BolaSkor.com - Tim nasional Italia akan menantang Inggris pada laga final Piala Eropa 2020, di Stadion Wembley, Minggu (11/7) waktu setempat atau Senin dini hari WIB. Duel tersebut akan menentukan tim nasional terbaik di Eropa.

Sejatinya, pada awal kompetisi, Italia dan Inggris bukanlah tim yang menempati posisi puncak daftar unggulan pada Piala Eropa 2020. Prancis dan Belgia dianggap lebih berpeluang.

Namun, Italia dan Inggris tampil konsisten sejak babak grup. Italia melibas tiga laga dengan kemenangan. Sementara itu, The Three Lions menuai dua menang dan satu imbang.

Pada babak gugur, Italia menumbangkan Austria, Belgia, dan Spanyol. Pada sisi lain, Inggris menang atas Jerman, Ukraina, dan Denmark.

Kini, kedua tim hanya tinggal selangkah lagi menjadi yang terbaik di Eropa. Italia dan Inggris sama-sama punya alasan kuat menjadi juara.

Bagi Inggris, ini adalah final pertama sejak Piala Dunia 1966. Sementara itu, untuk Italia, ini adalah final ke-10 sepanjang sejarah. Gli Azzurri juga lebih berpengalaman dengan mencapai tiga final Piala Eropa. Hasilnya, Italia juara pada 1968.

Baca Juga:

Deretan Modal Italia Permalukan Inggris di Final

Piala Eropa 2020: Harry Kane Tak Gentar dengan Sejarah Besar Italia

Final Piala Eropa 2020: Ingin Juara? Inggris Wajib Setop Jorginho

Timnas Italia

Kondisi Tim

Dari sisi kesiapan tim, Italia tentunya tidak bisa menampilkan Leonardo Spinazzola. Perjalanan bek AS Roma itu di Piala Eropa telah berakhir usai mendapatkan cedera parah pada laga kontra Belgia.

Namun, Roberto Mancini menemukan alternatif lain untuk mengisi posisi yang ditinggallkan Spinazzola. Pada laga semifinal, Mancini menempatkan Emerson Palmieri pada posisi bek kiri.

Menurut prakiraan, Mancini tidak akan melakukan perubahan dari sisi susunan pemain. Meskipun ketajamannya dipertanyakan, Ciro Immobile diprediksi tetap akan menjadi ujung tombak utama.

Dari kubu seberang, Inggris dalam posisi siap tempur. Pasukan Gareth Southgate diprediksi akan kembali bermain dengan empat bek. John Stones dan Harry Maguire akan menjadi palang pintu di lini pertahanan.

Sementara itu, untuk menggempur pertahan Italia, Inggris diyakini akan mengandalkan kecepatan Raheem Sterling dan Bukayo Saka. Adapun, Harry Kane akan ditempatkan sebagai ujung tombak.

Timnas Inggris

Komentar

Roberto Mancini tak menilai bermain di depan suporter Inggris akan memberikan tekanan untuk anak asuhnya. Mancini justru meminta para pemainnya tampil menekan.

"Ya, kami harus menempatkan Inggris di bawah tekanan. Namun, tentu saja, pertandingan harus dimainkan sampai akhir dan Inggris adalah tim hebat," jelas Mancini.

"Inggris kuat secara fisik dan teknis. Mereka akan bertarung. Kami harus berjuang sampai akhir," sambungnya.

Pada sisi lain, Gareth Southgate menyanjung performa Italia yang menunjukkan grafik meningkat dalam beberapa waktu terakhir. "Italia adalah tim fantastis," tegas Southgate.

"Mereka melakoni 30 pertandingan tanpa terkalahkan. Jadi, itu rekor luar biasa untuk tim bola mana pun."

"Kami sadar mereka punya pelatih sangat berpengalaman. Italia punya pemenang dalam tim. Jadi, ini adalah tantangan fantastis untuk kami. Namun, ini adalah laga yang sangat kami nantikan," ujar sang pelatih.

Prakiraan susunan pemain:

Italia (4-3-3): Donnarumma; Emerson, Chiellini, Bonucci, Di Lorenzo; Barella, Jorginho, Verratti; Insigne, Immobile, Chiesa.

Pelatih: Roberto Mancini.

Inggris (4-2-3-1): Pickford; Shaw, Maguire, Stones, Walker; Rice, Phillips; Sterling, Mount, Saka; Kane.

Pelatih: Gareth Southgate.

Head to head

28-03-2018 Inggris 1-1 Italia (Persahabatan)
01-04-2015 Italia 1-1 Inggris (Persahabatan)
15-06-2014 Inggris 1-2 Italia (Piala Dunia)
16-08-2012 Inggris 2-1 Italia (Persahabatan)
25-06-2012 Inggris 0-0 Italia (Piala Eropa)

Prediksi BolaSkor

Italia 1-1 Inggris

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini