BolaSkor.com - Piala Dunia 2022 akan dibuka dengan laga Qatar kontra Ekuador. Pertandingan ini menjanjikan kejutan besar.

Duel kedua tim akan berlangsung di Al Bayt Stadium, Minggu (20/11), pukul 23.00 WIB. Upacara pembukaan juga akan dilakukan sebelum pertandingan ini.

Di atas kertas, Ekuador lebih diunggulkan untuk memenangi pertandingan. Selain unggul dalam peringkat FIFA, wakil Amerika Selatan itu juga lebih berpengalaman tampil di putaran final Piala Dunia.

Baca Juga:

Ada Penonton Bayaran di Piala Dunia 2022, Dapat Uang dan Makan Gratis

Piala Dunia 2022: Qatar Dihujani Kritik, Presiden FIFA Pasang Badan

Laga Pembukaan Piala Dunia 2022 Diterpa Isu Suap

Namun Qatar tidak akan bisa dikalahkan dengan mudah. Sang tuan rumah dipastikan mendapat dukungan penuh suporternya.

Qatar juga menjadi salah tim dengan persiapan paling matang. Al Annabi juga diuntungkan dengan faktor cuaca dan medan yang lebih dikenal.

Kabar Tim

Qatar bisa memainkan kekuatan terbaiknya dalam laga nanti. Almoez Ali hampir pasti menjadi tumpuan utama untuk membobol gawang Ekuador.

Sementara posisi kiper masih belum dapat dipastikan. Saad Al Sheeb dan Meshaal Barsham kerap tampil bergantian dalam rangkaian uji coba menuju Piala Dunia 2022.

Sementara Ekuador masih menunggu kondisi terakhir Romario Ibarra. Winger lincah itu mengalami sedikit cedera saat melakoni laga uji coba terakhir kontra Irak.

Komentar Pelatih

Pelatih Qatar, Felix Sanchez sangat antusias menyambut laga kontra Ekuador. Ia memandang pertandingan ini sebagai momen pembuktian.

"Ini akan menjadi hari bersejarah dan penting bagi sepak bola Qatar. Kami siap membuktikan kepada semua orang bahwa kami pantas bermain di piala dunia," kata Sanchez pada sesi jumpa pers jelang laga.

"Ekuador adalah tim dengan banyak pemain muda dan berbakat, dan mereka akan menjadi lawan yang sulit. Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk bersaing melawan mereka besok."

Di kubu Ekuador, Gustavo Alvaro sangat mewaspadai kejutan yang bisa dihadirkan tim lawan. Ia menilai Qatar tidak bisa diremehkan hanya karena berstatus debutan dan lolos lewat jalur tuan rumah.

Qatar akan menuju turnamen dalam kondisi terbaik karena mereka memiliki lebih banyak waktu bersiap dan memiliki banyak pemain muda. Namun mereka tidak terbiasa tampil di pentas dunia," kata Alvaro.

"Pertandingan ini akan menjadi seperti final bagi kami dan Qatar karena akan memiliki pengaruh besar dalam persaingan di grup ini."

Statistik

1. Rekor pertemuan kedua negara sama kuat. Dari tiga kali bertemu, Qatar satu kali menang, Ekuador satu kali menang, dan satu laga lainnya berakhir imbang.

2. Pertemuan terakhir kedua tim terjadi dalam sebuah laga uji coba pada Oktober 2018. Ketika itu Qatar mampu mengalahkan Ekuador dengan skor 4-3.

3. Laga pembuka dalam empat edisi terakhir Piala Dunia telah menghasilkan total 17 gol.

4. Qatar telah memenangi tiga laga terakhirnya saat berlaga di Al Bayt Stadium dengan membukukan sembilan gol tanpa kebobolan.

5. Qatar berpeluang mengikuti jejak Senegal sebagai debutan yang mampu memenangi laga pembuka Piala Dunia.

Head to Head

12-10-2018 Qatar 4-3 Ekuador (Uji Coba)
25-02-1996 Qatar 1-2 Ekuador (Uji Coba)
18-02-1996 Qatar 1-1 Ekuador (Uji Coba)

Prakiraan Susunan Pemain

Qatar (3-5-2): Saad Al Sheeb; Abdelkarim Hassan, Bassam Al Rawi, Boualem Khoukhi; Homam Ahmed, Karim Boudiaf, Hassan Al Haydos, Abdulaziz Hatem, Pedro Miguel; Almoez Ali, Akram Afif.

Pelatih: Felix Sanchez.

Ekuador (4-4-2): Alexander Dominguez; Pervis Estupinan, Piero Hincapie, Felix Torres, Byron Castillo; Romario Ibarra, Carlos Gruezo, Moises Caicedo, Gonzalo Plata; Michael Estrada, Enner Valencia.

Pelatih: Gustavo Alfaro.

Prediksi BolaSkor.com

Qatar 2-1 Ekuador