BolaSkor.com - Nasib titel Premier League bukan di tangan Liverpool melainkan sang juara bertahan, Manchester City. Ya, mereka menentukan nasib sendiri kala menjamu Aston Villa di Etihad Stadium, Minggu (22/05) pukul 22.00 WIB.

Manchester City memuncaki klasemen dengan 90 poin dari 37 laga diikuti Liverpool dengan 89 poin. Liverpool melawan Wolverhampton Wanderers di laga terakhirnya. Seperti Villa, Wolves juga tak lagi punya target khusus.

Nasib di tangan City dan seyogyanya tak ada kejutan besar terjadi mengingat Premier League satu-satunya fokus City saat ini. Terlebih, Pep Guardiola punya rekor bagus di laga terakhir liga di mana City menang lima kali di laga terakhir liga di bawah arahannya - rekor 100 persen terbaik manajer mana pun dalam sejarah kompetisi.

Baca Juga:

Rekor 100 Persen Pep Guardiola Vs Doa dan Harapan Liverpool

5 Musim Premier League Ketika Pemenang Liga Ditentukan di Laga Terakhir

5 Alasan Mengapa Liga Europa Bukan Kegagalan untuk Arsenal

Liverpool berharap kepada Steven Gerrard, legenda klub yang kini melatih Aston Villa. Akan tapi ada fakta kala Villa selalu kalah dalam sembilan dari 10 laga Premier League terakhir. Kekalahan terakhir City dari Villa terjadi pada 2013.

Kabar Tim

Man City praktis dapat menurunkan pasukan terbaiknya sebab hanya Ruben Dias (bek tengah) yang cedera. Sisanya dapat bermain. Guardiola dapat memainkan banyak opsi untuk lini serang Man City.

Villa juga tak bisa menurunkan dua bek mereka, Ezri Konsa dan Kortney Hause karena cedera. Selain mereka nama-nama lain bisa bermain seperti Philippe Coutinho, Leon Bailey, Ollie Watkins, dan Emi Buendia.

Komentar

Pep Guardiola tidak terlalu pusing memikirkan laga nanti. Menurutnya, City hanya harus bermain seperti biasanya dan menikmati pertandingan meski dalam tekanan juara Premier League.

"Kami tidak bisa mengontrolnya, ini hanya permainan sepak bola" kata Guardiola. "Jangan memikirkan konsekuensi jika kami menang atau tidak. Pikirkan apa yang harus kami lakukan untuk mengalahkan Aston Villa."

“Kami harus cemas? Tidak, pergi ke sana untuk mencoba menikmati momen. Jika kami sedang berjuang, mari kami pergi lagi dan mencoba menikmatinya."

"Dari pengalaman saya, itulah cara terbaik untuk mendekati situasi ini," terangnya.

Sementara itu Steven Gerrard mengomentari doa dan harapan fans Liverpool untuk Villa mencuri poin dari City. Gerrard menegaskan integritas Villa yang ingin bermain maksimal, dengan atau tanpa dukungan dari Liverpool.

“Mengecewakan ketika orang menyebut integritas dan mengarahkannya ke saya atau Aston Villa atau pemain saya,” tutur Gerrard.

“Kami akan keluar pada akhir pekan dan memberikan semua yang kami miliki untuk mencoba dan mendapatkan poin untuk Aston Villa dan pendukung kami. Jika itu pasti membantu Liverpool, fantastis, tetapi prioritas saya adalah mencoba dan mendapatkan poin untuk Aston Villa."

“Kami punya tiga poin besar untuk dimainkan, kami punya kesempatan untuk menyelesaikan musim dengan tinggi. Alangkah baiknya jika kami bisa memberi hadiah kepada pendukung kami dengan sesuatu di akhir pekan."

“Mengenai Liverpool, saya benar-benar memahami dan menghormati kebisingan di luar sana dan pertanyaan yang telah datang kepada saya selama beberapa waktu. Mereka terlibat dalam perburuan gelar dan saya menghabiskan banyak waktu di sana," urai Gerrard.

Head to Head

Man City dominan atas Villa dan memenangi lima laga terakhir dengan agregat gol 14-4. Butuh keajaiban untuk Villa mencuri poin apalagi meraih kemenangan atas City.

Aston Villa 1-2 Man City
Aston Villa 1-2 Man City
Man City 2-0 Aston Villa
Aston Villa 1-2 Man City
Aston Villa 1-6 Man City

Prediksi dan Prakiraan Susunan Pemain

Man City (4-2-3-1): Ederson Moraes; Joao Cancelo, Aymeric Laporte, Fernandinho, Kyle Walker; Kevin De Bruyne, Rodri, Jack Grealish, Bernardo Silva, Riyad Mahrez; Phil Foden

Manajer: Pep Guardiola

Aston Villa (4-3-1-2): Emiliano Martinez; Lucas Digne, Tyrone Mings, Calum Chambers, Matty Cash; Jacob Ramsey, Tim Iroegbunam, John McGinn, Emi Buendia; Ollie Watkins, Danny Ings

Manajer: Steven Gerrard

Prediksi BolaSkor: Man City 70-30 Villa