BolaSkor.com - Manchester United akan memainkan leg dua perempat final Liga Europa menghadapi Granada di Old Trafford, Jumat (16/04) pukul 02.00 dini hari WIB. Red Devils di atas angin dengan keunggulan agregat gol 2-0.

Nilai dua gol itu adalah gol tandang, artinya Granada butuh kemenangan 3-0 jika ingin mengamankan tempat di semifinal. Tidak akan mudah melakukannya kontra Man United di Old Trafford, terutamanya dengan perbedaan kualitas individu di antara kedua skuad.

Catatan juga telah membuktikan bahwa MU telah melaju 21 kali dari 22 kesempatan di fase gugur kompetisi Eropa jika sudah memenangi leg pertama di laga tandang.

Baca Juga:

Statistik Berbicara, Lingard Lebih Baik daripada Ronaldo, Mbappe, dan Haaland

Declan Rice Setuju Gabung Manchester United

Bukan Harry Kane, Ferdinand Sarankan MU Rekrut Striker Everton

Granada vs MU di leg pertama

Akan tapi MU juga harus waspada, sebab tim-tim dari Spanyol hanya sekali kalah dari 10 kunjungan mereka ke Old Trafford, yakni Real Sociedad ketika kalah 0-1 pada Oktober 2013. Granada jadi tim ke-11 dari Spanyol yang bermain tandang ke Old Trafford di kompetisi Eropa.

Setelah memenangi tujuh laga beruntun di kandang pada kompetisi Eropa, MU tak pernah menang di tiga laga (dua kali imbang dan sekali kalah), catatan terpanjang sejak Oktober 2018 (tiga laga). Itu akan memicu Granada yang bermain tanpa beban.

Kabar Tim

Solskjaer tidak memiliki banyak opsi untuk dimainkan meski ia dapat merotasi skuadnya. Harry Maguire, Scott McTominay, dan Luke Shaw absen karena akumulasi kartu, sedangkan Anthony Martial, Phil Jones, Eric Bailly cedera.

Kondisi Daniel James dan Marcus Rashford juga diragukan, tak ayal Axel Tuanzebe, Donny van de Beek, Mason Greenwood, hingga Amad Diallo berpotensi memainkan debutnya di laga nanti.

Sedangkan dari kubu Granada Yan Eteki dan Domingos Duarte terkena akumulasi kartu, Neyder Lozano dan Luis Milla cedera, sedangkan kondisi Alberto Soro diragukan tampil.

Komentar Pelatih

Meski MU sudah unggul agregat gol tandang 2-0, Solskjaer tak mau anak-anak asuhnya lengah. Solskjaer tahu satu momen dari Granada (misalnya satu gol) bisa membangun momentum bagi tim tamu untuk membalikkan situasi.

Ole Gunnar Solskjaer

"Kami memiliki fondasi yang bagus, tetapi kami harus menang. Mereka akan memberikan semua yang mereka miliki. Momentum besar dalam sepak bola. Ini adalah perempat final di Eropa. (Granada) harus mencetak gol," tutur Solskjaer.

"Kami telah melihat mereka melawan Barcelona, Real Madrid; betapa berbahayanya mereka. Kami harus memainkan permainan yang bagus dan tidak memberi mereka kesempatan itu," tegas dia.

Sedangkan Diego Martinez, pelatih Granada memiliki keyakinan penuh anak-anak asuhnya percaya akan potensi melakukan comeback di Old trafford.

Diego Martinez

"Jika saya berbicara dengan Anda di sini, itu karena frasa itu pasti memiliki pengaruh, apa yang saya katakan di ruang ganti,” tutur Diego Martinez.

“Berbicara kepada Anda di sini, di stadion yang luar biasa di panggung dunia ini, saya yakin saya memiliki kepercayaan pada para pemain."

“Kami percaya pada kemungkinan kami untuk melakukannya dengan baik. Saat Anda keluar dengan tekad, Anda bisa melakukan apa saja dan itu termasuk pertandingan besok malam."

“Kami percaya pada diri kami sendiri. Seseorang harus memenangkan permainan dan kami mempercayai pemain kami sendiri. Setidaknya, itulah yang dapat Anda lakukan, bukan begitu? Percayalah pada diri sendiri sepenuhnya."

Head to Head

Kedua tim baru sekali bertemu di kompetisi Eropa dan MU menang 2-0. Dari laga itu kedua tim seyogyanya sudah saling memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing. Akan tapi ketika berbicara lima laga terakhir kedua tim, MU lebih unggul.

Dari enam laga terakhir di seluruh kompetisi MU menang lima kali dan sekali kalah, yakni saat melawan Leicester City (1-3) di Piala FA. Sedangkan Granada dua kali menang dan empat kali kalah kontra Molde (1-2), Valencia (1-2), Villarreal (0-3), dan MU (0-2).

Prediksi dan Prakiraan Susunan Pemain

Manchester United (4-2-3-1): David De Gea; Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Axel Tuanzebe, Alex Telles; Fred, Paul Pogba; Amad Diallo, Donny van de Beek, Daniel James; Mason Greenwood

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

Granada (4-2-3-1): Rui Silva; Dimitri Foulquier, Jesus Vallejo, German, Carlos Neva; Yangel Herrera, Maxime Gonalons; Angel Montoro, Darwin Machis, Antonio Puertas; Roberto Soldado

Pelatih: Diego Martinez

Prediksi BolaSkor: MU 65-35 Granada