BolaSkor.com - Catalunya dan Basque mengirimkan perwakilannya untuk saling merebutkan titel Piala Super Spanyol. Kedua perwakilan yang akan saling bertanding di Estadio de La Cartuja di laga final adalah Barcelona dan Athletic Bilbao, Senin (18/01) pukul 03.00 dini hari WIB.

Barcelona ke final dengan mengalahkan Real Sociedad di semifinal via drama adu penalti setelah imbang 1-1 di waktu normal, sementara Athletic Bilbao mengalahkan Real Madrid dengan skor 2-1. Jelang laga nanti Barcelona jadi unggulan.

Blaugrana sudah sangat berpengalaman di final Piala Super Spanyol dengan raihan 13 titel, terbanyak di antara tim lainnya, sementara Bilbao memenanginya sebanyak dua kali pada 1984 dan terakhir pada 2015.

Baca Juga:

Lionel Messi Diklaim Ingin Bertahan di Barcelona

Informasi Seputar Final Piala Super Spanyol 2021

Piala Super Spanyol: Bilbao Gagalkan Langkah Real Madrid ke Final

Kendati demikian Barcelona tak bisa begitu saja menganggap remeh Bilbao. Pasalnya Inaki Williams dkk memiliki kolektivitas bermain tanpa adanya bintang yang menonjol seperti Lionel Messi atau Frenkie de Jong di Barcelona.

Ronald Koeman akan memainkan final pertama dengan potensi memenangi trofi perdana sebagai pelatih Barca. Menurutnya Barcelona tak perlu motivasi tambahan di laga final.

Ronald Koeman

"Ini bukan trofi yang paling penting tapi ini tetaplah trofi," ucap Koeman dikutip dari Sport-English.

"Ini final, ini gelar. Untuk menunjukkan bahwa kami berada di jalur yang benar, penting untuk memenangkan banyak hal."

"Memenangkan banyak hal selalu menunjukkan Anda berada di jalur yang benar. Itu bagus untuk kepercayaan diri dan untuk menunjukkan bahwa kami meningkat, bahwa kami adalah tim yang kuat yang berjuang."

"Anda tidak perlu memotivasi para pemain untuk final Piala Super Spanyol. Kami harus santai, percaya diri dan mengikuti rencana yang kami miliki. Ada banyak antusiasme dan tidak perlu memberikan tekanan apa pun kepada para pemain," imbuh Koeman.

Ada kabar Lionel Messi berpotensi absen karena cedera. Kendati demikian striker Bilbao, Inaki Williams tak mempermasalahkannya entah itu Messi bermain atau tidak. Terpenting baginya Bilbao menampilkan permainan yang membuat fans bangga.

Inaki Williams

"Kami ingin para penggemar merasa bangga pada kami," ucap Inaki Williams sebagaimana dilansir Marca.

"Saya tidak peduli apakah Messi bermain atau tidak karena Barcelona adalah salah satu klub terbaik di dunia sepak bola. Kami Kami akan mencoba memberi mereka permainan sesulit mungkin. Jika mereka mengalahkan kami, pastikan mereka bekerja keras."

Mengingat permainan Barca belum sepenuhnya konsisten di era Ronald Koeman, Bilbao arahan Marcelino Garcia Toral berpotensi mengejutkan mereka di final Piala Super Spanyol.

Prakiraan Susunan Pemain:

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Jordi Alba, Clement Lenglet, Ronald Araujo, Sergino Dest; Frenkie de Jong, Sergio Busquets, Pedri; Ousmane Dembele, Antoine Griezmann, Lionel Messi

Pelatih: Ronald Koeman

Athletic Bilbao (4-4-2): Unai Simon; Yuri Berchiche, Unai Nunez, Inigo Martinez, Ander Capa; Iker Muniain, Dani Garcia, Unai Vencedor, Oscar De Marcos; Inaki Williams, Raul Garcia

Pelatih: Marcelino Garcia Toral

Head to Head

Bilbao 2-3 Barcelona (LaLiga 2021)
Barcelona 1-0 Bilbao (LaLiga 2020)
Bilbao 1-0 Barcelona (LaLiga 2020)
Bilbao 1-0 Barcelona (LaLiga 2019)
Bilbao 0-0 Barcelona (LaLiga 2019)

Prediksi: Barcelona 50-50 Athletic Bilbao