BolaSkor.com - Liverpool akan melawan Real Madrid di final Liga Champions yang dihelat di Stade de France, Prancis, Minggu (29/05) pukul 02.00 dini hari WIB. Laga ini diwarnai aroma balas dendam The Reds.

Empat tahun lalu di Ukraina, Liverpool kalah 1-3 di final melawan Real Madrid dari gol Karim Benzema dan dua gol Gareth Bale. Berbicara mengenai final, Liverpool dan Madrid sudah tiga kali bertemu di final.

Hasilnya sama kuat 1-1 dengan kemenangan Liverpool pada 1981 (1-0), lalu kemenangan Madrid pada 2018 (3-1). Pertemuan nanti juga jadi yang kesembilan di antara kedua tim dengan catatan: lima kekalahan Liverpool, sekali imbang, dan tiga kemenangan Liverpool.

Baca Juga:

Jadwal Siaran Langsung Final Liga Champions: Liverpool Vs Real Madrid Live Televisi Nasional

Diogo Jota, Ubah Keraguan dengan Pencapaian Final Liga Champions

Usung Misi Balas Dendam ke Madrid, Mo Salah Dapat Pesan dari Carvajal

Laga nanti semakin menarik juga karena Liverpool memburu trofi Eropa ketujuh dan bisa mengakhiri musim dengan treble winners, sementara Madrid membidik titel Eropa ke-14 dan berpeluang menutup musim dengan double winners.

Kabar Tim

Menilik catatan dari WhoScored, Liverpool punya satu pemain absen yakni Divock Origi. Sementara kondisi Thiago Alcantara, Fabinho, dan Joe Gomez diragukan bermain meski ketiganya sudah berlatih di tim utama.

Dari Madrid kondisi David Alaba dan Gareth Bale diragukan bermain plus Miguel Gutierrez cedera. Selain mereka Carlo Ancelotti masih dapat menurunkan pemain-pemain terbaik Madrid.

Komentar

Jurgen Klopp terlebih dahulu melihat perjalanan hebat Liverpool musim ini dengan memenangi Piala FA dan Piala Liga. Klopp juga memberikan respeknya kepada Madrid dengan pengalaman besar mereka di Eropa.

"Luar biasa, masif - rasanya seperti yang pertama karena selalu begitu istimewa. Suasananya bagus. Kami sangat senang berada di sini sekarang dan merasakan stadion dan acaranya. Sejarah akan memberi tahu kami apa kata orang tentang kami, tapi saya sangat bangga dengan apa yang telah kami lakukan sejauh ini," tutur Klopp.

"Mereka (Madrid) adalah klub yang paling berprestasi di kompetisi ini. Beberapa pemain mereka bisa memenangkannya untuk kelima kalinya dan manajer bisa memenangkannya untuk keempat kalinya."

"Kami tidak bisa membeli pengalaman itu, tapi kami di sini untuk yang ketiga kalinya. waktu dalam lima tahun – itu istimewa. Kami tidak memikirkan bagaimana rasanya menang. Menjadi 'kami' di level tertinggi akan sangat keren."

Sementara Ancelotti menilai timnya layak mencapai final setelah jatuh bangun bermain di fase gugur. Ancelotti juga mengenang final 2005 kala melatih Milan dan kalah dramatis dari Liverpool.

“Saya memiliki kenangan indah dari final yang pernah saya ikuti. Saya kalah melawan Liverpool pada 2005 dan ironisnya itu mungkin penampilan terbaik yang pernah diberikan salah satu tim saya di final!" tambah Ancelotti.

"Kami punya waktu untuk bersiap, kami siap. Di saat yang baik, kami akan memberikan yang terbaik – kami akan melihat apakah itu cukup untuk memenangkan pertandingan, karena terkadang dalam sepak bola hal-hal dapat terjadi di luar kendali Anda.”

“Kami pantas mencapai final karena kualitas kami. Jika Anda tidak memiliki ini, maka Anda tidak akan mencapai final. Tetapi kualitas dan bakat saja tidak cukup. Anda perlu membuat tim, memastikan mereka semua membelinya."

Head to Head

Termasuk final Liga Champions 2018, Real Madrid unbeaten dalam lima pertemuan terakhir melawan Liverpool.

Liverpool 0-0 Real Madrid (Liga Champions 2021)
Real Madrid 3-1 Liverpool (Liga Champions 2021)
Real Madrid 3-1 Liverpool (Liga Champions 2018)
Real Madrid 1-0 Liverpool (Liga Champions 2014)
Liverpool 0-3 Real Madrid (Liga Champions 2014)

Prediksi dan Prakiraan Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Ibrahima Konate, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Jordan Henderson, Fabinho, Nay Keita; Mohamed Salah, Sadio Mane, Luis Diaz

Pelatih: Jurgen Klopp

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Eder Militao, David Alaba, Ferland Mendy; Toni Kroos, Casemiro, Luka Modri?; Federico Valverde, Karim Benzema, Vinicius Junior

Pelatih: Carlo Ancelotti

Prediksi BolaSkor: Real Madrid 50-50 Liverpool