Pelatih asal Spanyol mengakui tidak menyesal dengan persiapan yang sudah dilakukan Qatar, meski mereka tersingkir dini sebagai tuan rumah. Sanchez pun yakin Qatar ada di jalan yang tepat untuk memangkas jarak dengan tim-tim kuat dunia.

"Jika saya kembali ke masa lalu? Mudah membicarakan banyak hal setelah semuanya berakhir," tutur Sanchez.

"Saya pikir kami telah mempersiapkan dengan cara terbaik, tetapi semuanya harus dipertimbangkan dalam perspektif, kami telah bekerja dengan grup ini untuk waktu yang lama. Terkadang hal-hal tidak berjalan seperti yang Anda inginkan."

"Kami bermain melawan juara Afrika (Senegal), dan Ekuador adalah tim yang kuat, dan kami memiliki pertandingan yang sulit melawan Belanda besok."

"Jika kami terus bekerja setiap hari, saya pikir kami dapat mengurangi jarak dengan tim lain dan mencapai sesuatu," yakin Sanchez.

Statistik

1. Belanda memenangi seluruh empat laga Piala Dunia melawan tim-tim Asia, mencetak 11 gol dan hanya sekali kebobolan gol.

2. Laga nanti jadi laga keempat Belanda di Piala Dunia melawan tuan rumah, pada 1974 dan 1978 mereka kalah kontra Jerman dan Argentina.

3. Qatar kalah dua kali di Piala Dunia 2022. Tidak ada satu pun tuan rumah yang kalah tiga kali di satu edisi turnamen.

4. Belanda selalu lolos ke fase gugur Piala Dunia setiap kali berpatisipasi.

5. Belanda butuh kemenangan atau hasil imbang untuk lolos ke-16 besar untuk kali ke-11 dalam sejarah.

Prediksi dan Prakiraan Susunan Pemain

Qatar (3-5-2): Meshaal Barsham; Miguel, Boualem Khoukhi, Abdelkarim Hassan; Ismaeel Mohammad, Abdulaziz Hatem, Karim Boudiaf, Hassan Al-Haydos, Ahmed Alaaeldin; Almoez Ali, Mohammed Muntari

Pelatih: Felix Sanchez

Belanda (3-4-1-2): Andries Noppert; Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, Nathan Ake; Denzel Dumfries, Steven Berghuis, Frenkie de Jong, Daley Blind; Davy Klaassen; Steven Bergwijn, Cody Gakpo

Pelatih: Louis van Gaal

Prediksi BolaSkor: Qatar 30-70 Belanda