BolaSkor.com - Timnas Inggris akan memainkan laga kedua grup D Piala Eropa 2020 melawan sesama negara Britania Raya, Skotlandia di Wembley pada Sabtu (19/06) pukul 02.00 dini hari WIB. Keduanya merupakan rival klasik di Britania Raya.

Inggris lebih superior dengan kualitas individu yang mereka miliki serta liga yang lebih kompetitif, tetapi duel keduanya selalu seru dinanti. Di masa lalu pertemuan Inggris dan Skotlandia berlangsung sengit dengan kecepatan tinggi.

Wajar, kick and rush masih menjadi 'kiblat' bagi kedua negara di masa lalu dengan mengandalkan permainan cepat, mengandalkan serangan sayap, serta bola lambung ke depan. Kini di sepak bola modern situasinya tak lagi sama.

Gareth Southgate membawa taktik modern untuk Inggris yang juga fokus pada keseimbangan bertahan dan cenderung berhati-hati kala membangun serangan. Kualitas individu acapkali jadi pembeda.

Baca Juga:

Inggris Tantang Skotlandia, Harry Maguire Klaim Siap Tampil

Buah Simalakama Jack Grealish di Timnas Inggris

Meski Hanya Jadi Pelapis Kane, Calvert-Lewin Sedia Setiap Saat untuk Inggris

Gareth Southgate

Sedangkan Skotlandia arahan Steve Clarke, apabila melihat dari pertandingan pertama melawan Republik Ceko, bermain cepat, berenerji, serangan aktif di sisi sayap, dan masih mengandalkan kick and rush. Hanya saja tidak dibarengi efisiensi mencetak gol.

Rekor pertemuan pun berpihak kepada Inggris. Pertandingan nanti akan jadi bentrok ke-115 antara Inggris dan Skotlandia (ke-100 di laga kompetitif). Akan tapi pertemuan mereka di turnamen besar terakhir kali terjadi pada fase grup Piala Eropa 1996.

Skotlandia hanya sekali menang dari 11 laga terakhir melawan Inggris (dua kali imbang dan delapan kali kalah). Kemenangan terakhir itu diraih pada 1999 (1-0 dari gol Don Hutchison). Di Wembley Inggris juga menang 18 kali dari 32 laga atas Skotlandia.

Kabar Tim

Jack Grealish dan Harry Maguire dikabarkan telah pulih dari cedera hingga keduanya punya peluang bermain di dua laga tersisa fase grup. Kabar kepulihan keduanya menjadi kabar baik untuk Gareth Southgate.

Inggris punya kedalaman skuad bagus dan kembalinya Grealish serta Maguire akan menambah ketat persaingan sehat dalam skuad Inggris.

Sementara itu dari Skotlandia kabarnya bek kiri Arsenal, Kieran Tierney sudah pulih dari cedera dan dapat menjadi opsi untuk dimainkan Steve Clarke. Kendati menjadi opsi, sisi kiri pertahanan Skotlandia sudah memiliki Andrew Robertson.

Komentar

Steve Clarke tahu betapa pentingnya laga melawan Inggris baik itu dari segi rivalitas atau kepentingan meraih poin, setelah Skotlandia kalah 0-2 dari Republik Ceko. Clarke berharap timnya dapat memulai laga dengan cepat dan mengontrol bola lebih baik.

"Ini adalah pertandingan dengan banyak makna sejarah. Ini adalah pertandingan yang semua pemain ingin mainkan. Yang harus kami lakukan adalah memastikan kami mempersiapkan diri dengan baik untuk itu," ucap Clarke.

"Akan mudah untuk membuat para pemain siap untuk pertandingan itu. Kami tahu kami membutuhkan hasil dan itulah yang ingin kami lakukan."

"Kami akan mencoba dan memulai laga secepat Inggris. Kami akan mencoba dan melangkah ke depan sedini mungkin; mencoba dan menguasai bola."

"Para pemain akan mencoba dan membuat diri mereka merasa nyaman di lapangan dan jika kami bisa memulai dengan cepat itu akan baik untuk kami."

Steve Clarke dan Gareth Southgate

Sementara Southgate menegaskan arti pentingnya kemenangan kontra Skotlandia untuk memastikan tempat di fase gugur Piala Eropa. Dia juga berharap Inggris dapat memuaskan suporter tuan rumah.

"Kami tahu apa artinya bagi pendukung kami pulang dengan kemenangan besok malam. Kami tahu itu akan membantu memberikan lebih banyak momentum dan antisipasi untuk pertandingan berikutnya, jadi itu benar-benar prioritas utama kami," tambah Southgate.

"Bagi saya, ini selalu tentang menciptakan momen-momen itu untuk para penggemar kami. Ada dua bagian dari pekerjaan sebagai manajer. Salah satunya adalah mendapatkan yang terbaik dari para pemain dan membantu mereka mencapai level maksimal."

"Dan yang kedua adalah untuk ciptakan momen yang dinikmati para penggemar, dan hari-hari mereka pulang untuk merayakannya," urai dia.

Head to Head

Inggris vs Skotlandia

Dalam empat pertemuan terakhir di dua laga kompetitif dan dua laga uji coba, Inggris dominan dengan tiga kemenangan dan satunya lagi berakhir imbang. Keempat pertemuaan itu terjadi dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Skotlandia 2-2 Inggris (Kualifikasi Piala Dunia 2018)
Inggris 3-0 Skotlandia (Kualifikasi Piala Dunia 2018)
Skotlandia 1-3 Inggris (Uji Coba 2014)
Inggris 3-2 Skotlandia (Uji Coba 2013)

Prediksi Susunan Pemain:

Inggris (4-3-3): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Tyrone Mings, Luke Shaw; Kalvin Phillips, Declan Rice, Mason Mount; Raheem Sterling, Harry Kane, Marcus Rashford

Pelatih: Gareth Southgate

Skotlandia (3-5-2): David Marshall; Jack Hendry, Grant Hanley, Kieran Tierney; James Forrest, Scott McTominay, John McGinn, Callum McGregor, Andrew Robertson; Stuart Armstrong; Che Adams

Pelatih: Steve Clarke

Prediksi BolaSkor: Inggris 55-45 Skotlandia

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini