BolaSkor.com - Tekanan besar menyertai Juventus jelang final Coppa Italia melawan Atalanta di Stadio Citta del Tricolore, Kamis (20/05) pukul 02.00 dini hari WIB. Kemenangan jadi hal penting bagi kedua tim khususnya Il Bianconeri.

Coppa Italia dapat menyelamatkan musim Juventus dan juga berpotensi mempertahankan karier Andrea Pirlo lebih lama sebagai pelatih. Pasalnya musim ini berubah menjadi 'bencana' bagi Juve yang sebelumnya memenangi sembilan Scudetto beruntun.

Dari juara bertahan yang diunggulkan memenanginya saat ini Juventus justru tertatih-tatih untuk mengamankan tempat di empat besar klasemen alias zona Liga Champions. Juventus belum aman meski jika nanti di laga terakhir Serie A menang atas Bologna.

Baca Juga:

Jaga Mimpi Main di Inggris, Striker Atalanta Ternyata Fans Arsenal

Skenario Perebutan Zona Liga Champions antara Milan, Napoli, dan Juventus

3 Alasan Atalanta Bisa Kian Perparah Musim Juventus

Atalanta vs Juventus

Pasalnya Juventus juga harus menanti di laga-laga lainnya AC Milan atau Napoli gagal meraih kemenangan. Jika skenario itu tak terjadi maka Cristiano Ronaldo dkk akan bermain di Liga Europa musim depan.

Tak ayal dibanding Juventus Atalanta tidak merasakan tekanan sebesar tim asal Turin itu. Mereka dapat bermain tanpa beban. Terlebih catatan pertemuan keduanya di Coppa Italia relatif imbang dari 16 pertandingan: Atalanta menang enam kali, Juventus menang enam kali, dan empat berakhir imbang.

Kabar Tim

Juventus minus Rodrigo Bentancur yang terkena sanksi akumulasi kartu, serta kondisi Merih Demiral juga diragukan tampil pasca pulih dari cedera. Selain keduanya Pirlo memiliki banyak opsi untuk dimainkan.

Sedangkan dari Atalanta hanya Rafael Toloi yang absen karena cedera. Namun namanya tetap dibawa ke dalam skuad oleh Gian Piero Gasperini karena Toloi sosok penting di dalam tim. Mario Pasalic juga telah kembali dari cedera.

Komentar Pelatih

Gian Piero Gasperini dan Andrea Pirlo

Andrea Pirlo menegaskan Juventus akan meladeni intensitas bermain Atalanta. Seperti diketahui Atalanta tim berbahaya dengan serangan serta pressing yang memaksa lawan melakukan kesalahan dalam mengontrol bola.

"Saya tidak berpikir ini akan menjadi pertandingan defensif sama sekali karena semua orang tahu ketika Anda melawan Atalanta untuk mengharapkan tembakan tepat sasaran, tempo dan intensitas," tutur Pirlo di Football-Italia.

"Ini bisa dibilang permainan level Eropa. Kami siap, kami tahu mereka dan apa yang diharapkan. Ada satu trofi yang harus dimenangi, kami mendapatkan tempat kami di final dan sekarang kami ingin membawa pulang piala ini. Kami bisa memikirkan sisanya mulai Kamis."

"Mentalitas tidak akan terpengaruh oleh Serie A, karena kami hanya fokus pada final. Apa yang terjadi adalah masa lalu, jadi sampai besok malam yang perlu kami pikirkan adalah membawa pulang trofi ini," tegas dia.

Sementara Gian Piero Gasperini menilai timnya akan menikmati buah dari jerih payah mencapai final Coppa Italia kedua dalam tiga edisi terakhir.

Atalanta sudah dua kali ke final dari tiga edisi terakhir Coppa Italia

"Trofi ini (Coppa Italia) akan jadi ceri di atas kue (pelengkap), tapi kuenya adalah hal-hal yang telah kami lakukan dalam lima tahun terakhir," imbuh Gasperini.

"Tim telah berkembang pesat, meski pun kami tidak mengangkat trofi di Liga Champions, masih sangat memuaskan untuk memainkan pertandingan besar seperti itu."

"Ketika Anda memainkan pertandingan seperti ini, Anda harus pergi sebagai pemenang, karena itu mengubah pandangan dari semua yang Anda alami sebelumnya. Kami menyingkirkan Cagliari, Lazio dan Napoli, jadi kami berhak mencapai final."

"Saya puas dengan apa yang telah kami capai sejauh ini. Hanya ada dua trofi yang bisa Anda menangkan di Italia, Scudetto dan Coppa Italia, tetapi kepuasan juga berarti memenangkan 23 pertandingan musim ini."

"Mungkin tidak sama dengan mengangkat piala bagi banyak orang, tetapi jika saya harus memilih antara Liga Champions dan Coppa Italia, saya akan memilih Liga Champions. Untungnya, saya tidak harus memilih."

Head to Head

Selayaknya pertemuan Atalanta dan Juventus di Coppa Italia, head to head kedua tim di lima laga terakhir juga ketat: Juve dan Atalanta sama-sama sekali menang dan tiga berakhir imbang. Catatan ini menambah seru laga final Coppa Italia.

Atalanta 1-0 Juventus (Serie A 2021)
Juventus 1-1 Atalanta (Serie A 2020)
Juventus 2-2 Atalanta (Serie A 2020)
Atalanta 1-3 Juventus (Serie A 2019)
Juventus 1-1 Atalanta (Serie A 2019)

Prediksi dan Prakiraan Susunan Pemain

Juventus (4-4-2): Wojciech Szczesny; Danilo, Giorgio Chiellini, Matthijs de Ligt, Juan Cuadrado; Federico Chiesa, Adrien Rabiot, Rodrigo Bentancur, Weston McKennie; Paulo Dybala, Cristiano Ronaldo

Pelatih: Andrea Pirlo

Atalanta (3-4-2-1): Pierluigi Gollini; Berat Djimsiti, Cristian Romero, Jose Luis Palomino; Robin Gosens, Remo Freuler, Marten de Roon, Hans Hateboer; Ruslan Malinovskiy, Matteo Pessina; Duvan Zapata

Pelatih: Gian Piero Gasperini

Prediksi BolaSkor: Atalanta 50-50 Juventus