BolaSkor.com - Juara Piala Dunia 2010, timnas Spanyol, akan mengawali langkah pertama mereka di Piala Dunia 2022 melawan Kosta Rika di Al Thumama Stadium, Rabu (23/11) pukul 23.00 WIB. Spanyol di grup E bersama dengan Kosta Rika, Jerman, dan Jepang.

Menilik sekilas statistik, Spanyol sedianya punya catatan bagus tak terkalahkan di lima laga terakhir Piala Dunia, meski di fase gugur mereka tak pernah menang sejak 2010. Apalagi Kosta Rika tak pernah menang di enam laga terakhir Piala Dunia.

Tetapi laga pembuka selalu jadi momok bagi Spanyol. La Furia Roja kalah tujuh kali di laga pembuka Piala Dunia, catatan tersebut sudah melebihi negara lainnya. Hal itu layak diwaspadai Spanyol besutan Luis Enrique.

Baca Juga:

Hasil dan Klasemen Grup C-D Piala Dunia 2022: Prancis Berada di Puncak

Argentina 1-2 Arab Saudi: Green Falcons Akhiri Rekor Tak Pernah Kalah Albiceleste

Bintang Laga Denmark Vs Tunisia: Aissa Laidouni, Sang Peredam Dinamit

Laga nanti juga jadi pertemuan pertama kedua tim di Piala Dunia. Spanyol dan Kosta Rika sudah bertemu tiga kali sebelumnya, tetapi di laga uji coba dengan hasil dua kemenangan untuk Spanyol dan satu lagi berakhir imbang.

Kabar Tim

Cedera ringan pada engkel kaki membuat Jose Gaya diragukan bermain lawan Kosta Rika. Bek kiri Barcelona Alex Balde disiapkan untuk menggantikannya. Kedalaman skuad Spanyol juga bagus untuk jadi opsi bagi Enrique.

Sementara itu dari kubu Kosta Rika arahan Luis Fernando Suarez tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Seluruh pemain fit bermain termasuk pemain senior yang diandalkan seperti Keylor Navas, Bryan Ruiz, Oscar Duarte, dan Joel Campbell.

Komentar

Luis Enrique menjawab pertanyaan media seputar pemimpin skuad ketika kapten Spanyol, Sergio Busquets, bukan kapten yang vokal di dalam tim.

"Pemimpin tim nasional harus menjadi pelatih. Saya harus mengatakan saya pemimpin karena siapa yang akan percaya pada apa yang saya katakan kepada mereka, jika ada keraguan," tegas Enrique dikutip dari Dailymail.

"Saya memutuskan siapa yang bermain, kapan kami bepergian, bagaimana kami bermain, saya adalah seorang pemimpin yang memberikan solusi kepada tim."

"Saya senang berada di sini, untuk debut sebagai pelatih di Piala Dunia, menikmati pesta sepak bola ini, melakukan sesi latihan terakhir sore ini dan menjalani pertandingan pertama dengan gembira."

Berbeda dengan Enrique pelatih Kosta Rika, Luis Fernando Suarez, memiliki banyak pemain di dalam skuadnya yang dapat jadi pemimpin.

"Saya hanya membantu para pemimpin, saya bisa memfasilitasi mereka," tambah Suarez.

"Dalam grup saya, saya memiliki pemimpin yang berbeda. Saya dapat memiliki beberapa dari mereka sehingga saya dapat mengaturnya. Bryan (Ruiz) adalah salah satunya, Keylor (Navas) adalah yang lainnya, Joel Campbell adalah yang lainnya."

"Kami memiliki tipe kepemimpinan yang berbeda. Kami harus cukup pintar untuk mengetahui siapa pemimpinnya dan membantu mereka," urai dia.

Statistik

1. Gol berikutnya Spanyol akan jadi gol ke-100 mereka di Piala Dunia.

2. Kosta Rika gagal menang di enam laga Piala Dunia terakhir.

3. Spanyol dan Kosta Rika baru pertama kali bertemu di Piala Dunia. Keduanya sudah tiga kali bertemu di laga uji coba, Spanyol menang dua kali dan sekali imbang.

4. Spanyol telah kalah di tujuh laga pembuka Piala Dunia lebih dari negara mana pun.

Prediksi dan Prakiraan Susunan Pemain

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Dani Carvajal, Aymeric Laporte, Pau Torres, Jordi Alba; Gavi, Sergio Busquets, Pedri; Ansu Fati, Alvaro Morata, Ferran Torres

Pelatih: Luis Enrique

Kosta Rika (4-3-3): Keylor Navas; Bryan Oviedo, Francisco Calvo, Oscar Duarte, Carlos Martinez; Gerson Torres, Bryan Ruiz, Celso Borges; Joel Campbell, Anthony Contreras, Jewison Bennette

Pelatih: Luis Fernando Suarez

Prediksi BolaSkor: Spanyol 60-40 Kosta Rika