Prediksi Derby Merseyside: Jebakan Statistik Mencolok Liverpool atas Everton

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 03 Maret 2019
Prediksi Derby Merseyside: Jebakan Statistik Mencolok Liverpool atas Everton
Derby Merseyside (Zimbio)

BolaSkor.com - Derby Merseyside ke-200 akan terjadi di Goodison Park, markas Everton, pada pekan 29 Premier League melawan Liverpool, Minggu (3/3) pukul 23.15 WIB. The Reds punya rekor statistik yang superior atas rival sekotanya itu.

Bagaimana tidak, Everton tidak pernah menang di 18 pertemuan terakhir melawan Liverpool di seluruh kompetisi (sembilan hasil imbang dan sembilan kekalahan), catatan terpanjang di antara rival Merseyside.

Selain catatan itu, Liverpool juga diunggulkan jika menilik performa menyeluruh musim ini. Tim asuhan Jurgen Klopp memiliki keseimbangan yang baik pada sisi bertahan dan juga ofensif. Liverpool baru kebobolan 16 gol - pertahanan terbaik di Premier League - dan selalu jadi ancaman ketika menyerang via kecepatan Sadio Mane dan Mohamed Salah.

Pertemuan pertama kedua tim di Anfield musim ini berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Liverpool. Divock Origi jadi sosok protagonis Liverpool via gol telatnya di penghujung laga kala menerima 'assist' dari tiang gawang Everton.

Baca Juga:

Liverpool Pantang Memandang Everton Sebelah Mata

Saling Berbalas Kata Silva-Klopp soal Selebrasi ala Final Piala Dunia di Derby Merseyside

Momentum dan Rekor Miris Everton dari Liverpool Jelang Derby Merseyside ke-200

Jurgen Klopp dan Marco Silva

Gol itu memang terjadi dengan unik. Berawal dari tandukkan Virgil van Dijk yang mengenai mistar gawang, gagal diantisipasi Jordan Pickford, bola menuju Origi yang langsung mengonversinya jadi gol.

Menganalisis statistik tersebut, wajar jika Liverpool diunggulkan memenangi laga atas Everton. Akan tapi, catatan statistik itulah yang bisa menjadi jebakan bagi Liverpool apabila mereka jemawa dengannya.

Pada akhirnya, hasil akhir pertandingan selalu ditentukan melalui perjuangan 22 pemain (plus enam pemain pengganti), bukan statistik. Apabila Everton mampu bermain efisien, bertahan dengan solid, dan memaksimalkan dukungan fans di Goodison Park, bukan tidak mungkin mereka mengejutkan prediksi khalayak umum.

Kemenangan 3-0 Everton atas Cardiff City datang tepat waktunya bagi The Toffees. Momentum dan kepercayaan diri yang meningkat diharapkan mampu mengangkat performa Everton asuhan Marco Silva untuk mengimbangi permainan Liverpool.

"Ini laga yang spesial baik untuk kota dan juga fans kami, begitu juga bagi fans mereka. Saya baru memainkan Derby Merseyside pertama pada Desember kemarin dan apa yang saya rasakan adalah laga spesial untuk kedua tim," tutur Silva.

Derby Merseyside

Klopp juga sudah menantikan atmosfer pertandingan yang seru di Goodison Park. Menurutnya, Liverpool siap bermain di bawah tekanan fans tuan rumah yang diprediksi akan memberikan intimidasi sepanjang laga.

"Tentu saja, fans Everton tak ingin kami memenangi apapun dan mungkin fans kami juga demikian. Tapi dalam pertandingan, hanya ada passion dan emosi," tutur Klopp.

"Saya harap akan seperti itu, begitulah sepak bola seharusnya dimainkan. Di Goodison, mereka benar-benar mendukung tim mereka, jadi sekarang, mari pergi ke sana dan tentu saja menggunakan atmosfernya. Atmosfer nanti bakal lantang, liar, segalanya - dan kami harus tampil baik juga," tegasnya.

Satu catatan lagi bagi Everton dan juga Liverpool, kedua tim selayaknya mewaspadai potensi kartu merah yang biasa terjadi di Derby Merseyside. Pertemuan keduanya menghasilkan kartu merah terbanyak di Premier League (21 kali).

Breaking News Everton Liverpool Derby merseyside Premier League Jurgen Klopp Marco Silva
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan