BolaSkor.com - Lima tahun lalu timnas Prancis menjadi tuan rumah Piala Eropa 2016. Perjalanan mereka berjalan baik hingga menembus fase final dan jadi unggulan juara, tetapi sayang di final mereka kalah 0-1 dari Portugal.

Hal itu dapat menjadi pembelajaran bahwa tuan rumah belum tentu menjadi juara meski bermain di depan hadapan suporter. Kendati demikian status tersebut dapat meningkatkan kans mereka juara jika memiliki tradisi besar di sepak bola Eropa.

Pada edisi kali ini ada 11 tuan rumah karena UEFA merayakan 60 tahun Piala Eropa. Turnamen juga seyogyanya berlangsung tahun lalu, namun karena pandemi virus corona maka pesta akbar sepak bola Eropa dimundurkan setahun kemudian.

Baca Juga:

Prediksi Top Skorer Piala Eropa Versi BolaSkor: Lukaku, Kane, atau Lewandowski?

Sederet Fakta Menarik Jelang Laga Pembuka Piala Eropa 2020 Italia Vs Turki

9 Aturan yang Tak Banyak Diketahui di Piala Eropa 2020

Timnas Inggris

Inggris merupakan salah satu tuan rumah dan laga semifinal serta final berlangsung di Wembley. Itu jadi motivasi khusus bagi The Three Lions memenangi titel besar sejak terakhir memenanginya di Piala Dunia 1966.

Selain Inggris masih ada juga tim-tim besar favorit juara lainnya seperti Prancis, Jerman, Spanyol, Italia, dan juara bertahan Portugal. Redaksi BolaSkor.com turut memberikan prediksi mengenai calon juara Piala Eropa 2020:

Johan Kristiandi

"Tadinya sih mau milih Prancis, tapi karena pasaran cari yang lain aja. Oke, buat Piala Eropa kali ini gua jagoin Belgia."

"Alasannya, walaupun generasi emas Belgia masanya udah lewat, tapi masih ada beberapa pemain yang punya kualitas bagus. Bisa dibayangin penyerang tajam kayak Lukaku ditopang umpan-umpan matang dari De Bruyne dan duo Hazard."

"Kenapa milih Belgia juga karena julukannya Mirip Manchester United, Red Devils. Biar gua sukanya Inter, tapi MU tuh tim paling enak buat diomongin."

Yusuf Abdillah

"Kalau lihat bursa taruhan, Inggris menjadi favorit juara. Masuk akal sih karena laga semifinal dan final bakal digelar di Wembley. "Football coming home" lagi sepertinya. Dari skuad, Inggris diisi pemain-pemain yang sudah tak asing lagi."

"Urusan cetak gol ada Harry Kane, top skorer Premier League. Inggris punya pemain muda yang lagi naik daun, Jadon Sancho, Phil Foden, Jude Bellingham, Mason Mount."

"Karena itulah, gue menjagokan Prancis sebagai juara kali ini. Mereka akan melanjutkan sukses di Piala Dunia. Dengan skuad yang hampir sama, Prancis memiliki pasukan lengkap dan dalam di semua lini."

"Kombinasi pemain muda dan pengalaman menjadi salah satu kunci kekuatan. Satu kekuatan Prancis lain adalah lini tengah mereka, yang mayoritas menjadi pilar klub juara di liga masing-masing."

Hadi Febriyansah

"Piala Eropa tahun ini kayaknya milik Timnas Italia deh, gak tau kenapa gua percaya aja."

"Mungkin skuat yang dimiliki sekarang enggak sedalam Timnas Italia pas juara Piala Dunia 2006 lalu, tapi di tangan Roberto Mancini ini gua rasa Timnas Italia bisa balik lagi ke masa jayanya. Terlebih kalo kita liat uji coba dan laga Timnas Italia, 27 laga gak pernah kala coy, makin pede gua jagoin ini tim."

Frengky Aruan

"Gw jagaoin Jerman di Piala Eropa 2020. Jerman punya skuat oke dan kualitas. Mereka bakal tampil garang, apalagi ingin mempersembahkan prestasi terbaik untuk Joachim Low yang bakal cabut."

Tengku Sufiyanto

"Prancis menjadi kandidat juara Piala Eropa 2020. Berstatus Juara Piala Dunia 2018, Les Blues tak mau melepas kesempatan untuk meraih gelar juara Piala Eropa yang lolos dari genggamannya pada tahun 2016 (dikalahhkan Portugal 0-1 di final)."

"Prancis juga didukung dengan kualitas merata di setiap lininya, baik pemain inti atau cadangan. Faktor X dari sang pelatih Didier Deschamps juga tidak perlu diragukan dalam meracik taktik."

"Kembalinya Karim Benzema menjadi kartu AS untuk menompang Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe. Jangan lupa ada pemain yang selalu senyum melulu, N'golo Kante. Kante untuk Ballon d'Or!"

Andhika Putra

"Prediksi soal siapa yang menjadi calon juara selalu penuh perdebatan. Namun, rasanya menjagokan Inggris di setiap turnamen internasional menjadi kewajiban."

"The Three Lions selalu tak pernah memenuhi ekspektasi dalam setiap gelaran Piala Eropa atau pun Piala Dunia, tetapi dari sejak David Beckham masih pakai sarung dan Brylcreem, hati saya selalu untuk Inggris."

Taufik Hidayat

"Piala Eropa merupakan salah satu turnamen yang sarat dengan kejutan. Juaranya Yunani pada edisi 2004 tentu menjadi salah satu yang paling diingat."

"Lahirnya juara baru pada edisi 2020 seperti fenomena Yunani 17 tahun silam bukanlah sesuatu yang mustahil terjadi. Ingat, Inggris yang mengklaim sebagai penemu sepak bola juga belum memiliki trofi Piala Eropa di lemarinya."

"Ini menjadi kesempatan emas bagi Inggris untuk menuntaskan rasa penasarannya. Apalagi mereka memiliki hak sebagai tuan rumah pada babak semifinal dan final. Namun Inggris bukan satu-satunya yang memburu trofi Piala Eropa perdana. Ambisi serupa juga diusung Belgia."

"Dengan status sebagai peringkat satu dunia, tidak ada alasan untuk tak mengunggulkan Belgia. Romelu Lukaku dan kawan-kawan juga lebih matang ketimbang saat merebut peringkat ketiga Piala Dunia 2018."

Arief Hadi

"Italia, Italia, dan Italia. Why Italia? Mentalitas kuat, Roberto Mancini udah punya banyak waktu kembangin skuad, plus absen dari Piala Dunia 2018 jadi cerminan buat Azzurri merefleksikan diri."

"Persaingan di Eropa biasanya lebih ketat ketimbang Piala Dunia, tapi pilihan gua tetap Italia. Apalagi ada potensi kejutan dari Giacomo Raspadori yang menurut gua kayak mau dijadiin 'Michael Owen-nya' Italia nih sama Mancini."