BolaSkor.com - FC Barcelona punya peluang untuk naik ke puncak klasemen LaLiga kala melawan Eibar di Municipal de Ipurua, Sabtu (19/10) pukul 18.00 WIB. Pasalnya, Blaugrana bermain lebih cepat beberapa jam sebelum laga Real Madrid dimulai.

Barcelona hanya terpaut dua poin dari Real Madrid yang berada di puncak klasemen. El Real arahan Zinedine Zidane baru memainkan laga pekan sembilan LaLiga di markas RCD Mallorca pada Minggu (20/10) pukul 02.00 dini hari WIB.

Ernesto Valverde, pelatih Barcelona, paham betapa pentingnya pertandingan melawan Eibar untuk dimenangi. Valverde tak ingin lagi Barcelona kehilangan poin pada laga-laga, yang di atas kertas, seharusnya mereka menangi.

Baca Juga:

Jadwal Siaran Langsung Liga Eropa: Eibar Jamu Barcelona, Leicester Jaga Posisi di Zona Liga Champions

Presiden LaLiga Berterima Kasih Lionel Messi Tetap Bertahan di Spanyol

Boros di Bursa Transfer, Barcelona Punya Banyak Cicilan

Eibar vs Barcelona musim lalu di Ipurua

"Pertandingan ini (kontra Eibar) sangat penting karena kami tidak berada di puncak klasemen dan kami sangat membutuhkan tiga poin. Apalagi kami memang mengalami sedikit kesulitan dan kami bereaksi dengan baik terhadap hal tersebut," tutur Valverde di laman resmi klub.

"Kadang-kadang Anda memang tidak bermain bagus, namun Anda tetap menang dan Anda mengharapkan tim untuk bereaksi dan itulah yang kami lakukan dalam beberapa tahun terakhir. Kami ingin berada di peringkat pertama, namun kami justru tersandung dalam beberapa pertandingan terakhir," terangnya.

Barcelona bukan hanya diunggulkan dari segi kualitas individu pemain, melainkan juga catatan statistik yang memihak kepada mereka. Barcelona tak pernah kalah dari Eibar. Bahkan, Barca jadi tim paling sering mencetak gol ke gawang Eibar (33 gol).

Valverde juga hanya kalah sekali dari 10 laga terakhir melawan Eibar. Kekalahan terakhir itu terjadi kala ia masih melatih Athletic Club Bilbao pada Agustus 2015 (0-2 di Ipurua). Megabintang asal Argentina, Lionel Messi, juga telah mencetak 15 gol dari sembilan laga kontra Eibar.

Situasi semakin tidak memihak Eibar karena pelatih mereka, Jose Luis Mendilibar, hanya sekali menang dari 21 laga melawan Barcelona. Ini terjadi pada Februari 2012 dan Mendilibar masih melatih Osasuna.

Kendati demikian, Barca tak boleh meremehkan Eibar karena mereka tak terkalahkan di empat laga terakhir LaLiga. Dua laga LaLiga mereka di Ipurua juga berakhir dengan kemenangan. Faktor ini wajib diwaspadai oleh Barcelona.

Prakiraan Susunan Pemain:

Eibar (4-3-3): Marko Dmitrovic; Pablo de Blasis, Paulo Oliveira, Anaitz Arbilla, Jose Angel; Sergio Alvarez, Pape Diop, Edu Exposito; Fabian Orellana, Kike Garcia, Takashi Inui

Pelatih: Jose Luis Mendilibar

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Jean-Clair Todibo, Clement Lenglet, Jordi Alba; Frenkie de Jong, Sergio Busquets, Arthur; Lionel Messi, Luis Suarez, Antoine Griezmann

Pelatih: Ernesto Valverde

Prediksi BolaSkor.com: Eibar menang 35%, imbang 15%, Barcelona menang 50%