BolaSkor.com - Juventus akan menjamu Ajax Amsterdam di Allianz Stadium pada leg dua perempat final Liga Champions, Rabu (17/4) pukul 02.00 dini hari WIB. Megabintang Bianconeri, Cristiano Ronaldo, telah siap beraksi kembali.

Ronaldo salah satu pemain yang diistirahatkan Massimiliano Allegri akhir pekan lalu, kala Juve kalah 1-2 dari SPAL di Serie A. Kini, pemain berusia 34 tahun dalam kondisi prima untuk mencetak gol kesembilannya ke gawang Ajax.

Pemain asal Portugal itu telah mencetak total delapan gol ke gawang Ajax di Liga Champions. 51 persen dari total golnya di Liga Champions juga tercipta di fase gugur (64 gol dari 125 gol). Catatan itu jelas jadi peringatan untuk lini belakang Ajax.

Baca Juga:

Matthijs De Ligt Sanjung Ketajaman Cristiano Ronaldo di Kotak Penalti

Cetak Gol ke-125, Cristiano Ronaldo Jaga Standar Tertinggi di Liga Champions

Fabio Capello Sebut Dua Favorit Menangi Liga Champions 2018-2019

Erik ten Hag

"Juventus favorit, khususnya setelah hasil di Amsterdam. Jika kami bermain baik, kami bisa melalui seluruh tantangan. Saya percaya diri karena cara kami berlatih dan bermain," ucap Erik ten Hag, pelatih Ajax.

"Kami harus meningkatkan rencana taktik, meskipun kami tidak akan menginstruksikan satu pemain untuk menjaga Cristiano Ronaldo," lanjutnya.

Jika Juventus asuhan Massimiliano Allegri memiliki Ronaldo, maka Ajax punya Dusan Tadic yang telah terlibat langsung dari 53 persen 17 gol Ajax di Liga Champions musim ini (enam gol dan tiga assists).

Datang dari Southampton di awal musim, Tadic sukses berkembang di bawah polesan Ten Hag dan menjadi striker yang berbahaya, meski posisi aslinya penyerang sayap. Tadic, bersama David Neres dan Hakim Ziyech, akan menguji pertahanan Juve yang mungkin bermain tanpa Giorgio Chiellini karena cedera.

Bermodalkan satu gol tandang dari agregat gol 1-1, Allegri ingin Juve lebih efisien dalam mengonversi peluang menjadi gol. Dia juga menjadikan laga melawan Atletico Madrid di 16 besar sebagai inspirasi. Tertinggal 0-2 dari leg pertama, Juve berbalik menang 3-0 di leg kedua yang berlangsung di Turin.

Massimiliano Allegri

"Hasil dari leg satu tidak berarti apapun. Ini satu laga dan kami harus bermain dengan karakter yang sama seperti saat melawan Atletico Madrid. Kami harus sangat respek untuk Ajax dari sisi bertahan dan harus efisien bermain," tegas Allegri.

Bahaya Juve bisa hadir dari berbagai arah, namun, Ronaldo akan menjadi sorotan khusus pertahanan Ajax setelah mencetak gol di leg pertama. Matthijs de Ligt, bek tengah Ajax, akan memiliki kewaspadaan ekstra menjaganya.

Cristiano Ronaldo dan Matthijs de Ligt

"Ronaldo predator di dalam kotak penalti. Dia melihat peluang, hanya ruang yang kecil, dan dia bisa tiba-tiba bergerak cepat," ucap De Ligt selepas menghadapi Ronaldo di leg pertama di Johan Cruyff Arena.

Andai De Ligt bisa meminimalisir ancaman dari Ronaldo, yang menorehkan hat-trick gol ke gawang Atletico sebelumnya, maka Ajax sudah mengurangi hampir 50 persen kekuatan Juventus.