BolaSkor.com - Babak final Liga Champions akan menyajikan pertandingan dua wakil asal Inggris yaitu Manchester City melawan Chelsea. Laga tersebut akan diselenggarakan di Estadio do Dragao, Porto, Portugal, Minggu (30/05) pukul 02.00 dini hari WIB.

Bagi City ini merupakan final pertama mereka di kancah sepak bila Eropa setelah terakhir berlaga di thun 1969-1970. Sebelum sampai partai puncak, Manchester City tampil cukup memukau di fase grup, tim asuhan Pep Guardiola ini berhasil menjuarai Grup C.

Setelah itu, Manchester City tampil cukup trengginas selama babak gugur. Kun Aguero dan kawan-lawan berhasil menyingkirkan Borussia Monchengladbach (agregat 4-0), Borussia Dortmund (4-2), dan finalis musim lalu PSG (4-1).

Baca Juga:

11 Fakta Menarik Jelang Final Liga Champions 2020-21

Perjalanan Manchester City Menuju Final Liga Champions

Manchester City Melawan Stigma Negatif Jelang Final Liga Champions

Sama halnya dengan City, perjalanan Chelsea di Liga Champions kali ini juga berjalan cukup baik. Mereka juga mampu menjuarai Grup E bersama Frank Lampard. Namun setelah itu Lampard dipecat dan digantikan oleh Thomas Thuchel.

Bersama mantan pelatih PSG tersebut, di luar dugaan Chelsea mampu menyingkirkan nama-nama besar. mereka mengeliminasi Atletico Madrid (agregat 3-0), Porto (2-1), dan sang raja kompetisi Real Madrid (3-1).

Sebelum keduanya bertemu di partai puncak ini, mereka sudah bertemu tiga kali di kompetisi domestik dua di Premier League dan satu di FA Cup. Namun dari tiga pertemuan tersebut, Chelsea berhasil unggul dua kali, sementara City hanya menang satu kali.

Chelsea vs Man City (Twitter)


Maka dari itu pada pertandingan kali ini, Pep Guardiola berhasrat untuk bisa meraih kemenangan pada pertandingan tersebut dan membawa trofi pertama Liga Champions untuk The Citizen untuk yang pertama kalinya.

Namun nampaknya hal ini agak sulit untuk City, pasalnya Chlesea juga ingin meraih gelar tersebut untuk kedua kalinya setelah sebelumnya mereka dapatkan pada tahun 2012 silam. Ini juga akan menjadi final ketiga Chelsea selama bermain di Liga Champions.

Kondisi Skuad

Pada pertandingan final kali ini, City nampaknya akan lebih diunggulkan dari segi pemain. Setelah berhasil menjuarai Premier League, skuad asuhan Pep Guardiola ini dalam kondisi yang baik. Bahkan kabarnya tidak ada pemain yang cedera.

Berbeda dengan The Blues, dua pemain nampaknya diragukan untuk bertanding pada laga ini. Kedua pemain tersebut adalah Edouard Mendy dan N'Golo Kante. Kabarnya dua pemai ini masih belum bisa dipastikan apakah bisa bermain pada laga nanti.

N'Golo Kante


Komentar

Menurut Guardiola, Chlesea merupakan lawan yang tangguh untuk anak asuhanya, bagaimanapun mereka telah mengalahkan City dua kali dalam enam minggu terakhir, pertama di semifinal Piala FA dan kemudian di Stadion Etihad di liga.

"Kami adalah tim yang sangat mirip dengan apa yang kami persiapkan saat kami tersingkir beberapa waktu yang lalu. Sekarang saya ingin memenangkan gelar tersebut. Saya tidak bisa mengharapkan lawan yang lebih tangguh," kata Guardiola.

Sementara itu, pelatih Chelsea, Thomas Thucel mengatakan tim ini sudah jauh berbeda dengan tim sebelumnya. Bahkan sejak menggantikan Frank Lampard sebagai pelatih pada Januari, mereka hanya kalah sebanyak tiga pertandingan saja.

Pep Guardiola dan Thomas Tuchel (Twitter)


"Kami telah tiba di sini. Ini adalah pencapaian luar biasa dan begitu anda tiba anda ingin menjadi yang terbaik, tetapi City dengan Pep di sisi lain yang mungkin saat ini yang terbaik di Eropa, mungkin di dunia," kata Tuchel.

"Kami lagi-lagi harus menutup jarak selama 90 menit dan hal baiknya adalah kami sudah melakukannya. Dalam sepak bola segalanya mungkin dan di final segalanya mungkin," pungkas mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut.

Head to Head

08-05-2021 City 1-2 Chelsea (EPL)
17-04-2021 Chelsea 1-0 City (FA Cup)
03-01-2021 Chelsea 1-3 City (EPL)
26-06-2020 Chelsea 2-1 City (EPL)
24-11-2019 City 2-1 Chelsea (EPL)

Susunan Pemain

Manchester City (4-3-3): Ederson; Zinchenko, Dias, Stones, Walker; Gundogan, Rodri, Bernardo Silva; Foden, De Bruyne, Mahrez.

Pelatih: Josep Guardiola.

Chelsea (3-4-2-1): Mendy; Rudiger, Silva, Azpilicueta; Chilwell, Kante, Jorginho, James; Mount, Ziyech; Werner.

Pelatih: Thomas Tuchel.

Prediksi BolaSkor

Manchester City 1-1 Chelsea