BolaSkor.com - Laga El Clasico pada final Piala Super Spanyol 2023 menjanjikan tontonan menarik. Real Madrid dan Barcelona dipastikan tampil ngotot untuk menjadi juara.

Duel kedua tim akan berlangsung di King Fahd International Stadium, Senin (16/1), pukul 02.00 dini hari WIB. Ini menjadi ulangan final edisi tahun lalu.

Di atas kertas, kekuatan kedua tim sangat berimbang. Madrid dan Barcelona juga diperkuat deretan bintang kelas satu.

Baca Juga:

Jadwal Siaran Langsung Akhir Pekan Ini: Derby Manchester, North London Derby, El Clasico

Piala Super Spanyol: Tantang Real Madrid, Xavi Hernandez Tebar Ancaman

El Clasico Kedelapan di Final Piala Super Spanyol

Namun jika mengacu rekor pertemuan terakhir, Madrid layak lebih diunggulkan. Los Blancos terbukti sangat superior di hadapan Barcelona.

Dari tujuh pertemuan terakhir, Madrid menang enam kali. Sementara Barcelona hanya satu kali mengalahkan musuh abadinya.

Pada final edisi tahun lalu, Madrid juga berhasil mengalahkan Barcelona dengan skor 3-2. Ketika itu, laga diakhiri lewat perpanjangan waktu.

Duel yang tak kalah sengit hampir pasti akan tersaji lagi. Bukan tidak mungkin pemenang pertandingan ini ditentukan lewat drama adu penalti.

Kabar Tim

Madrid terancam tampil tanpa Eder Militao, Lucas Vazquez, dan Eduardo Camavinga dalam laga nantinya. Ketiganya memang mengalami cedera saat mengalahkan Valencia pada partai semifinal.

Sementara Aurelien Tchouameni dan David Alaba lebih dulu dipastikan absen. Keduanya tidak dibawa ke Arab Saudi karena masih dalam proses pemulihan cedera.

Kondisi sebaliknya terjadi di kubu lawan. Barcelona dipastikan bisa tampil dengan kekuatan penuh.

Robert Lewandowski hampir pasti kembali menjadi tumpuan di lini depan untuk mencetak gol. Sementara Ansu Fati berpotensi menjadi pembeda saat masuk sebagai pengganti.

Komentar Pelatih

Carlo Ancelotti menegaskan Madrid akan tampil habis-habisan dalam pertandingan ini. Meraih trofi menjadi target utamanya.

“Setiap trofi penting di klub ini. Hal itu (trofi) memupuk kepercayaan diri dan membantu Anda tetap berada di jalur yang benar dan menumbuhkan suasana yang baik," kata Ancelotti pada sesi jumpa pers jelang laga.

"Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk memenangkannya. Saya memiliki pemain yang terbiasa dengan tekanan seperti ini, jadi kami merasa percaya diri."

Pandangan serupa juga diungkapkan Xavi Hernandez. Barcelona asuhannya sangat haus gelar.

"Kami bersemangat dan titel ini akan sangat berarti, begitu juga karena melawan Real Madrid. Apa pun yang terjadi musim ini, semuanya berubah dengan titel yang sudah dimenangkan," kata Xavi.

"Namun Saya melihat Madrid sebagai lawan yang sangat kuat."

Statistik

1. Real Madrid menang enam kali dari tujuh pertemuan terakhir kontra Barcelona di semua kompetisi.

2. Barcelona belum terkalahkan dalam delapan laga terakhir di semua kompetisi.

3. Barcelona hanya membukukan dua clean sheet dari tujuh laga terakhir di semua kompetisi.

4. Real Madrid mengalahkan Barcelona dengan skor 3-2 pada laga final Piala Super Spanyol tahun lalu lewat perpanjangan waktu.

5. Kedua tim lolos ke final musim ini lewat drama adu penalti.

Head to Head

16-10-2022 Madrid 3-1 Barcelona (La Liga)
21-03-2022 Madrid 0-4 Barcelona (La Liga)
13-01-2022 Barcelona 2-3 Madrid (Piala Super Spanyol)
24-10-2021 Barcelona 1-2 Madrid (La Liga)
11-04-2021 Madrid 2-1 Barcelona (La Liga)

Prakiraan Susunan Pemain

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Nacho Fernandez, Antonio Rudiger, Mendy; Toni Kroos, Federico Valverde, Luka Modric; Rodrygo, Karim Benzema, Vinicius Junior.

Pelatih: Carlo Ancelotti.

Barcelona (4-3-3): Marc-andre Ter Stegen; Jules Kounde, Ronald Araujo, Andreas Christensen, Alejandro Balde; Frankie de Jong, Sergio Busquets, Pedri; Ousmane Dembele, Robert Lewandowski, Ansu Fati.

Pelatih: Xavi Hernandez.

Prediksi BolaSkor.com

Real Madrid 2-1 Barcelona