BolaSkor.com - Duel ketat akan tersaji pada babak 16 besar Piala Eropa 2020 saat Kroasia bertemu Spanyol di Parken Stadium, Senin (28/6) pukul 23.00 WIB. Kedua tim memang memiliki kekuatan yang seimbang.

Kroasia dan Spanyol sama-sama melaju ke babak 16 besar dengan status runner up grup. Mereka memang masih mencari bentuk permainan terbaiknya.

Label sebagai finalis Piala Dunia 2018 membuat Kroasia tak perlu minder di hadapan Spanyol. Meskipun sang calon lawan lebih punya tradisi di Piala Eropa dengan mengoleksi tiga gelar juara.

Baca Juga:

Ivan Perisic Positif COVID-19 Jelang Laga Kroasia Vs Spanyol

Melempem di Timnas Spanyol, Alvaro Morata Dapat Ancaman Mengerikan

Spanyol Lakoni Laga Hidup Mati, Luis Enrique Harap-harap Cemas

Kroasia vs Spanyol

Kroasia mengawali turnamen dengan hanya hanya meraih satu poin dari dua laga. Beruntung Vatreni bangkit di laga terakhir fase grup untuk menyegel satu tiket ke fase gugur.

Sementara langkah Spanyol juga tak lebih baik. La Furia Roja seperti kehilangan naluri membunuh pada dua laga perdana dengan hanya mencetak satu gol meski mendominasi pertandingan.

Namun ketajaman Spanyol akhirnya terlihat pada laga terakhir. Alvaro Morata dan kawan-kawan sukses mencetak lima gol ke gawang Slovakia.

Hasil tersebut membuat Spanyol lebih siap menatap laga kontra Kroasia. Laga ini juga menjadi pembuktian naluri membunuh Tim Matador sudah benar-benar kembali.

Kondisi Tim

Kekuatan Kroasia dipastikan pincang dalam laga ini. Finalis Piala Dunia 2018 tersebut tidak akan diperkuat salah satu pemain kuncinya, Ivan Perisic.

Perisic harus menjalani karantina mandiri setelah terinfeksi virus corona. Padahal winger Inter Milan itu salah satu sumber gol utama Kroasia di Piala Eropa 2020.

Sebaliknya, Spanyol akan tampil dengan kekuatan terbaiknya. Seluruh pemain dalam kondisi fit dan tidak ada yang cedera.

Kemenangan telak pada laga terakhir fase grup juga menambah rasa percaya diri Spanyol. Naluri membunuh mereka telah kembali.

Komentar Pelatih

Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic optimis mampu mengalahkan Spanyol. Ia sudah menyiapkan rencana yang matang untuk mewujudkan hal tersebut.

Kami menghormati Spanyol, tapi mereka juga tahu bahwa kami adalah tim yang berkualitas dan mereka tidak senang bermain melawan kami. Kami harus termotivasi penuh karena tujuan kami adalah untuk mencapai perempat final," kata Dalic pada sesi jumpa pers jelang laga.

Perasaan yang sama juga dimiliki pelatih Spanyol, Luis Enrique. Ia yakin kedua tim punya peluang yang sama besar untuk memenangi pertandingan.

"Kroasia adalah tim yang kami kenal baik karena kerap bertemu sejak saya pertama kali melatih Spanyol. Mereka juga memiliki pelatih yang sama jadi kami semua saling mengenal dengan baik," kata Enrique.

Head to head

16-11-2018 Kroasia 3-2 Spanyol (Nations League)
12-09-2018 Spanyol 6-0 Kroasia (Nations League)
22-06-2016 Kroasia 2-1 Spanyol (Piala Eropa)
19-06-2012 Kroasia 0-1 Spanyol (Piala Eropa)
08-06-2006 Kroasia 1-2 Spanyol (Uji Coba)


Prakiraan Susunan Pemain

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic; Josko Gvardiol, Domagoj Vida, Duje ?aleta-Car, Sime Vrsaljko; Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic, Luka Modric; Nikola Vlasic, Bruno Petkovic, Ante Rebic.

Pelatih: Zlatko Dalic.

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Jordi Alba, Pau Torres, Aymeric Laporte, Cesar Azpilicueta; Sergio Busquets, Koke, Pedri; Gerard Moreno, Pablo Sarabia, Alvaro Morata.

Pelatih: Luis Enrique.

Prediksi BolaSkor.com

Kroasia 1-0 Spanyol

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini