Bolaskor.com - North West Derby akan dihelat di Old Trafford pada pekan sembilan Premier League, Minggu (24/10) pukul 22.30 WIB. Manchester United tak punya rekor bagus kala melawan Liverpool.

Bagaimana tidak, Red Devils hanya sekali menang dari 10 laga Premier League terakhir mereka melawan Liverpool dan sisanya berakhir dengan enam hasil imbang serta tiga kekalahan. Terlebih Liverpool dalam momentum bagus.

The Reds tak terkalahkan di 25 laga Premier League terakhir melawan tim yang memiliki nama 'United'. Musim ini Liverpool juga satu-satunya tim yang belum pernah kalah di Premier League.

Fakta bahwa Liverpool sudah mencetak 22 gol, terbanyak di liga kedua setelah Chelsea (23 gol), semakin jadi ancaman bagi United. Pasalnya United tanpa clean sheets dari sembilan laga kandang terakhir mereka. Ujian tentunya bagi tuan rumah.

Baca Juga:

Membedah Statistik Cristiano Ronaldo Kontra Liverpool

Mo Salah Vs Cristiano Ronaldo di Usia 29 Tahun

Analisis Jurgen Klopp soal Perbandingan Mo Salah Vs Cristiano Ronaldo

Kabar Tim

Kabar buruk bagi tuan rumah, sebab ada kans Bruno Fernandes, Anthony Martial, Fred, dan Marcus Rashford absen karena cedera. Kondisi mereka masih diragukan tampil tapi masih ada kans untuk main, sementara Raphael Varane sudah pasti absen.

Dari kondisi Liverpool hanya Thiago Alcantara dan Harvey Elliott yang absen karena cedera, sisanya fit bermain, khususnya pemain-pemain andalan tim arahan Jurgen Klopp.

Komentar

Ole Gunnar Solskjaer tahu akan momentum yang sedang dijalani Liverpool. Man United menurutnya harus bertahan dengan baik serta konsisten bermain di kedua fase permainan: bertahan dan ofensif.

Jurgen Klopp dan Ole Gunnar Solskjaer

“Anda tahu, sebuah penampilan harus terdiri dari 90 menit lebih untuk menyerang dan bertahan. Ketika Anda bermain melawan tim di level Liverpool. Saat ini, mereka dalam performa yang bagus dan ada beberapa keterampilan individu yang hampir tka bisa Anda hentikan," terang Solskjaer di laman resmi United.

“Sebagai sebuah tim, kami harus kompak, agresif, pergi ke sana dan mendapatkan setiap bola yang dijatuhkan. Hidung, pengetahuan, pola pikir yang kuat, energi fisik… Dibutuhkan segalanya untuk mengalahkan tim terbaik di Eropa dan dunia dan Liverpool adalah salah satunya saat ini."

“Mereka adalah salah satu tim yang kami kejar dan kami coba kejar. Apa yang telah mereka lakukan dalam empat tahun terakhir adalah sesuatu yang kami perjuangkan, dan (kami ingin) lewati. Kami berakhir di depan mereka musim lalu, mereka mengalami banyak cedera, jadi sekarang mereka kembali ke performa terbaik mereka."

Sementara itu Jurgen Klopp mewaspadai lini serang United yang menurutnya dihuni pemain-pemain top dan berbahaya, khususnya dalam melakukan serangan balik.

Jurgen Klopp

"Jika kami tidak bertahan dengan baik di United, saya tidak tahu alasan mengapa kami bahkan memilih pelatih dan pergi ke sana. Karena kualitas ofensif yang mereka miliki benar-benar gila," ucap Klopp.

“Saya benar-benar tidak berpikir kemungkinan besar kami akan mencetak tiga gol di United, tetapi kami tidak pernah berpikir lebih banyak tentang mencetak gol daripada yang kami lakukan tentang bertahan sebelum pertandingan."

“Jadi bagi kami, 100 persen jelas bahwa untuk masuk ke dalam permainan, untuk tetap dalam permainan dan untuk memenangkan pertandingan di United, Anda harus bertahan di level tertinggi mutlak Anda.:

“Kami harus fokus pada itu tetapi tidak hanya itu karena kami harus menciptakan dan memainkan sepak bola. Sangat penting untuk menjadi sangat berani karena setiap bola yang Anda kalahkan melawan United adalah (bendera) merah besar."

“Ini adalah serangan balik yang merupakan (bendera) merah karena kecepatan yang mereka miliki dan semua hal semacam ini."

"Jadi, adalah tugas yang tepat untuk melawan United, tetapi kami masih ingin melakukannya dan menantikannya. Kami semua tahu itu salah satu pertandingan terbesar di dunia. Ini akan menjadi pertandingan yang bagus," urai Klopp.

Head to Head

Fakta bahwa United hanya sekali menang dari 10 laga terakhir kontra Liverpool sudah memperlihatkannya, meski kemenangan terakhir terjadi pada Piala FA di musim lalu.

Man United 2-4 Liverpool (Premier League 2021)
Man United 3-2 Liverpool (Piala FA 2021)
Liverpool 0-0 Man United (Premier League 2021)
Liverpool 2-0 Man United (Premier League 2020)
Man United 1-1 Liverpool (Premier League 2019)

Pemain dari Man United yang Aksinya Dinanti: Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo sudah mencetak enam gol dari sembilan laga dengan United di seluruh kompetisi. Pengalaman dan kualitasnya diharapkan fans United dapat mengakhiri tren buruk tim lawan Liverpool.

Menilik performa saat ini Mo Salah memang dalam kondisi terbaiknya dengan catatan 12 gol dan empat assists dari 11 laga di seluruh kompetisi dengan Liverpool. Sedangkan Ronaldo dengan enam gol dari sembilan pertandingan di seluruh kompetisi bersama Man United.

Pemain dari Liverpool yang Aksinya Dinanti: Mohamed Salah

Diklaim sebagai pemain terbaik dunia saat ini oleh Klopp. Mo Salah memang sedang on fire dengan torehan 12 gol dan empat assists dari 11 pertandingan. Dalam kondisi prima pertahanan United harus ekstra keras menjaganya.

Prediksi dan Prakiraan Susunan Pemain

Man United (4-2-3-1): David De Gea; Luke Shaw, Harry Maguire, Victor Lindelof, Aaron Wan-Bissaka; Paul Pogba, Scott McTominay, Jadon Sancho, Bruno Fernandes, Mason Greenwood; Cristiano Ronaldo

Manajer: Ole Gunnar Solskjaer

Liverpool (4-3-3): Alisson; Andrew Robertson, Virgil van Dijk, Joel Matip, Trent Alexander-Arnold; Curtis Jones, Fabinho, Jordan Henderson; Sadio Mane, Roberto Firmino, Mohamed Salah

Manajer: Jurgen Klopp

Prediksi BolaSkor: Man United 50-50 Liverpool