BolaSkor.com - Tim Nasional Belanda akan menjamu Makedonia Utara pada laga terakhir grup C Piala Eropa 2020. Gengsi menjadi satu-satunya yang dipertaruhkan dalam pertandingan ini.

Belanda memang sudah memastikan diri melaju ke babak 16 besar. Itu setelah Memphis Depay dan kawan-kawan menyapu bersih dua laga perdana dengan kemenangan.

Tim asuhan Frank de Boer bahkan sudah tak mungkin tergusur dari puncak klasemen. Laga kontra Makedonia Utara seperti menjadi formalitas belaka.

Baca Juga:

Taktik Frank de Boer di Timnas Belanda Terus Dipertanyakan

Bintang Laga Belanda Vs Austria: Denzel Dumfries Menjaga Tradisi Bek Sayap

Hasil Laga Grup B-C Piala Eropa 2020: Belgia dan Belanda Lolos ke Fase Gugur

Persiapan Timnas Belanda

Apalagi Makedonia Utara juga sudah tak memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar. Meskipun nantinya Goran Pandev dan kawan-kawan mampu mengalahkan Belanda.

Namun kondisi ini bisa membuat Makedonia Utara tampil lepas dan tanpa beban. Tim asuhan Igor Angelovski pasti ingin mengakhiri kiprahnya di Piala Eropa 2020 dengan kesan yang baik.

Belanda tentu harus mewaspadai kejutan yang bisa ditimbulkan Makedonia Utara. Hasil minor dalam pertandingan ini bisa mempengaruhi kondisi mental mereka kala bertarung di fase gugur nanti.

Kondisi Tim

Dari dua laga terakhir, Makedonia Utara selalu tampil dengan formasi 5-3-2. Skema serupa hampir pasti akan kembali diterapkan dengan menempatkan duet Goran Pandev dan Elif Elmas sebagai ujung tombak.

Sementara Belanda kemungkinan besar akan tampil dengan sejumlah pemain pelapis. Rotasi pemain memang sangat mungkin dilakukan Frank de Boer karena mereka sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar.

Nama-nama seperti Nathan Ake, Luuk de Jong, hingga Davy Klaassen mungkin akan tampil sebagai starter. Namun kekuatan Belanda diprediksi tidak akan jauh berkurang.

Komentar Pelatih

Frank de Boer berjanji tetap menatap pertandingan ini dengan serius. Ia tak mau ritme yang sudah dibangun menjadi menurun karena tampil setengah hati kontra Makedonia Utara.

“Tentu saja tekanannya berbeda karena kami tahu kami telah lolos, dan kami bahkan tahu rute ke final. Namun tugas kami adalah memberikan instruksi terbaik kepada para pemain, sehingga permainan ini memiliki pengaruh pada pertandingan berikutnya," kata De Boer.

Sementara Igor Angelovski di kubu Makedonia Utara menjanjikan perlawanan sengit kepada Belanda. Ia ingin anak-anak asuhnya tampil lebih baik ketimbang saat takluk dari Ukraina pada laga terakhir.

"Kami akan memberikan segalanya melawan Belanda. Mungkin saya akan memulai dengan formasi yang sama seperti di babak kedua melawan Ukraina," kata Angelovski.

Head to head

02-04-2009 Belanda 4-0 Makedonia (Kualifikasi Piala Dunia)
11-09-2008 Makedonia 1-2 Belanda (Kualifikasi Piala Dunia)
13-10-2005 Belanda 0-0 Makedonia (Kualifikasi Piala Dunia)
10-10-2004 Makedonia 2-2 Belanda (Kualifikasi Piala Dunia)

Prakiraan susunan pemain

Makedonia Utara (3-5-2): Stole Dimitrievski; Darko Velovski, Visar Musliu, Stefan Ristovski; Ezgjan Alioski, Eljif Elmas, Arijan Ademi, Enis Bardhi, Boban Nikolov; Aleksandar Trajkovski, Goran Pandev.

Pelatih: Igor Angelovski.

Belanda (3-5-2): Maarten Stekelenburg, Matthijs de Ligt, Stefan de Vrij, Daley Blind, Denzel Dumfries, Marten de Roon, Georginio Wijnaldum, Frenkie de Jong, Patrick van Aanholt, Wout Weghorst, Memphis Depay.

Pelatih: Frank de Boer.

Prediksi BolaSkor.com

Makedonia Utara 0-2 Belanda

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini