BolaSkor.com - Dua tim yang bersaing merebutkan Scudetto beberapa musim terakhir akan bentrok di pekan 22 Serie A. Napoli akan jadi tuan rumah di San Paolo kala melawan Juventus, Minggu (14/02) pukul 00.00 WIB.

Napoli ada di urutan enam klasemen dengan raihan 37 poin dari 20 laga, begitu juga Juve dengan laga yang sama (20) ada di peringkat tiga dengan raihan 42 poin. Juventus butuh poin untuk terus menjaga asa mempertahankan Scudetto untuk ke-10 kali beruntun.

Pertemuan nanti juga menjadi pertemuan dua sahabat yang pernah berjibaku bersama, saling membantu di lapangan tengah permainan kala masih aktif bermain dahulu, yakni Gennaro Gattuso dan Andrea Pirlo.

Gattuso (pelatih Napoli) dan Pirlo (pelatih Juventus) sama-sama melegenda di AC Milan, juga timnas Italia. Sayang nasib keduanya kini berbeda. Pirlo aman pada posisinya sementara Gattuso kabarnya akan dipecat jika kalah di laga nanti.

Baca Juga:

5 Kemenangan Mengesankan Napoli Kontra Juventus

Ribut dengan Presiden Klub, Gattuso dan Napoli Terancam Berpisah

Kisah Masa Lalu di Balik Perseteruan Presiden Juventus dan Conte

Gennaro Gattuso

Akan tapi isu pemecatan yang ramai di media dan publik itu tak dipedulikan oleh kedua pelatih tersebut. Gattuso misalnya yang langsung mengarahkan pertanyaan kepadanya kepada klub.

"Saya tidak tahu (Gattuso akan dipecat), Anda harus bertanya kepada klub. Kapten kapal adalah saya, ketika keadaan memburuk, itu akan merugikan kapten," tegas Gattuso.

"Saya tidak bisa menganggap ini sebagai upaya terakhir atau terakhir, saya harus bekerja dan saya harus bisa percaya."

"Saya seorang pelatih, seperti itu. Saya tidak akan menjadi yang pertama, atau yang terakhir, tetapi saya memiliki kewajiban untuk mencoba sampai akhir," terang dia.

Pirlo pun demikian. Menurutnya isu pemecatan itu adalah risiko yang dihadapi seluruh pelatih klub sepak bola. Dia bersimpati kepada Gattuso, tapi fokusnya hanya untuk melawan Napoli.

Andrea Pirlo

"Itu (kabar pemecatan) bagian dari pekerjaan kami," ucap Pirlo.

“Kami ingin melakukan yang terbaik, setiap pertandingan penting, bisa jadi ada momen sulit bagi kami masing-masing, tapi saya tidak punya masalah tentang itu. Saya minta maaf atas situasi Rino, tetapi saya juga memiliki masalah. Kami ingin melakukannya dengan baik, mencoba memenangkan pertandingan."

Momentum Juve juga tengah bagus usai menyingkirkan Inter Milan di semifinal Coppa Italia. Selain itu Juve juga sebelumnya pernah mengalahkan Napoli di final Piala Super Italia 2021 dengan skor 2-0.

"Kami sudah menghadapi mereka di Piala Super dan pertandingan besok lebih penting daripada pertandingan sebelumnya yang tidak dimainkan, situasi ini bisa mengganggu dan kami hanya fokus pada diri kami sendiri," imbuh Pirlo.

"(Performa) kami meningkat, kami kalah melawan Inter (di Serie A) dan untungnya, setelah pertandingan itu, kami bermain dan memenangkan final. Tim telah meningkatkan level bermain dan memahami kesalahan mereka. Kami memulai jalur yang meyakinkan, kami tahu kami perlu waktu untuk meningkatkan level taktis."

"Kami melihat diri kami sendiri, kami ingin memenangkan pertandingan dan mendapatkan poin sebanyak mungkin, kami ingin menang di Napoli untuk diri kami sendiri, kami tidak melihat mereka, tetapi kami fokus pada tim-tim yang ada di depan kami."

Napoli pada laga terakhir di Serie A melawan Juventus menang 2-1 pada Januari 2020. Mereka belum pernah menang dua kali beruntun di liga melawan Juventus sejak 2011.

Prakiraan Susunan Pemain:

Napoli (4-3-3): David Ospina; Mario Rui, Nikola Maksimovic, Amir Rrahmani, Giovanni Di Lorenzo; Piotr Zielinski, Tiemoue Bakayoko, Eljif Elmas; Lorenzo Insigne, Irving Lozano, Andrea Petagna

Pelatih: Gennaro Gattuso

Juventus (4-4-2): Wojciech Szczesny; Danilo, Giorgio Chiellini, Matthijs de Ligt, Juan Cuadrado; Federico Chiesa, Adrien Rabiot, Rodrigo Bentancur, Weston McKennie; Cristiano Ronaldo, Alvaro Morata

Pelatih: Andrea Pirlo

Head to Head:

Juventus 2-0 Napoli (Final Piala Super Italia 2021)
Napoli 0-0 Juventus (Coppa Italia)
Napoli 2-1 Juventus (Serie A 2020)
Juventus 4-3 Napoli (Serie A 2019)
Napoli 1-2 Juventus (Serie A 2019)

Prediksi: Napoli 45-55 Juventus