BolaSkor.com - Juventus akan bertandang ke markas FC Porto pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2020-2021 di Estadio do Dragao, Kamis (18/2) pukul 03.00 WIB. Sebuah tren buruk menghantui langkah Bianconeri.

Juventus memang lebih diunggulkan untuk melaju ke babak selanjutnya. Namun status tersebut justru bisa berdampak negatif bagi tim asuhan Andrea Pirlo.

Para pemain Juventus tentu masih belum melupakan kegagalan mereka di dua edisi Liga Champions sebelumnya. Raksasa Italia tersebut harus menerima kenyataan disingkirkan oleh tim underdog.

Baca Juga:

Sergio Conceicao, Pelatih Porto yang Tak Asing Lagi dengan Juventus

Deretan Klub Serie A yang Paling Bergantung pada Ketajaman Striker

Isco Tak Bikin Juventus Melirik

Estadio do Dragao

Pada musim 2018-2019, langkah Juventus terhenti di tangan Ajax Amsterdam pada fase perempat final. Sementara musim lalu, Olympique Lyon melakukan hal serupa di babak 16 besar.

Rekor buruk tersebut disadari oleh Pirlo. Maka dari itu ia enggan meremehkan kekuatan Porto.

Liga Champions kompetisi khusus yang berbeda dari liga. Ada begitu banyak tim yang berjuang untuk menang dan itu sangat tergantung pada momen yang diinginkan, jadi Penting untuk bersiaplah secara mental," kata Pirlo pada sesi jumpa pers jelang laga.

"Porto adalah tim yang kompak, sangat bagus dalam bertahan dan mempersempit dua sisi. Membutuhkan kesabaran untuk tidak memaksakan permainan dan tidak membiarkan serangan balik."

Porto memang tak bisa diremehkan. Pada fase grup, The Dragons tak terkalahkan di laga kandang.

Pelatih Porto, Sergio Conceicao juga bisa memberikan mimpi buruk kepada Juventus. Pengalaman berkarier di Serie A semasa bermain membuat dirinya paham dengan karakter tim-tim Italia.

"Kami akan memberi Juventus masalah karena Porto juga memiliki sesuatu dalam DNA kami. Kami memiliki mentalitas menang terlepas dari lawannya," kata Conceicao.

"Kami perlu menyadari bahwa pendekatan kami harus berubah pada waktu yang berbeda dalam permainan sambil selalu mencari hasil yang positif."

Sebagai tuan rumah, Porto pasti akan tampil ngotot untuk meraih kemenangan. Kolektivitas permainan menjadi kekuatan utama mereka.

Sementara Juventus siap memanfaatkan celah untuk setidaknya mencetak gol tandang. Cristiano Ronaldo menjadi tumpuan utama untuk mewujudkan hal itu.

Prakiraan susunan pemain

FC Porto (4-3-3)
: Agustin Marchesin; Wilson Manafa, Chancel Mbemba, Pepe, Malang Sarr; Jesus Corona, Sergio Oliviera, Matheus Uribe; Luiz Diaz, Moussa Marega, Mehdi Taremi.

Pelatih: Sergio Conceicao.

Juventus (4-4-2): Wojciech Szczesny; Danilo, Giorgio Chiellini, Matthijs de Ligt, Alex Sandro; Federico Chiesa, Rodrigo Bentancur, Adrien Rabiot, Weston McKennie; Cristiano Ronaldo, Alvaro Morata.

Pelatih: Andrea Pirlo.

Head to head
14-03-2017 Juventus 1-0 FC Porto (Liga Champions)
22-02-2017 FC Porto 0-2 Juventus (Liga Champions)
23-10-2001 Juventus 3-1 FC Porto (Liga Champions)
10-10-2001 FC Porto 0-0 Juventus (Liga Champions)
16-05-1984 Juventus 2-1 FC Porto (Piala Winners)

Prediksi BolaSkor.com
FC Porto 1-1 Juventus