BolaSkor.com - Liverpool hanya punya satu misi saat menjamu Real Madrid pada leg kedua perempat final Liga Champions 2020-2021. The Reds akan berusaha mengulang memori manis tahun 2009 silam saat berjumpa lawan yang sama.

Liverpool memang dalam posisi terjepit jelang menjamu Madrid di Anfield, Kamis (15/4) pukul 02.00 dini hari WIB. Tim asuhan Jurgen Klopp tersebut harus menang dua gol tanpa balas untuk melaju ke semifinal.

Hal itu tak lepas dari performa buruk yang ditunjukkan Sadio Mane dan kawan-kawan pada pertemuan pertama, pekan lalu. Liverpool harus mengakui keunggulan Madrid dengan skor 1-3.

Baca Juga:

3 Pilihan Taktik atau Cara Liverpool untuk Redam Real Madrid

5 Comeback Terbaik Liverpool di Anfield

Lawan Liverpool di Anfield, Real Madrid Terancam Tanpa Lima Pilar

Liverpool vs Real Madrid

Menang dengan dua gol tanpa balas tentu tidak mustahil dilakukan. Pada 2009 silam, Liverpool bahkan mampu mengalahkan Madrid dengan skor 4-0 di babak 16 besar.

Kenangan manis itu menjadi tambahan motivasi bagi skuat Liverpool yang sekarang untuk melakukan hal serupa. Bedanya kali ini mereka tidak akan mendapat dukungan penuh dari para suporternya.

Namun Madrid tidak akan begitu saja membiarkan kenangan buruk tersebut terulang. Apalagi Los Blancos hanya butuh hasil imbang atau kalah dengan selisih satu gol untuk mengamankan tempatnya di semifinal.

Madrid memang tidak bisa memainkan sejumlah pemain kuncinya dalam pertandingan nanti. Namun hal itu harusnya bisa diantisipasi oleh sang pelatih, Zinedine Zidane.

Apalagi Madrid juga mendapat tambahan motivasi usai mengalahkan Barcelona pada El Clasico. Rasa percaya diri Casemiro dan kawan-kawan pasti kini tengah meninggi.

Kabar Tim

Selain krisis bek tengah yang sudah berlangsung hampir separuh musim, Liverpool praktis bisa memainkan para pemain terbaiknya dalam laga ini. Trio Mohamed Salah, Sadio mane, dan Diogo Jota tampaknya akan kembali diandalkan untuk mengejar defisit gol.

Sementara Madrid datang dengan kondisi pincang. Zidane dipastikan tidak bisa memainkan lima pemain kuncinya sekaligus yaitu Sergio Ramos, Raphael Varane, Lucas Vazquez, Dani Carvajal, dan Eden Hazard.

Ramos baru saja diumumkan terinfeksi virus corona. Sementara empat lainnya tak dibawa karena masih berkutat dengan cedera.

Komentar Pelatih

Semangat untuk bangkit ditegaskan oleh juru taktik Liverpool, Jurgen Klopp. Ia memastikan anak-anak asuhnya akan tampil habis-habisan untuk meraih kemenangan.

"Ketika tertinggal 3-1, sepertinya kami sudah tersingkir. Namun kami akan mencoba untuk berjuang karena itulah tugas yang harus kami lakukan," kata Klopp pada sesi jumpa pers jelang laga.

Kami tidak dapat melakukan comeback begitu saja terutama karena tidak ada penonton. Kami harus menciptakan atmosfer kami sendiri lagi."

Sementara itu, Madrid juga tak kalah gertak. Zidane memastikan tim asuhannya tidak akan tampil bertahan dalam laga nanti.

"Kami tahu pertandingan seperti apa yang akan kami hadapi. Saya yakin ini sulit, tapi kami akan terus melakukan apa yang telah kami lakukan," kata Zidane.

"Kami tidak akan sekadar mempertahakan kedudukan. Ketika Real Madrid turun ke lapangan, kami melakukannya untuk menang."

Head to Head

Dalam lima pertemuan terakhir kedua tim di Liga Champions, Madrid terlihat lebih superior. Klub ibu kota Spanyol itu memenangi empat laga, sedangkan Liverpool hanya sekali yang terjadi 12 tahun silam.

Lima pertemuan terakhir kedua tim
06-04-2021 Real Madrid 3-1 Liverpool (Liga Champions)
27-05-2018 Real Madrid 3-1 Liverpool (Liga Champions)
05-11-2014 Real Madrid 1-0 Liverpool (Liga Champions)
23-10-2014 Liverpool 0-3 Real Madrid (Liga Champions)
11-03-2009 Liverpool 4-0 Real Madrid (Liga Champions)

Prediksi dan Prakiraan Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Andrew Robertson, Ozan Kabak, Nathaniel Phillips, Trent Alexander-Arnold; Fabinho, Georginio Wijnaldum, Thiago Alcantara; Sadio Mane, Diogo Jota, Mohamed Salah.

Pelatih: Jurgen Klopp.

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Ferland Mendy, Nacho, Alvaro Odriozola, Marcelo; Casemiro, Luka Modric, Toni Kroos; Marco Asensio, Vinicius Junior, Karim Benzema.

Pelatih: Zinedine Zidane.

Prediksi BolaSkor.com: Liverpool 2-0 Real Madrid