BolaSkor.com - Liverpool akan menjamu Leeds United di Anfield pada laga perdana Premier League 2020-2021, Sabtu (12/9) pukul 23.30 WIB. Tajuk pertandingan ini adalah duel dua juara.

Liverpool jelas merupakan juara Premier League musim lalu. Sementara Leeds berstatus juara Championship sehingga mendapatkan tiket promosi.

Selain itu, laga ini juga menjadi ajang adu taktik dua manajer kelas dunia. Jurgen Klopp yang dikenal dengan filosofi Gegenpressing akan ditantang Marcelo Bielsa dengan sepak bola gilanya.

Baca Juga:

7 Statistik Menarik Jelang Derby London Fulham versus Arsenal

10 Fakta Jelang Duel Liverpool Melawan Leeds United di Anfield

Duit Masih Banyak, Chelsea Persiapkan Dana Transfer Declan Rice

Anfield

Di atas kertas, Liverpool tentu lebih diunggulkan memenangi pertandingan. Selain lebih berpengalaman tampil di Premier League, materi pemain yang dimiliki The Reds juga lebih merata.

Sementara bagi Leeds, laga kontra Liverpool merupakan kali pertama mereka bertanding di panggung Premier League dalam 16 tahun terakhir. Sebuah masa penantian yang cukup panjang.

Meski begitu, Klopp enggan meremehkan Leeds. Sosok Bielsa menjadi alasan utamanya.

"Leeds adalah tim baru di Premier League. Namun ini tim Premier League dengan manajer kelas dunia dan ide sepak bola yang sangat intens," kata Klopp di situs resmi klub.

Bielsa memang sukses mengangkat level permainan Leeds. Aapalagi kekuatan The Whites akan semakin kuat karena mendatangkan sejumlah pemain seperti Rodrigo dan Robin Koch.

Namun manajer berkebangsaan Argentina itu mencoba realistis. Ia mengakui Liverpool merupakan lawan yang akan sulit untuk dikalahkan.

"Mereka (Liverpool) adalah juara Liga Inggris, di mana mereka punya gaya bermain yang konsisten, Saya rasa tidak diragukan lagi mereka adalah salah satu tim terbaik di dunia," kata Bielsa.

"Mereka menjadi juara di Liga terbaik di dunia dan itu menuntut mereka bermain di level tertinggi secara konsisten."

Dari rekor pertemuan, Liverpool cukup superior atas Leeds. Dari 110 pertemuan, tim sekota Everton itu mampu mengemas 51 kemenangan, 31 imbang, dan 28 kali kalah.

Liverpool juga mampu meraih kemenangan pada pertemuan terakhir kedua tim di Anfield. Momen itu terjadi pada November 2016 saat dua gol Divock Origi dan Ben Woodburn menyingkirkan Leeds dari ajang Piala Liga.

Laga Liverpool kontra Leeds diprediksi akan berlangsung dalam tempo tinggi karena kedua manajer menerapkan sepak bola menyerang dengan pressing tinggi. Daya tahan dan stamina nampaknya akan menjadi penentu hasil pertandingan.


Prakiraan susunan pemain:

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Naby Keita, Fabinho, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

Manajer: Jurgen Klopp.

Leeds United (4-5-1): Illan Meslier; Luke Ayling, Robin Koch, Liam Cooper, Stuart Dallas; Helder Costa, Mateusz Klich, Kalvin Philipps, Pablo Hernandez, Jack Harrison; Rodrigo Moreno.

Manajer: Marcelo Bielsa.

Head to head

30-11-2016 Liverpool 2-0 Leeds (Piala Liga)
23-09-2009 Leeds 0-1 Liverpool (Piala Liga)
29-02-2004 Leeds 2-2 Liverpool (Premier League)
25-10-2003 Liverpool 3-1 Leeds (Premier League)
23-03-2003 Liverpool 3-1 Leeds (Premier League)

Prediksi BolaSkor.com

Liverpool 55-45 Leeds United