BolaSkor.com - Timnas Inggris akan menghadapi Kroasia di Stadion Wembley, London, Minggu (13/6) malam. Laga ini sekaligus menjadi pembuka penyisihan Grup D Piala Eropa 2020.

Grup D juga diisi oleh Skotlandia dan Rep Ceska. Adapun pertemuan keduanya akan berlangsung Senin (14/6).

Aroma balas dendam menyelimuti pertemuan antara Inggris dan Kroasia. Kekalahan saat berhadapan Kroasia di semifinal Piala Dunia 2018 masih menyisakan sakit yang belum sepenuhnya terobati.

Seperti diketahui Inggris kalah 1-2. Kekalahan yang juga menutup kesempatan menuju final untuk titel juara dunia, hingga menimbulkan kekecewaan mendalam.

Timnas Inggris sebetulnya sudah membalas kekalahan tersebut, yakni saat bertemu dengan Kroasia di UEFA Nations League 2018-2019. The Three Lions menerkam The Checkered Ones 2-1.

Baca Juga:

Bidik Gelar Juara, Deschamps Peringatkan Timnas Prancis

Inggris Vs Kroasia, Teka-teki Barisan Depan Pilihan Southgate

Skuat arahan Gareth Southgate berpotensi untuk itu. Skuat yang lebih lengkap dibanding tiga tahun silam jadi alasan.

Terlebih Inggris memiliki kepercayaan diri cukup baik setelah selalu menang dalam lima laga tahun ini. Tiga diperoleh di Kualifikasi Piala Dunia masing-masing atas San Marino, Albania, dan Polandia. Dua lain saat melawan Austria dan Rumania dalam partai persahabatan.

Adapun Kroasia hanya mencatatkan dua kemenangan dari lima laga terakhir, masing-masing atas Siprus dan Malta. Adapun dua kekalahan diperolah saat bentrok dengan Slovenia dan Belgia, sementara satu laga lain melawan Armenia berakhir seri.

Inggris juga punya keuntungan karena bertindak sebagai tuan rumah di Wembley.

Kabar Tim

Timnas Inggris tak melibatkan Trent Alexander-Arnold karena mengalami cedera pada pertandingan persahabatan. Sementara gelandang Jordan Henderson yang mengalami cedera pada Februari kembali bermain selama 45 menit dalam pertandingan persahabatan melawan Rumania.

Harry Maguire. (Instagram England Football Team)

Adapun bek Manchester United, Harry Maguire akhirnya bergabung dalam latihan, meski diperkirakan tidak akan fit untuk laga grup Inggris.

Sementara di kubu Kroasia, bek berpengalaman Dejan Lovren masih sedikit diragukan karena cedera. Sehingga Domagoj Vida dan Duje Caleta-Car akan berkerja sama di jantung pertahanan.

Komentar Pelatih

Gareth Southgate tetap memandang tinggi Kroasia. Meski ia percaya kemenangan bakal diraih.

"Mereka adala tim yang sangat berpengalaman, dengan pemain luar biasa, mentalitas hebat, semangat luar biasa, dan dapat beradaptasi secara taktis, jadi mereka benar-benar tantangan besar bagi kami di laga pertama. Tapi kami tahu kami bisa mengalahkan mereka."

Zlatko Dalic. (Twitter @HNS_CFF)

Adapun Zlatko Dalic mengatakan bahwa, "Inggris merupakan salah satu favorit memenangkan Euro. Mereka punya tim yang sangat baik, banyak pemain top, terutama di serangan. Kami harus menghentikan mereka dan itu tidak mudah, terutama di Wembley".

"Tujuan pertama dan utama kami adalah lolos dari babak penyisihan grup. Kami harus berpikir selangkah demi selangkah, tapi saya tidak melihat jauh saat ini. Pertama, kami harus melakukan segalanya untuk mencapai fase knockout."

Baca Juga:

Merih Demiral dan Sederet Gol Bunuh Diri yang Terjadi di Piala Eropa

Piala Eropa 2020: Timnas Belgia Tak Nyaman dengan Status Unggulan

Head to Head

18 November 2018: Inggris 2-1 Kroasia (UEFA Nations League)

12 Oktober 2018: Kroasia 0-0 Inggris (UEFA Nations League)

11 Juli 2018: Kroasia 2-1 Inggris – FIFA World Cup semifinals)

9 September 2009: Inggris 5-1 Kroasia (FIFA World Cup qualifying)

10 September 2008: Kroasia 1-4 Inggris (FIFA World Cup qualifying)

Prakiraan Susunan Pemain

Inggris: Pickford; Walker, Stones, Mings, Shaw; Rice, Phillips; Sterling, Mount, Grealish; Kane

Kroasia: Livakovic; Vrsaljko, Vida, Caleta-Car, Barisic; Kovacic, Brozovic, Modric; Rebic, Petkovic, Perisic

Prediksi BolaSkor: Inggris 55-45 Kroasia