BolaSkor.com - Duel bak bumi dan langit. Itulah tajuk yang disematkan jelang laga pekan 20 Premier League antara pemuncak klasemen, Manchester United kontra penghuni dasar klasemen Sheffield United di Old Trafford, Kamis (28/01) pukul 03.15 dini hari WIB.

Dilihat dari 'kacamata kuda' Man United menjadi unggulan pada posisi klasemen tersebut. Plus United besutan Ole Gunnar Solskjaer punya skuad dengan talenta individu serta pengalaman besar ketimbang Sheffield.

Fakta bahwa United selalu memenangi tujuh laga kandang di liga teratas melawan Sheffield kian mempertegasnya. Tapi pada situasi itulah laga akan 'rumit' bagi Setan Merah. Pasalnya terlepas dari statistik atau kualitas yang jadi pembeda, Sheffield punya motivasi ekstra.

Sudah sewajarnya tim-tim di zona degradasi berjuang habis-habisan untuk menjauh hingga mereka bisa tampil sangat gigih kala bertanding. Kemenangan 1-0 Burnley atas Liverpool di Anfield beberapa waktu lalu bisa jadi contoh.

Baca Juga:

Bruno Fernandes Klaim Dirinya Tidak Butuh Istirahat

Naluri Supersub Solskjaer yang Tak Luntur meski Berganti Peran

Dianggap Tak Layak Jadi Kapten Man United, Maguire Beri Jawaban Menohok

Ole Gunnar Solskjaer

Solskjaer juga berharap anak-anak asuhnya bisa menjaga performa untuk tetap ada di posisi saat ini dan tampil bagus di laga kandang (Old Trafford).

"Saya telah mengatakan beberapa kali, laga kandang dan tandang tidak terlalu penting sekarang. Anda tidak memiliki pemain ke-12 (suporter) yang biasanya kami miliki dan kami ingin mendapatkannya kembali," tutur Solskjaer.

"Performa kami datang melalui latihan dan pekerjaan yang telah dilakukan para pemain. Kami memiliki beberapa pertandingan kandang yang sulit untuk dimulai dan situasi dalam pertandingan itu sulit."

"Sekarang performanya bagus, kepercayaan diri bagus dan kami berada dalam momen bagus, yang harus kami nikmati."

Sedangkan Chris Wilder lebih santai lagi menanggapi laga nanti. Meski timnya terancam degradasi Wilder justru menilai Sheffield akan bermain tanpa tekanan kontra MU. Itu diharapkan bisa membuat timnya mengeluarkan kemampuan terbaik dan menyulitkan tuan rumah.

Chris Wilder

"Ini tantangan besar bagi kami dan para pemain, tetapi kami tidak akan rugi. Kami tidak diharapkan untuk mendapatkan apapun, jadi bermain di sana sana dan mencoba (meraih poin)," tambah Wilder.

"Peluang dan opini semuanya akan berpihak pada Manchester United. Kami tidak bisa berbuat apa-apa. Jika saya netral, saya berharap ini akan menjadi malam yang nyaman bagi Man Utd. Kami harus membuatnya tidak nyaman sebisa mungkin bagi mereka," tegas Wilder.

Sejak terakhir menang pada Agustus 1992 dengan skor 2-1 Sheffield hanya bisa meraih satu poin kala bentrok melawan MU sebanyak delapan laga (imbang sekali dan kalah tujuh kali).

Prakiraan Susunan Pemain:

Manchester United (4-2-3-1): David De Gea; Alex Telles, Harry Maguire, Eric Bailly, Aaron Wan-Bissaka; Nemanja Matic, Fred, Anthony Martial, Bruno Fernandes, Mason Greenwood; Edinson Cavani.

Manajer: Ole Gunnar Solskjaer

Sheffield United (3-5-2): Aaron Ramsdale; Kean Bryan, Ethan Ampadu, Chris Basham; Enda Stevens, John Fleck, Oliver Norwood, John Lundstram, Jayden Bogle; David McGoldrick, Billy Sharp

Manajer: Chris Wilder

Head to Head:

Sheffield 2-3 MU (Premier League 2020)
MU 3-0 Sheffield (Premier League 2020)
Sheffield 3-3 MU (Premier League 2019)
MU 1-0 Sheffield (Piala FA 2016)
MU 2-0 Sheffield (Premier League 2007)

Prediksi: MU 65-35 Sheffield