Prediksi Liverpool Vs Flamengo: The Reds Jaga Dominasi Benua Biru

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 21 Desember 2019
Prediksi Liverpool Vs Flamengo: The Reds Jaga Dominasi Benua Biru
Piala Dunia Antarklub FIFA (fifa.com)

BolaSkor.com - Liverpool akan ditantang klub Brasil Flamengo pada final Piala Dunia Antarklub 2019 di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar, Minggu (22/12) 00.30 WIB.

Sebagai wakil dari Eropa, Liverpool berpeluang melanjutkan dominasi di ajang ini. The Reds melaju ke final setelah di semifinal menang tipis 2-1 atas klub Meksiko, Monterrey. Liverpool memastikan tiket berkat gol telat Roberto Firmino.

Baca Juga:

Resmi Gabung Liverpool, Takumi Minamino Targetkan Gelar Premier League dan Liga Champions

Kisah di Balik Perburuan Takumi Minamino, Manchester United Tidak Tahu Adanya Klausul Pelepasan Murah

3 Alasan Takumi Minamino Pilihan yang Klop untuk Jurgen Klopp

Wakil Benua Biru Eropa memang mendominasi ajang ini dalam enam edisi teranyar. Klub terakhir dari luar Eropa yang mampu merengkuh gelar juara adalah Corinthians pada 2012 setelah mengalahkan Chelsea.

Namun tidak akan mudah bagi Liverpool untuk menjaga dominasi Eropa. Terlebih jika melihat performa mereka di semifinal kemarin. Apalagi Liverpool memiliki memori buruk saat terakhir kali tampil di ajang ini ketika mereka ditumbangkan oleh wakil Brasil lain, Sao Paolo pada 2005.

Akan tetapi, hasil di semifinal juga menjadi bukti bahwa Liverpool saat ini sudah berbeda. Mereka selalu bisa mendapatkan hasil positif meski tampil minor. Tim asuhan Liverpool selalu mendapatkan jalan untuk meraih kemenangan meski sepanjang laga tampil buruk. Bahkan beberapa kali mereka meraih kemenangan itu di pengujung laga.

Ambisi untuk pertama kali meraih trofi di ajang ini juga menjadi tambahan motivasi buat Mohamed Salah dan kawan-kawan. "Kami ingin meraih kemenangan. Semoga kami bisa melakukannya akhir pekan ini. Kami memiliki lawan yang tangguh sepanjang pekan ini. Laga ini sulit, namun kami akan mengatasinya dan menang lagi," ujar kapten Jordan Henderson di laman resmi klub.

Di lain pihak, ini merupakan kesempatan pertama Flamengo tampil di Piala Dunia Antarklub. Mereka lolos ke final setelah menang 3-1 atas Al Hilal.

Meski dalam beberapa tahun terakhir klub Eropa mendominasi, jika ada yang bisa mematahkannya itu adalah Flamengo. Pasalnya klub asuhan Jorge Jesus ini dihuni beberapa pemain tangguh seperti Filipe Luis, yang pernah memperkuat Atletico Madrid dan penyerang yang tengah naik daun Gabriel 'Gabigol" Barbosa.

Jika berhasil membekap Liverpool, Flamengo akan menjadi klub Brasil keempat yang membawa pulang trofi. Flamengo akan mengikuti jejak Corinthians, pada 2000 dan 2012), Sao Paulo (2005), dan Internacional (2006).


Faktor Van Dijk

Pada semifinal, Liverpool menampilkan formasi berbeda, salah satunya dengan menurunkan Jordan Henderson sebagai bek tengah menggantikan Virgil van Dijk yang tidak fit. Alhasil, Liverpool tampil minor.

Bukan rahasia lagi, Liverpool sangat mengandalkan Van Dijk di jantung pertahanan. Adanya bek asal Belanda menghadirkan keamanan dan ketenangan lini belakang The Reds. Semua itu hilang tanpa Van Dijk.

Karena itulah Liverpool berharap Van Dijk sudah bisa dimainkan. Apalagi kini mereka akan menghadapi penyerang seperti Gabigol.

Beruntung bagi Liverpool karena mereka memiliki barisan serang tangguh. Trio Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane menjadi garansi bahaya bagi pertahanan Flamengo.

Melihat cara bermain dari kedua kubu, laga nanti Liverpool akan tampil seperti biasa dengan mencoba melakukan tekanan di area lawan dan langsung menyerang ketika bola berhasil direbut. Hal ini akan menarik jika Flamengo memilih bermain menunggu.

Sepanjang sejarah kedua tim baru sekali bertemu, yaitu pada 1981. Saat itu Flamengo menang telak 3-0.


Perkiraan Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; James Milner, Jordan Henderson, Alex Oxlade Chamberlain; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

Flamengo (4-2-3-1): Diego Alves; Rafinha, Rodrigo Caio, Pablo Mari, Filipe Luis; Willian Arao, Gerson; Everton Ribeiro, Giorgian de Arrascaeta, Bruno Henrique; Gabriel Barbosa.

Lima Laga Terakhir Liverpool
07/12/19 Bournemouth 0 - 3 Liverpool
11/12/19 FC Salzbourg 0 - 2 Liverpool
14/12/19 Liverpool 2 - 0 Watford
18/12/19 Aston Villa 5 - 0 Liverpool
19/12/19 Monterrey 1 - 2 Liverpool FC

Lima Laga Terakhir Flamengo
28/11/19 Flamengo 4 - 1 Ceara
02/12/19 Palmeiras 1 - 3 Flamengo
06/12/19 Flamengo 6 - 1 Avai
09/12/19 Santos 4 - 0 Flamengo
18/12/19 Flamengo 3 - 1 Al Hilal

Pertemuan Terakhir
13/12/1981 Flamengo 3-0 Liverpool

Piala dunia antarklub Piala Dunia Antar Klub Liverpool Prediksi
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.070

Bagikan